Kementerian di Indonesia yang Menggaji PNS-nya Paling Tinggi

zackysetya

New member
CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) merupakan pegawai yang baru saja lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Seorang Calon Pegawai Negeri Sipil yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama belum mengikuti kewajiban untuk memenuhi syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan gaji 100%. Mereka digaji dengan persentase sejumlah 80% berdasarkan SK CPNS yang telah ditentukan dengan berpedoman pada undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Saat berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, kompetensi dan kinerja mereka dinilai berdasarkan formasi di saat mereka dinyatakan lulus seleksi menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Jika mereka belum memenuhi kriteria penilaian tahap kedua, status calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu. Jika belum memenuhi persyaratan berdasarkan waktu yang telah ditentukan, mereka dinyatakan gugur atau dibatalkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Adapun sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil, mereka diwajibkan memenuhi beberapa kriteria antara lain: mengikuti diklat prajabatan dan memiliki sertifikat yang menyatakan kelulusan mereka dalam kegiatan tersebut, serta memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah.

Gaji yang didapat PNS disesuaikan dengan golongan dan tahun pengalaman kerja. Hak atas gaji bagi CPNS sebesar 100% mulai berlaku pada tanggal yang bersangkutan secara nyata melaksanakan tugasnya yang dinyatakan dengan surat pernyataan oleh kepala kantor/satuan organisasi yang bersangkutan. CPNS yang pada saat pengangkatannya telah memiliki pengalaman atau masa kerja yang dapat diperhitungkan untuk penetapan gaji pokok terdiri dari beberapa hal yaitu: masa kerja selama bertugas di instansi pemerintah dihitung penuh untuk penetapan gaji pokok; masa kerja sebagai pegawai tidak tetap; dan masa kerja sebagai pegawai dari perusahaan swasta yang berbadan hukum, yang tidak kurang dari 1 tahun dan tidak terputus-putus, diperhitungkan setengahnya sebagai masa kerja untuk penetapan gaji pokok dengan ketentuan sebanyak delapan tahun.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa Kementerian memiliki gaji yang berbeda-beda, tergantung remunerasi atau reformasi birokrasi dari setiap kementerian. Lalu kementerian manakah yang menggaji karyawannya paling tinggi? Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini Kementerian Keuangan masih menjadi kementerian yang menggaji karyawannya lebih tinggi dari kementerian lain. Bima mengatakan, di setiap kementerian yang menerapkan reformasi birokrasi, jabatan terbagi atas 17 tingkatan atau grade. Di Kementerian Keuangan, grade tertinggi yaitu grade 17 atau sekelas Sekjen atau wakil Menteri bisa mendapatkan gaji senilai kurang lebih Rp 40 juta. Namun tentang gaji terendah pada tingkat paling bawah masih banyak yang belum tahu sebab Bima tidak menyebutkannya.

Hal yang menjadikan Kementrian Keuangan berbeda jauh dengan kementerian lain adalah totalitas dalam menerapkan sistem reformasi dalam kementerian tersebut. Kementerian lain masih menerapkan sekitar 70% dari total sistem reformasi yang sudah secara 100% diterapkan oleh Kementrian Keuangan. Dapat dikatakan bila Kementrian Keuangan sudah menerapkan gaji kepada para karyawannya berdasarkan 100% standar gaji sistem reformasi, kementerian lain masih berada di bawah rata-rata tersebut yang pasti tidak lebih dari 70%. Dikatakan dengan tegas oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) tersebut bahwa sekarang kementerian yang menggaji PNS-nya paling tinggi di Indonesia adalah Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan juga dijadikan standar sebagai kementerian yang memiliki standar gaji di atas rata-rata kementerian lain.
 
pantes banyak yang ndaftar di kementran keuangan yah?? gajinya paling gede..
tentu aja kementrian keuangan, uangnya paling besar, karena produknya sendiri adalah uang, he
lalu kementrian yang pahalanya paling besar, kementrian agama & kementrian sosial, he
apalagi ya... :D
 
tentu aja kementrian keuangan, uangnya paling besar, karena produknya sendiri adalah uang, he
lalu kementrian yang pahalanya paling besar, kementrian agama & kementrian sosial, he
apalagi ya... :D

kalo pns yang paling kecil gajinya itu guru SD, mereka jg susah korupsi.. klo korupsi cuma bisa korupsi kapur tulis doank.. haha
 
Back
Top