Suplemen MLM, penipuan atau pemaksaan?

rahwana

New member
Hari ini seorang rekan menawari saya untuk ikut bergabung pada MLM dari sebuah produk suplemen. Saya kemudian teringat pada sejumlah produk MLM yang pernah saya 'dekat' karena teman2 atau saudara atau keluarga terlibat.

Seorang teman kost saya dulu pernah menjual sawahnya karena tergiur 'uang pensiun' yang didapatkan jika dia mendapatkan sekian banyak orang downlinenya. Namun akhirnya sawah itu hilang begitu saja tanpa hasil.

Seorang keluarga saya juga pernah terpikat suplemen MLM yang membuat dia 'harus' rajin beli sekitar 350 rb tiap bulan. Hasilnya? Pergi ke Bali juga tinggal impian karena ada sekian puluh syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa mendapatkan bonus yang 'berarti' tiap bulannya.

Mantan pacar saya juga pernah ikut MLM semacam itu dan tiap bulan dia juga harus belanja minimal 300 rb untuk bisa dapat bonus. Padahal saya hitung2 bonusnya cuma puluhan ribu rupiah. Belum dihitung capeknya memprospek orang dan perjalanan kesana kemari.

Saya pikir2, MLM sebagian besar hanya menjual mimpi. Iming2 kerja parttime dapat uang besar ini sebenarnya merupakan proses pembodoan. Tidak ada MLM yang bisa dilakukan parttime, paling tidak kalau hitungan waktu pada masa2 awal.

Kerja MLM harus rajin mencari downline dan promosi. Dan pekerjaan ini lebih berat dari marketing office biasa. Pada marketing office biasa, promosi atau penawaran hanya takes 30 - 60 menit untuk presentasi. Sedangkan untuk MLM, bisa 2-3 jam. Dan kalau marketing office, gaji sudah jelas dapat tidak dapat clientnya. Sedangkan MLM, bisa 2-3x kita mengundang presentasi belum tentu goal.

Hal yang harus disadari oleh orang yang tertarik MLM adalah bahwa tidak ada pekerjaan mudah yang gajinya banyak.
 
Yup saya setuju dgn cerita Anda, produk bagus belum tentu cocok dgn budaya dan ekonomi masyarakat
 
siapa bilang semua MLM itu bohong?ada kok yg benar2.cuma anda kebetulan di tawari MLM yg salah sm teman2 anda.coba deh berfikiran terbuka and coba terima info yg benar dari org yg benar.kalo anda tinggalnya di jakarta,coba deh jalan2 di mall arta gading, and masuk di BANNERS store.coba tanyakan org disana untuk apa sebenarnya supermarket itu dibangun?.trus coba cari tau info yg lbh banyak mengenai MLM yg betul2 marketing plan nya terbuka untuk diketahui oleh semua org... september 2006 sj tlah ada satu MLM yg mengadakan satu EVENT bertaraf INTERNASIONAL di Jakarta,yg tlah masuk dlm rekor MURI.kalau anda sdh dpt info yg benar,anda pasti akan dpt bedakan MLM yg mana benar and yg mana tipuan.good luck!!!!
 
kalau anda ingin sukses jangan berkaca dengan kegagalan seseorang, ok!

kalau anda ingin berlari kenjang jangan belajar dengan kura-kura, jika anda ingin belajar memanjat jangan belajar buaya

awalnya saya berpikiran sama dengan anda dulu tentang mlm, akan tetapi akhirnya pikiran saya akhirnya terbuka...bahwa tak semua mlm seperti itu. bukti nyata sudah ada di depan mata saya, bagaimana seorang teman saya mendapatkan jutaan rupioah dari bisnis MlM

memang sih, segala sesuatu itu perlu usaha niat dan doa
kalau join aja gak mau usaha ya begitu hasilnya nol besar...

kudu ada ilmu dulu baru bisa sukses
gimana mau bisnis jika modalnya aja join aja trus pasif
sebesar apapun modal kalo gak aktif tetap aja gak akan sukses

yang benar adalah...
pelajari dulu...setelah banyak di pelajari baru bisa menjalankan bisnis, setiap pekerjaan pasti begitu, harus ada ilmu dulu dong...benar gak?

kalo emang kita mau sukses di dunia ini jangan pernah bercermin pada kegagalan seseorang tapi kesuksesan seseorang karena itu akan menjadi motovasi besar dalam hdup kita

benar gak?
 
