Hidup Lanjut dengan Seks atau tanpa seks?

rahwana

New member
Dalam sebuah berita di koran beberapa hari lalu, saya membaca sebuah berita yang menarik. Seorang laki-laki yang sudah dianggap manusia tertua di dunia ditanya apa resepnya hingga mampu bertahan umur sampai setua itu. Dia menjawab bahwa sejak umur 30 tahun dia tidak berhubungan seks lagi. Kebetulan sejak umur itu istrinya meninggal dan dia memutuskan untuk tidak menikah lagi.

Memang berdasarkan hasil penelitian, kalau kita tidak melakukan hubungan seks untuk jangka waktu yang lama, tubuh kita akan menyesuaikan diri dengan mengubah sejumlah pola hormon. Dan rupanya dalam kondisi normal pola tersebut berdampak positif yaitu bisa memperpanjang umur.

Hal ini memang harus didukung dengan kehidupan yang sehat juga, yaitu tidak stress dan lain-lain.

Namun dalam penelitian terpisah, didapatkan bahwa pada kelompok yang melakukan hubungan seks dengan berkualitas, dan kehidupan yang normal dalam arti tidak stress juga akan terdapat kualitas hormon yang baik. Dan hal ini juga berpotensi untuk meningkatkan kualitas hidup yang akan memperpanjang umur.

Hanya mungkin karena kehidupan berumah tangga (berpasangan) selalu membawa konflik tersendiri yang mungkin lebih sulit untuk dikendalikan dibanding hidup sendiri, maka kita cenderung lebih stress dibandingkan hidup sendiri. Tapi still kita tetap boleh memilih, mau hidup panjang umur dengan seks, atau panjang umur tanpa seks.
 
Bls: Hidup Lanjut dengan Seks atau tanpa seks?

Jadi bingung saya, karena ada penelitian juga yang bilang Sex bisa bikin awet muda, hehe.
 
Back
Top