PNS Jujur Awal Negara Makmur

zackysetya

New member
Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam suatu negara menentukan kemajuan dan kelangsungan hidup negara tersebut. Mayoritas orang Indonesia mungkin tidak akan menyadari pernyataan tersebut, karena sejak lahirnya negara Republik Indonesia, kebanyakan orang menganggap PNS hanyalah sebuah lapangan kerja biasa selayaknya banyak lapangan kerja lainnya yang ada. Hanya saja, PNS dianggap sebuah lapangan kerja yang menjanjikan hidup lebih mudah dan ditanggung oleh negara. Pihak non PNS sering menyatakan hidup menjadi PNS itu adalah hidup yang amat mudah dan tidak perlu bekerja keras, sebab seorang PNS bisa mendapatkan berbagai fasilitas mewah dari negara/pemerintah, gaji dibayar dimuka, soal hasil pekerjaannya, semuanya bisa diatur.

Masyarakatpun telah menjadi akrab dengan predikat seorang PNS. Setiap persoalan yang menyangkut PNS, apakah itu penting atau tidak penting bagi negara, tidak pernah menjadi hal yang serius untuk ditanggapi. Persoalan produktivitas dan semangat pengembangan kemampuan pelaksanaan tugas seorang PNS tidak pernah menjadi hal serius untuk dipikirkan oleh negara. Bila menjadi PNS, hal yang mendasar dilakukan adalah asal Anda rajin dan aktif melakukan apel pagi dan siang, memastikan pengisian daftar hadir setiap hari kerja, lalu menyenangkan hati pimpinan/atasan dengan berbagai taktik dan siasat yang meskipun relasinya tidak berhubungan dengan kinerja, sudah cukup menjadi suatu prasyarat hidup Anda akan tenang dan damai sampai ajal menjemput.

Masyarakat luas tidak menyadari bahwa kemajuan suatu bangsa salah satunya ditentukan oleh kemampuan aparatur birokrasi dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat secara professional, jujur dan bertanggungjawab. Apabila publik/masyarakat dapat terlayani dengan baik oleh aparatur birokrasi, maka dengan sendirinya aparatur birokrasi mampu menempatkan posisi dan kedudukannya yaitu sebagai civil servant atau public service. Kondisi ini akan berdampak pada kinerja dari aparatur birokrasi (PNS) yang sesuai dengan harapan dari masyarakat, hingga pada akhirnya akan timbul kepercayaan (trust) kepada aparatur birokrasi (PNS) tersebut.

Hal inilah yang akan menjadikan sebuah negara menjadi negara yang maju dalam hal pelayanan kepada warganya dan melahirkan pada terwujudnya birokrasi dan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan. Untuk itu keberadaan aparatur birokrasi (PNS) yang bertanggungjawab dan jujur menjadi nilai penting apabila birokrasi mampu mendukung terwujudnya kesejahteraan umum melalui fungsi dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Tugas inilah yang menjadi tanggungjawab aparatur birokrasi (PNS), selain itu keberadaan PNS juga menjadi kata kunci dari keberlangsungan suatu negara terutama dalam pelayanan publik. Peran besar yang diemban oleh PNS inilah yang menjadikan PNS dibutuhkan oleh masyarakat dan memiliki kedudukan strategis dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Selain itu PNS juga menjadi simbol berlangsungnya sistem dan identitas dari kepemerintahan suatu negara, apakah berjalan dengan baik dan bersih ataukah sebaliknya, itu semua tidak terlepas dari peran dan fungsi dari PNS. Dengan demikian seorang PNS yang jujur, bertanggungjawab dan professional dapat menentukan majunya suatu negara.

Untuk mempelajari soal-soal cpns dan software CAT CPNS silahkan join member di www.soalcpns.com (Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia)
 
Back
Top