Asyiknya Berarung Jeram di Sungai Cisadane Bersama Keluarga

adistiku

New member
CARINGIN - Arung Jeram, awalnya sebuah olah raga petualangan yang hanya dilakukan oleh para pencinta alam dan lingkungan. Olah raga ini diperkenalkan di Indonesia oleh para pencinta alam Mapala Universitas Indonesia dan dalam perkembangannya, Arung Jeram kini menjadi salah satu komoditas wisata olahraga yang cukup menguntungkan. Karenanya tak heran, di akhir tahun 90 an, muncul operator-operator yang menyediakan jasa wisata petualangan arung jeram di tanah air.
Salah satu operator jasa petualangan Arung Jeram ialah PT. Pesona Alam Indonesai (PAI) yang berlokasi di Jl.Raya Bogor-Sukabumi Km.17, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor-Jawa Barat. PAI mengelola wisata Arung Jeram Main Air di Sungai Cisadane yang memiliki tingkat kesulitan grade 2-4 dan juga memiliki pesona pemandangan yang indah. Main Air mencoba memberikan tantangan yang tersendiri bagi para pecinta arung jeram. Untuk itu disediakan dua paket pilihan, yakni kelas Family untuk amatir (keluarga) dan Adventure (professional-dewasa).
Untuk kelas family, rutenya dimulai dari Desa Lebak Pari dan finish di Desa Maseeng, Caringin, yang berjarak 7 km dengan waktu tempuh 2 jam. Sedangkan untuk Adventure, rute pengarunganya dimulai dari desa Balandongan dan finish di Cipaku, Bogor. Paket Adventure berjarak 12 km dengan waktu tempuh 3 jam dan memiliki tingkat kesulitan grade 3 dan 4. Dalam 1 trip pengarungan, 1 perahu bisa memuat 5 orang peserta dan seorang guide. ?Pokoknya sangat asyik berarung jeram di Sungai Cisadane bersama keluarga,? kata Operation Manager PAI Ujang Didin.
Namun begitu, wisata arung jeram ini sangat tergantung dengan kondisi alam serta cuaca, sebab pengarungan baru bisa dilaksanakan jika debit air mencapai 60 -70 cm, lebih dari itu sungai tidak bisa diarungi. Menurut Ujang lagi, bila musim hujan tiba pengarungan sering ditunda atau bahkan dibatalkan. Lantaran faktor alam itulah, bisnis wisata menantang ini belakangan sedikit lesu alias sepi peminat.
Akan tetapi, PAI tidak lantas menyerah begitu saja. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, PAI kemudian menjalin kerjasama dengan beberapa hotel dan restoran yang berada di kawasan wisata pegunungan Puncak-Kabupaten Bogor dan Pelabuhan Ratu-Sukabumi. ?Hasilnya, setiap hari libur seperti Sabtu dan Minggu, kami selalu dapat peminat arung jeram, minimal 2 trip pengarungan,? papar Didin. Kalau anda berminat untuk mencoba tantangan arung jeram di Man Air, anda bisa menghubungi nomor telepon (0251) 222179. (ang)
 
Back
Top