Sebenarnya yang harus selalu diingat oleh seorang pemain MLM adalah bahwa bahasa MLM itu adalah full marketing. Artinya, dalam berbagai iklan di koran atau apapun yang dituliskan di marketing MLM selalu dikatakan bahwa bekerja paruh waktu dengan gaji jutaan.

Hal ini sebenarnya lebih mirip penipuan atau pembodohan. Karena seperti sudah ditekankan adalah MLM bukan hal yang sederhana yang bisa dikerjakan paruh waktu begitu saja. Ada banyak trik dan aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. Dan kalau itu dilanggar, sudah pasti tidak berhasil. Dilakukan saja belum tentu sukses, apalagi tidak dilakukan.

Itu yang saya maksud sebagai MLM sebagai jual mimpi. Logikanya, banyak orang bermain MLM dengan maksud menjaring sebanyak mungkiin orang kedalam networknya, tanpa peduli orang itu mampu atau tidak. Kalau mampu maka orang itu memang mungkin bisa sukses. Tapi kalau tidak mampu, dia hanya akan dimakan oleh uplinenya dan akhirnya menjadi korban 'penipuan halus' yang dilakukan oleh sistem MLM.
 
MLM itu sebenernya banyak macemnya, ga cuma produk suplemen doang, kosmetik jg ada, Oriflame contohnya..
ga semua bisnis kyk gini merugikan, tergantung dari individunya juga. kalo dia ngejalanin bisnis ga pake taktik, tapi cuma mau blanja, blanja dan blanja buat dapet bonus. apa untungnya? namanya bisnis ya pake taktik, strategi yg dahsyat kan?
cuma modal katalog ama pinter ngomong doang juga udah cukup.. ga perlu presentasi sampe 60 menit dan hasilnya nihil,, bisnis kyk gini tuh dijalanin dengan santai, ga perlu banyak pikiran, ga perlu kluar duit banyak buat dapet bonus! kalo kita udah bisa dapet keuntungan secara langsung dari hasil penjualan, kenapa musti ngejar2 bonus? toh kita juga udah dapet duit banyak dari keuntungan itu..

kenapa ge bisa komentar kyk gini? cos w jg ikut bisnis ginian.. dan ini bisa dijalanin parttime kok,, ngobrol sm temen ajah udah bisa dapet orderan and dapet downline... bener! gw ga boong! ini bener2 terjadi sm gw!
ga usah deh, kita mau mikir mau dapet bonus apa engga, kalo dapet ya syukur, kalo engga ya udah...
dari hasil itung2an gw, bisnis ky gini ngajarin kita gimana caranya buat dagang, ngatur uang, dan bla bla bla.. dan dari result gw, bisnis ginian buat anak sekolah (SMU) ato kuliah, emang cocok, selain bisa menghasilkan duit jajan sendiri, kita jadi punya keterampilan dalam berdagang dan berbisnis. tapi, ya back to individual.. gimana anak itu manfaatin bisnis kyk gini...

memang bisnis kyk gini tuh spt menipu secara halus, tapi coba pikir.. kalo misalnya si Anna udah capek2 ngajak 10 orang buat gabung masa dia ga dapet apa-apa? kan ga lucu... dia juga berhak dong buat dapet keuntungan?
sekarang kita berfikir secara positif aja.. ga usah buruk sangka... ujung2nya kita dosa!

