Latihan Untuk Menghadapi Tes Psikotes

zackysetya

New member
Ketika kita mendengar kalimat tes psikotes tentunya akan ada satu ketakutan tersendiri dalam menghadapinya seperti, apakah anda mampu untuk mengikuti dan menyelesaikan serangkaian tes yang akan diberikan serta berhasilkah mendapatkan hasil maksimal yang diharapkan sesuai dengan keinginan anda serta standarisasi perusahaan yang bersangkutan. Adanya perasaan ataupun ketakutan tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi pencapaian yang akan didapatkan, jika anda tidak bisa menguasai emosi serta ketakutan akan hal tersebut ada kemungkinan anda tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal.


Namun apabila anda bisa menguasai segala perasaan terhadap ketakutan serta emosi yang ada, maka kemungkinan besar anda bisa melalui segala proses serta tahapan-tahapan yang harus diselesaikan. Untuk tes psikotes yang dilakukan secara garis besar dan secara umum mempunyai kesamaan dengan pihak penyelenggara manapun, karena dalam hal tersebut ada standarisasi yang harus dilalui dalam melakukan tes psikotes seperti, tes psikotes kepribadian, intelegensia, interview dan sejenisnya. Mungkin sedikit perbedaan akan terlihat tentang bagaimana penyampaian, waktu pelaksanaan hingga cara tim penguji melakukan serangkaian tes psikotes tersebut.


Tidak ada salahnya untuk berbagi pengalaman atau menanyakan kepada teman atau orang yang lebih dulu telah berhasil melakukan tes psikotes yang sama dengan anda, yaitu dalam hal untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Namun anda harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang terjadi pada proses tes psikotes tersebut, terlebih tentang bagaimana anda bisa memahami dan mencoba untuk bisa menjawab dan melakukan hal yang memang harus dikerjakan guna mendapatkan penilaian yang maksimal. Jika dibutuhkan anda juga bisa membeli buku atau mencari beragam informasi mengenai bagaimana menjawab dan melakukan serangkaian penilaian dalam tes psikotes tersebut. Biasanya dalam berbagai media tersebut menjelaskan bagaimana cara menjawab tes psikotes yang baik dan tepat sasaran.


Dalam mempersiapkan tes psikotes yang akan dihadapi ada baiknya anda melakukan latihan yang bisa dibantu oleh teman, atau keluarga untuk memberikan pertanyaan seolah-olah anda memang sedang menghadapi tes psikotes yang sebenarnya. Hal ini bisa membantu persiapan mental dan fisik anda untuk bisa melakukan serangkaian aktifitas yang harus dilakukan, terlebih jika anda harus melakukan interview yang lebih terfokus pada pertanyaan dan jawaban secara langsung yang dilakukan tim penguji sesuai dengan apa yang mereka kehendaki. Untuk persiapan fisik anda bisa melakukannya dengan mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap fit dan mendapatkan istirahat yang lebih dari cukup. Memberikan penampilan yang fresh dalam menghadapi tes psikotes bisa menjadi salah satu poin yang bisa diberikan oleh tim penguji kepada anda, karena secara langsung anda sudah memberikan jawaban atas kesiapan anda dalam menghadapi tes psikotes dan serius berjuang untu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
 
Last edited by a moderator:
Back
Top