Personality Plus
 
Go Back   Home > Psikologi & Self-Help

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Personality Plus

Baiklah, untuk menjawa rasa penasaran non kalin dan non tia, Sekarang Shisio akan mejabarkan 4 kepribadian yang Shisio rangkum sendiri dari buku “Personality Plus”.


Kepribadian kita ini dijabarkan dalam 4 bentuk kepribadian yang mula-mula ditetapkan oleh Hipocrates. Kita akan bersenang-senang dengan orang sangunis yang populer, yang mengeluarkan antusiasme. Kita akan serius dengan orang melankolis yang sempurna, yang berusaha mengejar kesempurnaan dalam segala hal. Kita akan maju ke depan bersama dengan orang koleris yang kuat yang dilahirkan dengan bakat pemimpin. Dan kita akan rileks dengan orang plegmatis yang damai, yang dengan bahagia menerima kehidupan.

Karena terlalu banyak penjabaran di bukunya, Shisio akan menyingkatnya menjadi beberapa bagian. Yuk kita mulai!

SANGUIN YANG POPULER
• Anak-anak sanguin yang populer. Sanguinis populer punya pembawaan mencari kesenangan dan permainan, dan sejak saat mereka masih kecil, mereka suka menyelidiki dan periang. Bayi sanguinis yang populer bermain-main dengan apa saja yang mereka temukan, tertawa dan mengoceh, dan senang bersama orang lain.
• Kepribadian yang menarik. Satu hal yang pasti, mereka mempunyai banyak waktu untuk bersenang-senang. Karena hal inilah, mereka dipastikan menjadi pusat perhatian, dan mereka senang akan hal itu. Di tempat yang membosankan mereka memberikan kesenangan.
• Suka bicara, suka bercerita. Ini berbeda definisi dengan cerewet. Mereka seperti terlahir dengan kemampuan bercerita dan menyambung cerita mereka dengan hal lainnya. Gampang sekali untuk mencari mereka di tengah kerumunan pesta. Carilah orang yang berbicara paling keras dan mengobrol hampir terus menerus.
• Menghidupkan pesta. Sanguinis populer punya keinginan bawaan untuk menjadi pusat perhatian, dan ciri khas ini, bersama-sama dengan ceritanya yang warna-warni, menjadikan mereka orang yang bisa menghidupkan pesta.
• Ingatan yang kuat akan warna. Satu fakta penting yang Shisio temui tentang watak ini, mereka punya kelemahan untuk mengingat-ingat nama, tanggal, tempat dan lainnya, tapi mereka punya kemampuan yang unik untuk mengingat perincian hidup yang berwarna-warni. Kalau ditanya,”pak guru tadi, dia ngajar tentang apa?” Dia mungkin akan kesusahan untuk mengingatnya. Tapi dia akan sangat ingat bahwa pak guru yang tadi mengajar mengenakan kemeja berwarna putih dengan aksen bergaris dan mempunyai gelang emas di tangan kirinya, dan ada sedikit noda di celana coklatnya.
• Memukau pendengar. Karena bawaan mereka yang hangat dan menyukai hal-hal fisik, mereka cenderung suka memeluk, mencium, menepuk dan mengelus teman mereka. Kontak fisik seperti ini adalah hal yang biasa bagi mereka
• Lugu dan polos. Mereka adalah pemilik kepribadian yang tampaknya selalu lugu dan polos. Mereka membawa sifat mereka itu sampai tua.
• Antusias dan ekspresif. Mereka adalah orang yang emosional dan demonstratif, yang selalu optimis dan antusias terhadap hampir segalanya. Apa saja yang yang diperintahkan kepadanya pastilah mereka akan melakukannya. Katakan saja ke mana mereka akan pergi, mereka akan pergi dengan antusias sambil melompat-lompat. Ada kejadian dimana salah seorang siswa yang tengah bermain di lapangan. Ketika dia melihat kami, tiba-tiba dia berlari sekencang-kencangnya ke arah kami. Sesampainya di depan kami, dia berkata “Pak Ato, ini pot yang aku bawa tadi”. Setelah berkata seperti itu, dia langsung berlari kembali ke lapangan!
• Penuh rasa ingin tahu. Rasa keingin tahuan mereka sangat besar. Rahasia bisa membuat mereka senewen. Mereka seperti antena pencari signal untuk mengetahui segala sesuatu. Mereka selalu menyelidiki dan mencari tahu apa yang mereka tidak tahu.
• Selamanya menjadi anak-anak. Satu hal yang pasti, masa kecil mereka sangat bahagia dan tak ingin meninggalkan masa tersebut. Katakanlah mereka sangat menyukai hidup di dunia fantasi
• Sukarelawan untuk tugas. Karena kepopuleran mereka, mereka sering mengajukan diri secara sukarela tanpa memikirkan konsekwensinya.
• Kreatif dan inovatif. Otak mereka yang populer selalu memikirkan gagasan yang baru dan menarik. Setiap hari selalu saja ada ide baru yang terlintas dalam pikiran mereka. Salah satu teman sanguin shisio selalu memindahkan lemari buku dan sofa kecilnya setiap hari, sehingga rumahnya kelihatan selalu beda.
• Mudah berteman dan selalu menyenangkan. Tidak ada istilah orang asing dalam kehidupan mereka. Hanya dengan bermodalkan kata “hai” saja, mereka sudah menjadi sahabat anda. Satu hal lagi, apa yang mereka lakukan sering kali tidak luar biasa, tapi penceritaan kembali dari mulut orang sanguin sangatlah luar biasa. Tengoklah mereka berkata-kata, hal-hal yang sederhana bisa menjadi heboh lewat pengakuan mereka.