maap banget kalo ada kata2 gw yg nyinggung perasaan kalian..
gw ngmg gini cuma buat ngelurusin pikiran kalian ajah, ga ada maksud buat ngajak gabung. jgn beranggapan bisnis kyk gini tuh ngerugiin, ato ga guna sama sekali... itu tuh nothing! w bisa dapet 200rb dari bisnis ky gini, dan itu real! buat pelajar ky gw itu dah gede!

sekali lagi sorry, kalo ada yg tersinggung...



cheers,
-kouya-
 
gue distributor MLM Oriflame & High Desert & Sophie Martin,terus terang gue gabung dgn MLM tsb krn gue memakai produk mereka,bukan krn terpaksa,namun karena gue cocok dgn produk mereka.
Memang ada benar nya MLM itu menjual mimpi,soalnya HD pernah ngajak anggotanya jalan2 ke kota bunga untuk melihat rumah2 yang megah,dan pemimpin nya berkata "Silahkan bermimpi dulu utk memiliki rumah2 tersebut,karena dari mimpilah suatu peluang dapat diciptakan." kita boleh bermimpi,tapi kalo tidak disertai dengan tindakan makan akan menjadi halayan belaka.
MLM juga bisnis kepercayaan,bagaimana kamu bisa memasarkan produk tsb seandainya kamu tidak yakin kasiat akan produk tsb?artinya kamu sendiri harus memakainya dulu baru bisa mengenalkan ke orang laen.
Dari semua MLM yg gue ikut tsb,gue ga dapat downline satu pun,karena gue emang ga berminat pada bisnis MLM.
tapi kenyataan nya,gue banyak mendapatkan penghasilan tambahan dari menjual produk2 MLM tsb,karena gue dapat meyakinkan pada mereka bahwa produk tsb BAGUS :)
 
kalo prinsip gue sih siapa yang datang duluan pasti menang.. and siapa datang belakangan pasti di bantai... peace!!
 
Karena itu saya ingin menekankan bahwa : MLM adalah bukan sekedar mimpi yang bakal menjadi kenyataan esok hari, tapi harus melalui kerja keras dan ... tetap dengan resiko gagal. Biasanya, resiko dan kenyataan ini selalu disembunyikan oleh banyak orang waktu mengajak downline. Dan sekedar tahu, istri saya adalah pemain Oriflame sejak 3 tahun yang lalu dan memang membawa hasil walaupun tidak seperti yang pertama kali dia impi2kan. Tapi it's ok lah...
Kegagalan orang lain adalah bagian dari kenyataan yang tetap harus diakui (bukan sekedar berkaca) karena keberhasilan orang lain juga adalah kenyataan.
 
Saya juga banyak mengikuti MLM memang pada dasarnya semua mencari DL dan apalagi diforum ini banyak yang bisa bicara mengapa tidak mencoba mengaja mereka jadi anggota. Saya MLM ada sekitar 6 yang saya ikuti namun di MLM saya yang terakhir ini kita tidak mesti mencari DL, namun berani menawarkan prodak ke Supermarket itu saja selain itu harga terjangkau
 
kalo prinsip gue sih siapa yang datang duluan pasti menang.. and siapa datang belakangan pasti di bantai... peace!!

Dan korban2pun berjatuhan, hehehehehe... Pengen dapet duit instant, yang ada malah dapet mimpi doang. BTW, tergantung MLM, produk sama fokus seseorang untuk mencintai pekerjaan-nya. Masalah pemaksaan dan lain sebagainya, gw rasa itu tergantung individu masing2 walo kadang gw sebel juga kalo dipaksa gitu, padahal ga minat sama sekali. Kalo product kek AVON, oriflame, dll kek-nya bukan MLM ya? Direct selling maybe? Gw ga mudeng, hehehehehe.....
 
Yup, gak ada yg baru gabung seminggu dah kaya raya. Usaha bung, namanya juga MLM mulainya dari bawah dari yang kecil-kecil. Masa tanpa usaha dan kerja keras dulu, bisa langsung sukses???

