Test Kehamilan Di Pasaran? Akuratkah?

nurcahyo

New member
Test Kehamilan Di Pasaran? Akuratkah?
Oleh suririnah



Sekarang ini banyak test kehamilan yang dijual dipasaran , diapotik-apotik bahkan ditoko obat secara bebas. Seberapa akuratkah test kehamilan ini?


Sekarang ini banyak test kehamilan yang dijual dipasaran , diapotik-apotik bahkan ditoko obat, seberapa akuratkah test kehamilan ini?

Menurut penelitian di Amerika Serikat, hasil test kehamilan yang menunjukkan hasil negative, tidak selalu berarti tidak adanya kehamilan, walaupun petunjuk pemakaian alat sudah dijalani dengan benar, hal ini karena proses kehamilan setiap wanita berbeda satu dengan yang lainnya.

Karena adanya proses implantasi embrio yang berbeda dari setiap orang,. Biasanya implantasi embrio ke dinding rahim terjadi pada hari ke 6 sampai hari ke 12 sesudah hari pertama terlambat bulan. Pada beberapa kasus implantasi sudah terjadi pada saat satu hari setelah terlambat menstruasi .

Inilah yang menyebabkan kemungkinan hasil test kehamilan negative, meskipun sebenarnya sudah terjadi kehamilan.

Oleh karenanya untuk wanita yang menggunakan test kehamilan sendiri dirumah, bila anda melakukan test pada saat terlambat menstruasi 1atau2 hari dan memberi hasil negative, sebaiknya anda melakukan test kehamilan ulang kembali, bila menstruasi anda tetap belum datang.

Beberapa tips dalam menggunakan tes kehamilan ini dirumah:

• Lihat tgl/bln/thn masa berlakunya alat test kehamilan ini.
• Jangan memyimpan alat test kehamilan yang belum anda gunakan di tempat yang lembab atau panas (misalnya kamar mandi) .
• Perhatikan instruksi cara penggunaan dan cara membacanya.
• Paling baik dilakukan dengan urin/air kencing pertama di pagi hari, dimana urin terkonsentrasi.
• Dan periksalah dan baca hasilnya dalam waktu 5-10 menit. .
• Bila hasil negatif dan anda tetap tidak menstruasi, anda dapat mencoba mengulanginya satu minggu kemudian. Atau berkonsultasilah dengan dokter anda.

? Dr.Suririnah-www.infoibu.com
 
pak Nurcahyo..
aku mau tanya
emangnya ada test pak yang pake air liur sebagai medianya? habis aku taunya cuma yang pakai urine aj..
Lalu bagaimana cara kerjatest pack itu bisa sebegitu akuratnya? bisa tolong di jelaskan gak,penasaran nih kok bisa ya?
cuma tanya aja kok..
Terimakasih banyak ya pak ;")
 
cara kerja test pack itu berdasarkan hormon yang dihasilkan oleh zigot yang telah implantasi. Pada saat zigot telah implantasi maka proses selanjutnya pembentukan chorionic gonadotropin hormone. hormon inilah yang digunakan dalam test pack. Apabila sudah terdapat hormon ini maka test pack + dan sebaliknya, walaupun hamil tapi belum ada hormon ini maka hasil -. Pembentukan hormon ini terjadi ketika zigot telah nidasi / implantasi sekitar 6-12 hari.

Kalau tes kehamilan menggunakan air liur tidak bisa.
 
Thx y tulisannya mbntu bgt,btw tanda hormonnya uda ada gmna?tks y.
 
siang bunda,,buat bunda2 yang sedang hamil, bunda bisa lho melihat perkembangan janin bunda lewat tracker kehamilan


t0v5k.jpg
 
Last edited by a moderator:
Back
Top