Apa yang Dimaksud dengan TPA

zackysetya

New member
Tes Potensi Akademik atau TPA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan atau akademis. Oleh karena itu TPA sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik identik dengan tes GRE atau Graduate Record Examination sebagai standar internasional. Model, materi, dan bidang yang diujikan dalam TPA sebagian besar merujuk kepada tes GRE. Tes GRE telah menjadi standar internasional syarat penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Di Perguruan Tinggi, TPA merupakan suatu standar tes yang bertujuan untuk mengukur potensi akademik calon mahasiswa dengan membandingkan potensi satu calon mahasiswa dengan mahasiswa lain secara lebih obyektif, baik itu calon mahasiswa S1, S2, atau S3. TPA masuk ke SNMPTN untuk S1 sudah diberlakukan sejak tahun 2012. TPA biasanya diselenggarakan oleh beberapa perusahaan atau lembaga tertentu, seperti misalnya Program Pascasarjana Universitas tertentu secara independen atau Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) Bappenas yang bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas tertentu. Untuk itu TPA sering disebut sebagai TPA OTO Bappenas.

Saat ini, TPA telah menjadi tes standar dalam seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta serta karyawan BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya untuk mengikuti tes TPA dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Adapun Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal yaitu tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

Dalam berbagai seleksi masuk kepegawaian seperti seleksi CPNS maupun seleksi masuk PTN seperti SNMPTN, tim penguji membuat berbagai jenis dan varian soal TPA yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing instansi/lembaga. Kecerdasan dan kemampuan akademik bisa dipelajari, semua tergantung pada seberapa besar usaha dan keyakinan Anda. Jadi apabila Anda bermaksud mengikuti seleksi CPNS atau seleksi kepegawaian atau seleksi lainnya yang didalamnya ada tes TPA, tidak ada salahnya jika Anda belajar dari sekarang. Pelajarilah contoh dan pola soal-soal TPA secara rutin. Dengan berlatih soal-soal TPA, maka kemampuan akademik Anda akan bisa lebih baik.
 
Last edited by a moderator:
lah TPA? TPA yang aku tau malah TPA semacam taman kanak-kanak... karena ada TPA juga yang pendidikannya dilakukan sebelum TK setara dengan Paud tapi TPA itu lebih banyak mempelajari pelajaran Agama :D
 
Kalau di masjid2 TPA yaitu Taman Pendidikan Al-Qur'an, sarana pendikan untuk memperkenalkan Al-Qur'an dan agama Islam pada anak2 kita.
 
Kalau di masjid2 TPA yaitu Taman Pendidikan Al-Qur'an, sarana pendidikan untuk memperkenalkan Al-Qur'an dan agama Islam pada anak2 kita.
 
tips n trik supaya nilai TPA tinggi dong den.. kalo TPA udah masuk ke itung-itungan langsung K.O bangat dah haha
 
aya kira TPA ...tempat penitipan anak. ternyata test potensi akademik. Kecerdasan tidak menjadi ukuran kesuksesan seseorang. jadi bagi yang gak cerdas jangan kecil hati. Asal tekun dan mau berusaha sukses akan menghampiri.
 
Back
Top