PNS Korup Negara Hancur

zackysetya

New member
Sesungguhnya Indonesia adalah negara yang kaya, baik sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya. Kekayaan sumber daya alam Indonesia meliputi kekayaan hasil hutan, kekayaan hasil laut, bahkan tambang emas, minyak bumi, gas alam, batubara, nikel dan lainnya cukup diperhitungkan di mata dunia. Namun kenapa negara ini belum bisa menjadi negara maju? Salah satu faktor penyebab terbesar mengapa Indonesia tidak dapat menjadi negara maju adalah karena korupsi. Budaya korupsi di Indonesia sudah ada sejak zaman nenek moyang dengan gaya dan model yang berbeda-beda. Pada lingkungan para pajabat negara, korupsi sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan sudah menjadi rahasia umum.

Dampak korupsi itu sangat besar dan sangat merugikan banyak orang. Dampak dari korupsi langsung dirasakan oleh pembangunan bangsa. Negara bisa hancur karena korupsi yang dilakukan oleh para pejabat atau pemerintah yang memegang kekuasaan atas negara tersebut. Dampak korupsi di dunia politik akan mempersulit berkembangnya demokrasi dan terselenggaranya tata pemerintahan yang baik dan bersih. Pada sektor hukum, korupsi akan menghambat ketertiban dan penegakan hukum. Akibat korupsi, pembangunan ekonomi negara jadi semakin sulit dan berantakan. Korupsi juga membuat kesenjangan sosial ekonomi antara si kaya dan si miskin semakin lebar. Selain itu masih banyak lagi dampak korupsi bagi negara yang sangat merugikan.

Para pakar ekonomi dunia berpendapat bahwa salah satu faktor keterbelakangan bangsa Asia tidak dapat maju adalah karena budaya korupsi yang sudah mendarah daging di kalangan pejabat dan petinggi negara. Hal ini mengakibatkan para investor yang telah menanam sahamnya di negara korup tersebut beramai-ramai pergi dan mencabut semua investasinya. Dampak negatif korupsi tidak berhenti sampai disini, anak keturunan bangsa Indonesia adalah calon korban berikutnya yang harus siap menerima keadaan yang suram akibat ulah orang tuanya yang gemar korupsi.

Pada dasarnya, korupsi dapat melemahkan birokrasi sebagai tulang punggung negara. Korupsi juga mengakibatkan tidak efisiennya birokrasi secara menyeluruh. Korupsi akan menyebabkan investasi dari negara lain berkurang karena para investor luar negeri ingin berinvestasi pada negara yang bebas dari korupsi. Ketidak-inginan berinvestasi pada negara korup memang sangat beralasan karena uang yang di investasikan pada negara tersebut tidak akan memberikan keuntungan seperti yang diharapkan oleh para investor, bahkan modal mereka pun kemungkinan bisa hilang akibat dikorupsi oleh para koruptor. Dan bantuan dari negara donorpun tidak akan diberikan kepada negara yang tingkat korupsinya masih tinggi. Ini menyebabkan kerugian yang besar bagi negara tersebut karena dengan tidak adanya bantuan dari negara donor akan menghambat pertumbuhan perokonomian negara. Oleh sebab itu, korupsi memberikan dampak yang sangat besar terhadap eksistensi negara.

Dalam hubungan internasional antar negara pun, korupsi dapat menyebabkan hubungan yang kurang baik. Hal ini disebabkan negara yang korup akan merugikan negara lain yang memberikan modal atau bekerjasama dalam bidang tertentu. Misalnya negara yang memberikan modal untuk membangun sarana dan prasarana berupa jalan tol untuk membantu suatu negara berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, namun karena adanya korupsi, pembangunan sarana dan prasarana tersebut akan terhambat sehingga akan menyebabkan ketidakpuasan dari negara pemberi modal dan akhirnya hubungan dengan negara tersebut akan semakin merenggang. Dengan kata lain, PNS atau pejabat tinggi lain yang korup akan sangat merugikan negara. Korupsi benar-benar akan membuat negara menjadi hancur, baik di kancah nasional maupun internasional.

Untuk mengetahui artikel-artikel menarik lainnya, bisa baca di http://www.soalcpns.com/artikel-soal-cpns.php
 
Back
Top