Banyak kok MLM atau yang sejenis yang bagus dan berkembang pesat. Tinggal dari diri anda sendiri pinter-pinter memilih dan memilah mana yang bagus menurut kamu dan sesuai dengan kondisi dan pemikiran kmu..
 
Yup, gak ada yg baru gabung seminggu dah kaya raya. Usaha bung, namanya juga MLM mulainya dari bawah dari yang kecil-kecil. Masa tanpa usaha dan kerja keras dulu, bisa langsung sukses???

Akur Boss...
Ada Beberapa Hal yang perlu kita lihat tentang Network Marketing terutama yang namanya PARADIGMA (Sudut Pandang)..
1. Productnya : Apakah produtnya berqualitas dan bermanfaat buat kita.?
Apakah Productnya diakui oleh MUI dan BPOM (untuk Indonesia)
Apakah Dunia Interantional terutama PBB (WHO) mengakui productnya.
Apalagi dari FDA (BPOMnya Amerika) yang akan mengakui product itu bagus
dengan cara mengambil sample 1000 x dan tidak boleh ada yg gagal.
Apakah productnya diakui oleh Uni Eropa juga?
Bergabunglah kalau anda membutuhkan product tersebut...

2. Perusahaannya : Apakah Memenuhi Standard International.?
Apakah dikenal di seluruh negara (Go International)
Check apakah ada acara dengan skala International
Apakah Para pemimpin dunia mengenal perusahaan tersebut..?
Bergabunglah kalau anda yakin bahwa perusahaan tersebut Go Public dan anda merasa
yakin dengan persahaan tersebut.

3. Support System : Banyak orang yang bergabung dengan MLM namun dia tidak tahu
bagaimana menjalankan Bisnis tersebut. karena tidak adanya
pengarahan dari perusahaan dan para sponsor yang mengajak mereka.
Lihatlah perusahaannya apakah ada SUPPORT Systemnya atau tidak.?

4. Bisnis : Apakah Jelas system bagi hasil yang diterapkan oleh perusahaan itu.?
Apakah bisnis ini merugikan orang lain..?
Besarkan Modal yg dikeluarkan untuk sebuah bisnis jangka panjang.?
Apakah Target kita dalam Bisnis ini.?
Berapa lamakah waktu untuk mencapai sukses dalam bisnis ini..?

Dari beberapa PARADIGMA diatas... maka kita bisa melihat apakah Bisnis MLM yg kita jalani atau yg ditawarkan oleh teman kita merupakan yg terbaik sesuai kriteria diatas..?

Semua tergantung dari diri kita masing2, dan bagaimana dengan menyikapi bisnis tersebut.
Semua kesuksesan diawali dari bawah dan pasti banyak tantangannya.
Kesuksesan tidak datang dengan melakukan 1x atau 2x tapi harus dilakukan dengan berkali2...
Sama halnya kita mau kerja secara conventional (melamar pasti lebih dari 5x bahkan lebih)...

Demikian Sharing dari saya.

TETAP SEMANGAT dan Selalu berfikir Positif
 
Kalau memang resikonya kegagalan. menurut saya semua profesipun memiliki resiko kegagalan, justru dari kegagalan itulah kita belajar untuk mencapai keberhasilan!!! coba kita ambil yang positif, banyak rakyat indonesia terbantu dalam masalah finansial dengan menjalankan MLM (MLM YANG BENAR). ditengah-tengah susahnya lapangan pekerjaan kita saat ini justru kehadiran MLM akan sangat membantu. tapi salah besar jika hanya menganggap MLM hanya untuk pengangguran, karena pada kenyataannya MLM terbuka untuk semua kalangan!!!!
 
Kalau memang resikonya kegagalan. menurut saya semua profesipun memiliki resiko kegagalan, justru dari kegagalan itulah kita belajar untuk mencapai keberhasilan!!! coba kita ambil yang positif, banyak rakyat indonesia terbantu dalam masalah finansial dengan menjalankan MLM (MLM YANG BENAR). ditengah-tengah susahnya lapangan pekerjaan kita saat ini justru kehadiran MLM akan sangat membantu. tapi salah besar jika hanya menganggap MLM hanya untuk pengangguran, karena pada kenyataannya MLM terbuka untuk semua kalangan!!!!
 
