3 Produsen Mobil Terbesar di Dunia

zackysetya

New member
Dewasa ini kebutuhan mobil sebagai alat transportasi semakin diminati masyarakat. Bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Maka tak heran, produsen-produsen mobil mulai bermunculan dan bersaing di pasar otomotif. Bahkan baru-baru ini di Indonesia ada pameran mengenai mobil murah, yang menjadi pro kontra pemerintah. Terlepas dari itu, tahukah Anda produsen mobil terbesar yang ada di dunia ini? Berikut adalah 3 produsen mobil terbesar di dunia.

1. Toyota (Jepang)
toyota.jpg

Toyota adalah produsen mobil terbesar pertama di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Kiichiro Toyoda tahun 1937. Toyota Motor Corporation atau TMC adalah produsen mobil multinasional yang berkantor pusat di Toyota, Aichi, Jepang. Pembentukan usaha otomotif ini karena didorong oleh pemerintah Jepang sebagai bagian dari kampanye perang terhadap Cina. Pada tahun 2010, Toyota mempekerjakan 317.734 orang di seluruh dunia. Toyota adalah perusahaan terbesar kesembilan di dunia oleh perusahaan revenue. Berbagai produk yang dikeluarkan Toyota mudah diterima dan disukai orang. Salah satunya adalah Toyota Camry yang merupakan sedan dengan penjualan terbanyak di Amerika sejak tahun 2002.

Toyota memperkirakan penjualan produk mereka dapat mencapai sekitar 9,7 juta kendaraan di seluruh dunia atau naik 22%. Perusahaan Jepang ini juga mengatakan penjualan diperkirakan akan terus meningkat sebesar 2% pada tahun 2013, dengan kenaikan terbesar dari pabrik truk Hino. Sejauh ini, Toyota adalah perusahaan automobil paling menguntungkan di dunia dan memiliki loyalitas pelanggan tertinggi di dunia. Toyota menghabiskan dana 9 Milyar dolar ($9 billion) setiap tahun untuk riset dan pengembangan teknologi kendaraan, lebih dari sejuta dolar setiap jamnya. Toyota juga telah melakukan bisnis di lebih dari 170 negara di dunia, jumlah ini lebih besar dari McDonal dengan restorannya yang "hanya" tersebar di sekitar 100 negara di dunia. Yang menarik, sebesar 85% bahan kendaraan Toyota bisa di daur ulang.

2. General Motors (USA)
General_Motors_01.jpg

General Motors Company, biasa dikenal sebagai GM, adalah sebuah perusahaan multinational automotive Amerika yang berkantor pusat di Detroit, Michigan. Perusahaan ini didirikan oleh William Durant pada tahun 1902 sebagai sebuah perusahaan investasi untuk Buick. Perusahaan ini merupakan terbesar kedua di dunia otomotif, dengan penjualan kendaraannya. GM menjadi produsen mobil terbesar kedua di dunia setelah Toyota. GM mempekerjakan lebih dari 202.000 orang dan melakukan bisnis di lebih dari 157 negara. Mobil-mobil dan truk yang dijual oleh perusahaan ini di bawah nama merek yang berbeda seperti Buick, Cadillac, Chevrolet, GM Daewoo, Hummer, Opal, Vauxhall, Pontiac, Holden, dan lain-lain.

Sejak 1912, ketika Charles Kettering menemukan self-starter electric untuk menggantikan engkol tangan pada mobil, General Motors menjadi pemimpin dalam hal inovasi otomotif. GM juga biasa disebut sebagai ikon Amerika. Peningkatan selama bertahun-tahun sebagai “Icon Amerika” mereka telah mengalami pasang surut. Dalam beberapa tahun terakhir berbagai merk ternama seperti sedan Impala, Malibu dan Camaro sudah cukup membuktikan keperkasaan GM di kancah persaingan perusahaan-perusahaan mobil dunia. Pada Juni 2013 ini General Motors Co. (GM) meraih penghargaan tertinggi untuk kategori standar kualitas terbaik untuk pertama kalinya dalam 30 tahun versi perusahaan riset otomotif J.D. Power & Associates. Dan hingga saat ini, Chief Executive Officer, Dan Akerson berniat mereposisi GM menjadi perusahaan pemimpin inovasi. Untuk itu, ia memastikan GM mempunyai akses terhadap teknologi dengan kualitas terbaik.

3. VW (Jerman)
Volkswagen-Logo-4.jpg

VW atau Volkswagen adalah produsen mobil terbesar ketiga di dunia asal Jerman. Volkswagen (VW) tepatnya berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Ide awal pembuatan mobil VW adalah sebagai mobil rakyat, dan secara khusus untuk masyarakat kelas menengah ke bawah di Jerman. Ide ini berawal ketika pada saat itu masyarakat Jerman digempur oleh mobil-mobil mewah, sedangkan mobil yang ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah belum ada. Dari situ, dibuatlah mobil standar dengan harapan harga yang bisa dijangkau oleh rakyat menengah ke bawah. Di antara banyak fakta sejarah yang mengungkapkan kejahatan dan kekejaman Nazi dibawah pimpinan Adolf Hitler, ternyata ada satu “peninggalan” Nazi yang dapat kita ambil manfaatnya, yaitu diciptakannya mobil VW ini.

Hingga kini VW telah menjadi merk mobil yang paling dicari. Pasar utama perusahaan ini adalah Eropa, dan anak perusahaan Grup Volkswagen memiliki merek-merek mobil terkenal, seperti Volkswagen, Audi, Bentley, Bugatti, Ducati, Škoda Auto, Lamborghini, SEAT, Porsche, MAN SE, dan Scania AB. Tiga mobil unggulan VW dinobatkan menjadi salah satu mobil terlaris sepanjang masa, yaitu Volkswagen Golf, Volkswagen Beetle, dan Volkswagen Passat. Begitulah VW sang “mobil rakyat” yang dicintai dan disukai oleh rakyat. Dengan desain idealis yang mereka letakkan di tiap mobil mereka, VW sukses melakukan penjualan mobil lebih dari 7 juta buah.


References:
http://247wallst.com/special-report/2013/09/13/the-worlds-largest-automakers/3/
http://finance.yahoo.com/news/world-largest-automakers-222430745.html
http://qz.com/108624/gm-is-about-to-overtake-toyota-as-the-worlds-largest-automaker/
http://www.thetruthaboutcars.com/tag/worlds-largest-carmaker/
http://online.wsj.com/article/SB10001424127887323375204578269181060493750.html
http://www.toyota.com/about/our_bus....htmlhttp://www.crunchbase.com/company/toyota
http://useconomy.about.com/od/criticalssues/a/auto_bailout.htm
http://en.volkswagen.com/en.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Volkswagen
http://www.autoblog.com/2013/07/26/toyota-worlds-largest-automaker-first-half-2013/
http://www.csmonitor.com/Business/In-Gear/2013/0730/Toyota-becomes-world-s-largest-automaker
 
Mobil memang banyak berkembang di dunia ini, sehingga produsen banyak. Maka perlu digunakan sebagaimana perlu tidak berlebihan.
 
Back
Top