[Sejarah] Minak Jinggo Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Bls: [Sejarah] Minak Jinggo

cerita yang sangat seruh
rizalolo
Mod

Post: 45.609
 
Reputasi: 262

__________________
Pangeran kegelapan

 






Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: [Sejarah] Minak Jinggo

aduh mbak anu toh..lare osing itu apa yah??????
terry_okay007
Mod

Post: 4.230
 
Reputasi: 248

__________________
Pendekar Naga Sableng



I'LL KILL YOU





Reply With Quote     #13   Report Post  

Re: [Sejarah] Minak Jinggo

klo menurut sy ada benang merah antara legenda minak jinggo dengan cerita perang Paregreg... sbb peperangan Majapahit vs blambangan hanya perang paregreg..sebagian pemerhati sejarah di banyuwangi berpendapat minak jinggo adalah Bhre Wirabumi,... Bhre Wirabhumi menderita kekalahan oleh pasukan majapahit yang dipimpin Bhre Tumapel putra Wikramawardhana dan melarikan diri menggunakan perahu pada malam hari. Ia dikejar dan dibunuh oleh Raden Gajah alias Bhra Narapati yang menjabat sebagai ratu angabhaya istana barat (majapahit). Raden Gajah membawa kepala Bhre Wirabhumi ke Majapahit... bisa saja legenda Damarwulan sengaja di ciptakan oleh Majapahit (Propaganda politik )untuk membelokkan sejarah Bhree Wirabumi.. untuk itu di ciptakan sosok minak jinggo yang bermuka jelek dan kejam dan di sebarkan melalui pertunjukan seni dsb hingga sekarang ... Politik..politik... atw kalo era sekarang politik pencitraan lah...
amir_kebo
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: [Sejarah] Minak Jinggo

cxixixixi.. MinakJinggo. miring enak, jengking2 ya monggo... tanya dik Tia tuu.. lagi sengit2nya praktek.

- n1 -
halah. gak dunk sejarah aq!
katanya sih kencana wungu nolak lamaran si menak. (nasihat logender.). karena ada keinginan anaknya yg jd suaminya.. otomatis jadi raja. lKedudukan patih yg diemban jd makin kuat.
n1ngs1h
National Level

Post: 1.489
 
Reputasi: 140






Reply With Quote     #15   Report Post  

Re: Bls: [Sejarah] Minak Jinggo

tambahan:




Sejarah Banyuwangi tidak lepas dari sejarah Kerajaan Blambangan. Pada pertengahan abad ke-17, Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Blambangan yang dipimpin oleh Pangeran Tawang Alun. Pada masa ini secara administratif VOC menganggap Blambangan sebagai wilayah kekuasannya, atas dasar penyerahan kekuasaan jawa bagian timur (termasuk blambangan) oleh Pakubuwono II kepada VOC. Namun VOC tidak pernah benar-benar menancapkan kekuasaanya sampai pada akhir abad ke-17, ketika pemerintah Inggris menjalin hubungan dagang dengan Blambangan. Daerah yang sekarang dikenal sebagai “komplek Inggrisan” adalah bekas tempat kantor dagang Inggris.

VOC segera bergerak untuk mengamankan kekuasaanya atas Blambangan pada akhir abad ke-18. Hal ini menyulit perang besar selama lima tahun (1767-1772). Dalam peperangan itu terdapat satu pertempuran dahsyat yang disebut Puputan Bayu sebagai merupakan usaha terakhir Kerajaan Blambangan untuk melepaskan diri dari belenggu VOC. Pertempuran Puputan Bayu terjadi pada tanggal 18 Desember 1771 yang akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Banyuwangi. Namun pada akhirnya VOC-lah yang memperoleh kemenangan dengan diangkatnya R. Wiroguno I (Mas Alit) sebagai bupati Banyuwangi pertama dan tanda runtuhnya kerajaan Blambangan.

Tokoh sejarah fiksi yang terkenal adalah Putri Sritanjung yang di bunuh oleh suaminya di pinggir sungai karena suaminya sangsi akan janin dalam rahimnya bukan merupakan anaknya tapi hasil perselingkuhan ketika dia di tinggal menuju medan perang. Dengan sumpah janjinya kepada sang suami sang putri berkata jika darahku yang mengalir di sungai ini amis memang janin ini bukan anakmu tapi jika berbau harum (wangi) maka janin ini adalah anakmu. Maka seketika itu darah yang mengalir ke dalam sungai terebut berbau wangi, maka menyesalah sang suami yang dikenal sebagai Raden Banterang ini dan menamai daerah itu sebagai Banyuwangi.

Tokoh sejarah lain ialah Minak Djinggo, seorang Adipati dari Blambangan yang memberontak terhadap kerajaan Majapahit dan dapat ditumpas oleh utusan Majapahit yaitu Damarwulan.namun sesungguhnya nama minak jinggo bukanlah nama asli dari adipati blambangan.nama minak jinggo diberikan oleh masyarakat majapahit sebagai wujud olok-olok kepada brehwirabumi yang memang keturunan kerajaan majapahit.
mojave
Mod

Post: 51.555
 
Reputasi: 1206

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
[Sejarah] Kumpulan Artikel UNIK Tentang Sejarah Republik Indonesia RizkRoberto Sejarah & Budaya 3
[Sejarah] Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms) KalinaMaryadi Sejarah & Budaya 69
[Sejarah] Daftar Sejarah Dunia yang Dirahasiakan! Megha Sejarah & Budaya 5
Sejarah- Sejarah Dunia Yang Dirahasiakan chickenfighter Umum & Tidak Masuk Kategori Lain 1


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.