Tips Menghadapi Tes CPNS

zackysetya

New member
Berprofesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang menjadi impian banyak orang. Banyak faktor dan pertimbangan mengapa seseorang memutuskan ingin menjadi PNS, salah satunya karena gaji besar tetapi kerja lebih santai dibanding kerja di perusahaan swasta. Untuk menjadi PNS, seorang CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) harus menjalani serangkaian tes yang diselenggarakan oleh instansi terkait. Salah satunya adalah tes atau ujian tertulis yaitu mengerjakan soal-soal pilihan baik soal pengetahuan umum ataupun soal pengetahuan khusus. Selain tes tulis, ada juga tes wawancara dan tes kemampuan khusus bila diperlukan.

Tak sedikit orang yang sudah berkali-kali mengikuti seleksi CPNS dari tahun ke tahun namun belum juga lolos tes tersebut. Hal itu tentu saja sempat membuat kecewa. Berikut ini ada beberapa tips untuk menghadapi tes CPNS 2013:
1. Hindari metode SKS (Sistem Kebut Semalam) saat belajar mengerjakan contoh soal CPNS. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum hari H atau tes dilaksanakan. Perbanyak latihan mengerjakan contoh-contoh soal tes CPNS baik dari buku ataupun dari Internet.
2. Ketahui dengan benar instansi atau dinas yang mengadakan tes CPNS. Ada kalanya ujian tes tulis maupun wawancara berhubungan dengan instansi tersebut.
3. Selalu berlaku jujur, teliti, dan fokus terutama saat tes wawancara. Gerak-gerik dan sikap menjadi penilaian tersendiri dalam wawancara selain jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Sikap jujur harus selalu dijunjung tinggi karena hal ini akan menjadi gambaran perilaku Anda kelak bila sudah menjadi PNS.
4. Selalu up to date dengan informasi-informasi terkini seputar CPNS. Informasi tersebut bisa berupa informasi lowongan CPNS terbaru, prediksi soal CPNS yang akan datang, atau informasi lain yang berhubungan dengan CPNS.
5. Jaga stamina dan kondisi kesehatan tubuh Anda khususnya menjelang hari H tes CPNS. Sebab jika tubuh Anda tidak fit tentu saja hal itu akan mengganggu konsentrasi Anda ketika mengerjakan tes. Jadi sebaiknya luangkan waktu sehari sebelum tes dilaksanakan dengan menenangkan diri agar pikiran Anda terasa fresh dan lebih siap mengikuti tes CPNS keesokan harinya.

Selain itu, ada 5 point penting yang harus diperhatikan dalam menghadapi tes CPNS. Kelima point itu adalah 1. optimis dan jangan cepat menyerah, 2. Persiapkan segala sesuatunya, 3. Cari peluang, 4. Belajar dan belajar terus, dan 5. yang paling penting adalah berdoa. Berdoa sangat penting diatas segalanya, dimanapun dan kapanpun. Jika Anda ingin berhasil dalam melakukan sesuatu, jangan lupa dimulai dengan doa sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan yang Anda miliki. Anda sebaiknya percaya dengan kekuatan sebuah doa, karena segala kehidupan di dunia ini ada yang mengatur. Memohonlah kepada Tuhan agar apa yang Anda cita-citakan terkabul. Toh seandainya belum dikabulkan dalam waktu dekat, tetaplah optimis dan selalu berusaha lebih baik lagi.
 
1. Hindari metode SKS (Sistem Kebut Semalam) saat belajar mengerjakan contoh soal CPNS. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum hari H atau tes dilaksanakan. Perbanyak latihan mengerjakan contoh-contoh soal tes CPNS baik dari buku ataupun dari Internet.

waduh kalau masih ada yang belajar sistem kebut semalam & lulus jadi cpns, entah akan jadi bagaimana negeri ini :D
 
Back
Top