Akur Boss...
Ada Beberapa Hal yang perlu kita lihat tentang Network Marketing terutama yang namanya PARADIGMA (Sudut Pandang)..
1. Productnya : Apakah produtnya berqualitas dan bermanfaat buat kita.?
Apakah Productnya diakui oleh MUI dan BPOM (untuk Indonesia)
Apakah Dunia Interantional terutama PBB (WHO) mengakui productnya.
Apalagi dari FDA (BPOMnya Amerika) yang akan mengakui product itu bagus
dengan cara mengambil sample 1000 x dan tidak boleh ada yg gagal.
Apakah productnya diakui oleh Uni Eropa juga?
Bergabunglah kalau anda membutuhkan product tersebut...

2. Perusahaannya : Apakah Memenuhi Standard International.?
Apakah dikenal di seluruh negara (Go International)
Check apakah ada acara dengan skala International
Apakah Para pemimpin dunia mengenal perusahaan tersebut..?
Bergabunglah kalau anda yakin bahwa perusahaan tersebut Go Public dan anda merasa
yakin dengan persahaan tersebut.

3. Support System : Banyak orang yang bergabung dengan MLM namun dia tidak tahu
bagaimana menjalankan Bisnis tersebut. karena tidak adanya
pengarahan dari perusahaan dan para sponsor yang mengajak mereka.
Lihatlah perusahaannya apakah ada SUPPORT Systemnya atau tidak.?

4. Bisnis : Apakah Jelas system bagi hasil yang diterapkan oleh perusahaan itu.?
Apakah bisnis ini merugikan orang lain..?
Besarkan Modal yg dikeluarkan untuk sebuah bisnis jangka panjang.?
Apakah Target kita dalam Bisnis ini.?
Berapa lamakah waktu untuk mencapai sukses dalam bisnis ini..?

Dari beberapa PARADIGMA diatas... maka kita bisa melihat apakah Bisnis MLM yg kita jalani atau yg ditawarkan oleh teman kita merupakan yg terbaik sesuai kriteria diatas..?

Semua tergantung dari diri kita masing2, dan bagaimana dengan menyikapi bisnis tersebut.
Semua kesuksesan diawali dari bawah dan pasti banyak tantangannya.
Kesuksesan tidak datang dengan melakukan 1x atau 2x tapi harus dilakukan dengan berkali2...
Sama halnya kita mau kerja secara conventional (melamar pasti lebih dari 5x bahkan lebih)...

Demikian Sharing dari saya.

TETAP SEMANGAT dan Selalu berfikir Positif


Sip, info yg begini ini nih yg ditunggu-tunggu, thx..
 
MLM sebuah sistem pemasaran yang sangat efektif
Tetapi nama MLM telah cacat dengan ulah pelaku2nya yang mengumbar janji.
Belum lagi yang menghalalkan segala cara termasuk penipuan untuk mendapatkan downline agar modal cepat kembali.

Menurut saya ada benarnya, kalo sebagian orang mengKlaim "Haram"
Logikanya begini :
Mungkin kita jujur (gampangnya tidak menipu)
Tetapi kita tidak bisa menjamin downline kita juga jujur.
Kalo downline kita melakukan penipuan dan muncul korban.
Kita yang diatasnya tanpa sadar ikut menikmati penderitaan korban itu....
 
