Situ Gede, Salah Satu Potensi Wisata Alam Kota Bogor Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Arsip

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Situ Gede, Salah Satu Potensi Wisata Alam Kota Bogor

BOGOR – Situ Gede yang terletak di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, adalah salah satu setu (danau) yang kini masih bisa dijumpai. Lokasi Situ Gede yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bogor tersebut, sebenarnya sangat gampang dijangkau masyarakat dari luar kota.
Bagi warga Jakarta dan Cibinong terus ke barat melalui Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin-Terminal Bubulak maka sampailah ke lokasi Situ Gede. Bagi mereka yang datang dari arah Kota Bogor bisa langsung melalui jalan Gunung Batu-Terminal Bubulak-Situ Gede. Akses jalan menuju lokasi pun kini cukup bagus tidak seperti beberapa tahun ke belakang yang masih berupa jalan tanah. Tetapi kini jalan ke lokasi sudah berlapis aspal yang lebar dan mulus.
Kepala Bidang Kepariwisataan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor, Dra. Reni menjelaskan, Situ Gede merupakan salah satu danau yang sebetulnya jika dikembangkan banyak menyimpan potensi ke pariwisata. “Tahun ini Pemkot Bogor melalui Disbudpar dan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) telah mengajukan perencanaan pengelolaan dan pengembangan “Situ Gede” sebagai salah satu kawasan pengembangan wisata kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat,” ungkapnya.
Rencana pengembangan tersebut rupanya langsung mendapat respon positif dari Pemprov Jabar yang merestui pengembangan pembangunan wisata setu di Bogor. “Provinsi sendiri telah siap mendukung dan mempromosikan Situ Gede menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Bogor,” tandasnya.
Kami berharap, ada awal tahun 2007 mendatang kawasan setu Gede ini akan benar-benar menjadi salah satu lokasi wisata yang menarik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga bisa menambah PAD Kota Bogor. “Kenapa tidak jika itu semua terwujud. Dan itu bukan sesuatu yang tidak mungkin, kita punya potensi kok,” tegasnya optimis.
Sampai saat ini, kawasan Situ Gede belum tersentuh dan dikelola dengan baik, kawasan indah itu hanya dikunjungi oleh wisatawan local dan warga sekitar. Biasanya mereka berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu maupun hari libur.
Minimnya fasilitas penunjang sebagai kawasan wisata, membuat masyarakat engan datang ke lokasi. Bagi mereka yang datang, biasanya hanya sekedar duduk-duduk sambil mancing ikan ditepian setu seluas 6 hektar tersebut. “Saya datang kesini untuk sekedar melepas kejenuhan setelah hampir sepekan lamanya bekerja di kota. Di sini udaranya masih segar, kita bisa mancing ikan, menikmati panorama alam setu secara gratis,” ujar Rony, salah satu pengunjung setu Gede.
Rony mengakui, sebetulnya setu ini jika digarap dengan serius untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata situ (danau) memang pantas dijadikan salah satu kawasan objek wisata andalan yang ada di Kota Bogor. “Panorama hutan Cifor dengan tanaman perkebunan karet nan hijau ditunjang suasana di lokasi yang masih tenang dan asri merupakan potensi yang sangat menjual bagi promosi wisata setu ini,” ungkapnya.
Di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak di huni oleh berbagai burung-burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat pula dua buah anak danau yang merupakan bagian (include) dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik dan Situ Panjang. Warga sekitar menyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang (senjata khas masyarakat Jawa Barat, red).
Untuk sementara ini Situ Gede selain telah dijadikan tempat lokasi pilihan bagi warga sekitar untuk sekedar melepas kepenatan dan hiburan murah meriah bagi keluarga, danau tersebut juga berfungsi sebagai irigasi pertanian dan perkebunan masyarakat sekitarnya. (diek),-
adistiku
Village Level

Post: 44
 
Reputasi: 0

 

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
WISATA PESONA ALAM PEDESAAN (Kampoeng Wisata) adistiku Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 2
Banyuwangi, Magnet Wisata Alam Para Pelancong nurcahyo Sejarah & Budaya 2


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.