Apa itu OTOPSI ?

Kalina

Moderator
Pengertian Otopsi


Definisi Otopsi. Otopsi adalah pemeriksaan kematian dan bedah mayat dan disebut juga dengan nekropsi (investigasi terhadap tubuh yang bukan manusia). Kata "otopsi" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "lihat dengan mata kepala sendiri". Sedangkan "Nekropsi" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "melihat mayat / jenazah".

Otopsi merupakan pemeriksaan medis tubuh manusia mati setelah melakukan survey dan ivestigasi terhadi jenazah dan setelah itu membuat kesimpulan.

Ada terdapat dua jenis otopsi yakni ;
Otopsi klinis dilakukan oleh patolog atau dokter lain atas permintaan dokter yang merawat jenazah tersebut untuk tujuan pelajaran dan riset.
Otopsi forensik dilakukan oleh ahli patologi forensik atas permintaan badan penegak hukum (polisi, jaksa, pengadilan).

Otopsi mencakup penelaahan atas permukaan seluruh tubuh, dan pemeriksaan organ dalam tubuh. Visum berarti 'setelah kematian, adalah istilah yang digunakan dalam kedokteran forensik, dan kepolisian.

Autopsia cadaverum, atau obduction adalah prosedur bedah yang sangat khusus yang terdiri dari pemeriksaan menyeluruh dari mayat untuk menentukan penyebab dan cara kematian dan untuk mengevaluasi penyakit atau cedera yang mungkin ada. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter medis khusus yang disebut ahli patologi.

Otopsi dilakukan baik untuk tujuan hukum atau medis. Misalnya, otopsi forensik dilakukan ketika penyebab kematian mungkin menjadi masalah pidana, sementara otopsi klinis atau akademik dilakukan untuk mencari penyebab medis kematian dan digunakan dalam kasus kematian yang tidak diketahui atau tidak pasti, atau untuk tujuan penelitian .

Otopsi dapat lebih diklasifikasikan menjadi kasus di mana sudah cukup pemeriksaan luar, dan dimana tubuh dibedah dan pemeriksaan internal dilakukan. Izin dari keluarga terdekat mungkin diperlukan untuk otopsi internal dalam beberapa kasus. Setelah otopsi internal dilengkapi maka tubuh yang telah dibedah, diperbaiki kembali.

Sumber: http://id.shvoong.com/law-and-politics/criminal-law/2309879-pengertian-otopsi/#ixzz2fLZHOVR5
 
Re: Apa itu OTOPSI ? Apa Bedanya dengan VISUM ?

TAHAPAN OTOPSI..

Pemeriksaan Eksternal

Otopsi dimulai dengan pemeriksaan tubuh. Hal ini membantu menentukan identitas, mencari bukti atau dugaan penyebab kematian. Para ahli patologi menimbang dan mengukur tubuh, mencatat pakaian subyek, barang-barang berharga dan karakteristik seperti warna mata, warna dan panjang rambut, etnis, jenis kelamin dan usia. Sepanjang otopsi, patolog mencatat segala sesuatu dalam diagram tubuh dan rekaman verbal.

Pemeriksaan internal

Jika pemeriksaan internal lengkap dilakukan, patolog akan mengambil dan membedah dada, perut dan panggul, dan (jika perlu) otak. Jarang ditemukan pemeriksaan di internal wajah, lengan, tangan atau kaki. Pembedahan ini tak akan mengeluarkan banyak darah karena jantung tak berdetak, hanya darah yang terpengaruh gravitasi.

Patolog memulai otopsi dengan membuat sayatan berbentuk Y di dada dan perut. Menurut Dr Ed Uthman, patolog Texas penulis panduan skenario otopsi mengatakan aspek ini sering salah diinterpretasikan dalam film.

”Kesalahan paling umum adalah membuat sayatan yang salah,” katanya. “Pada wanita, sayatan seharusnya melingkar di bawah payudara, tapi dalam film disayat lurus melewati atas payudara. Selain itu, pada kedua jenis kelamin, sayatan Y terlalu pendek,” tambahnya.

Patolog biasanya akan mempertahankan bagian-bagian organ yang dianggap tak biasa atau abnormal.

Rekonstruksi tubuh

Setelah pemeriksaan, organ dikembalikan ke tubuh atau dikremasi, sesuai hukum dan keinginan keluarga. Tulang dada dan rusuk biasanya juga dimasukkan kembali. Sebelum dijahit, tubuh dilapisi kapas atau bahan serupa. Jika organ akan dikembalikan ke tubuh, organ ini pertama ditempatkan dalam kantong untuk mencegah kebocoran.

Kemudian, tubuh dijahit tertutup, dicuci dan disiapkan untuk pemakaman. Tubuh yang telah mengalami otopsi harus dimasukkan ke peti mati dan dalam kasus otopsi otak bantal peti mati akan menyembunyikan potongan tengkorak.

source
 
Back
Top