Tetapi ada MLM atau apalah sejenisnya yang sangat jauh dari penipuan.
Cari saja MLM untuk produk yang memang setiap orang memakainya, harganya sama dengan harga dipasaran non MLM

Orang yang ikut tidak akan rugi karena apa yang dia beli memang dia perlukan.
Tidak ikut MLM itu pun dia tetap membeli.
Mau tahu lebih lengkap....klik banner berikut
 
MLM itu sebenernya banyak macemnya, ga cuma produk suplemen doang, kosmetik jg ada, Oriflame contohnya..
ga semua bisnis kyk gini merugikan, tergantung dari individunya juga. kalo dia ngejalanin bisnis ga pake taktik, tapi cuma mau blanja, blanja dan blanja buat dapet bonus. apa untungnya? namanya bisnis ya pake taktik, strategi yg dahsyat kan?
cuma modal katalog ama pinter ngomong doang juga udah cukup.. ga perlu presentasi sampe 60 menit dan hasilnya nihil,, bisnis kyk gini tuh dijalanin dengan santai, ga perlu banyak pikiran, ga perlu kluar duit banyak buat dapet bonus! kalo kita udah bisa dapet keuntungan secara langsung dari hasil penjualan, kenapa musti ngejar2 bonus? toh kita juga udah dapet duit banyak dari keuntungan itu..

kenapa ge bisa komentar kyk gini? cos w jg ikut bisnis ginian.. dan ini bisa dijalanin parttime kok,, ngobrol sm temen ajah udah bisa dapet orderan and dapet downline... bener! gw ga boong! ini bener2 terjadi sm gw!
ga usah deh, kita mau mikir mau dapet bonus apa engga, kalo dapet ya syukur, kalo engga ya udah...
dari hasil itung2an gw, bisnis ky gini ngajarin kita gimana caranya buat dagang, ngatur uang, dan bla bla bla.. dan dari result gw, bisnis ginian buat anak sekolah (SMU) ato kuliah, emang cocok, selain bisa menghasilkan duit jajan sendiri, kita jadi punya keterampilan dalam berdagang dan berbisnis. tapi, ya back to individual.. gimana anak itu manfaatin bisnis kyk gini...

memang bisnis kyk gini tuh spt menipu secara halus, tapi coba pikir.. kalo misalnya si Anna udah capek2 ngajak 10 orang buat gabung masa dia ga dapet apa-apa? kan ga lucu... dia juga berhak dong buat dapet keuntungan?
sekarang kita berfikir secara positif aja.. ga usah buruk sangka... ujung2nya kita dosa!

maap banget kalo ada kata2 gw yg nyinggung perasaan kalian..
gw ngmg gini cuma buat ngelurusin pikiran kalian ajah, ga ada maksud buat ngajak gabung. jgn beranggapan bisnis kyk gini tuh ngerugiin, ato ga guna sama sekali... itu tuh nothing! w bisa dapet 200rb dari bisnis ky gini, dan itu real! buat pelajar ky gw itu dah gede!

sekali lagi sorry, kalo ada yg tersinggung...



cheers,
-kouya-
wow ternyata si gita ikutan oriflame yang mlm ya, salut buat kamu yang masih smu waktu itu


saya dulu juga sempat ikut beberapa mlm dan cukup sukses semua, modalnya sedikit kok tapi kerjanya banyak lobi sana lobi sini
 
Ikut MLM tergantung dari niat nya, yang pasti kalau kita melihat segala sesuatu dengan positive thinking, kita akan banyak mengambil manfaatnya.
suplemen MLM banyak yang bagus2. terutama yang terbuat dari herbal. kalau gak suka dengan bisnisnya, ya...kalau barangnya bagus, kenapa gak..?jadi member supaya bisa dapat harga murah. Ilmu pengembangan kepribadiannya bisa diterapkan di kehidupan bermasyarakat atau di pekerjaan. terutama di dalam rumah. Kita bisa menjadi motivator buat diri sendiri dan keluarga. Orang2 yang ada di MLM bisa jadi Network untuk bisnis kita, dengan begitu..kita gak terlalu besar punya pengeluaran untuk promosi bisnis yang kita punya. kita juga bikin MLM sendiri jadinya " informasi dari Mulut Ke Mulut "
Jadi....jangan berprasangka buruk dulu dengan MLM.....
 
Back
Top