Hati yang gembira menyehatkan badan

MELANKOLIS YANG SEMPURNA
• Mendalam, penuh pikiran, analitis. Mereka secara alamiah dilahirkan dengan sifat sempurna. Mereka bisa menekuni kegiatan rutin yang membosankan kalau mereka bisa melihat hasilnya di masa mendatang. Sebagai anak-anak, mereka punya mainan yang perlu dipelajari, permainan yang harus dianalisa. Mereka sudah menemukan jawaban yang rumit dari soal-soal, dan merencanakan rekreasi yang serius dengan sebuah tujuan.
• Serius dan tekun. Mereka adalah orang-orang serius yang menetapkan tujuan jangka panjang dan hanya ingin melakukan apa yang mempunyai tujuan abadi.
• Jenius-intelek. Aristoteles pernah mengatakan “semua orang jenius mempunyai watak melankolis”. Dan pendapat ini benar sekali.
• Berbakat dan kreatif. Diantara keempat watak ini, mereka adalah yang paling berbakat dan paling kreatif. Mereka adalah artisitk, sastrawan, filosofis dan musikal.
• Menyukai daftar, diagram, grafik dan bagan. Bagi orang melankolis hal-hal tersebut merupakan bagian penting dalam kehidupan mereka
• Sadar perincian. Banyak hal kecil dalam kehidupan kita yang seringkali tidak kita perhatikan, tapi bagi mereka hal itu sangat penting. Contohnya seperti ini, Shisio sering mengitung uang dan mengumpulkannya begitu saja. Tapi temanku yang seorang melankolis marah dan mengatur uangnya secara rapi.
• Tertib dan terorganisasi. Dibandingkan dengan keempat watak lainnya. Kamar tidur seorang melankolis adalah kamar yang paling rapi sedunia. Buku-bukunya diatur menurut abjad, lemari pakaiannya tertib dan teratur. Keteraturan dan ketertiban adalah esensi yang penting dalam hidup mereka.
• Teratur dan rapi. Mereka biasanya berpakaian rapi, bagus dan terawat dengan cermat. Mereka menginginkan lingkungannya teratur dan rapi dan mereka berjalan berkeliling merapikan barang-barang milik orang lain.
• Perfeksionis-standar tinggi. Motto orang melankolis dalam kehidupan adalah Kalau itu layak dilakukan, itu layak dilakukan dengan benar. Tidak pernah menjadi persoalan secepat apa dia bisa melakukannya, tetapi sebaik apa. Kualitas selalu lebih penting daripada kuantitas. Orang melankolis yang sempurna bagaikan mercu suar standar tinggi yang perlu kita ikuti. Percayalah, ketika kalian berjalan dan melihat ada orang yang berpakaian rapi, bermerek dan kelihatan sempurna dalah segala hal, maka mereka adalah orang melankolis sempurna.
• Perhatian dan belas kasihan yang mendalam. Mereka sangat memperhatikan dan peka terhadap keperluan orang lain. Mereka memperhatikan orang lain dan menaruh belas kasihan kepada masalah mereka. Mereka bisa menjadi penasihat yang sangat baik karena mereka mempunyai kemampuan yang mendalam untuk melihat ke dalam hati orang lain, menganalisanya, dan menemukan pemecahan yang bisa dilaksanakan.
• Mencari teman hidup yang ideal. Pada dasarnya mereka adalah orang yang sempurna, maka mereka mencari teman hidup yang ideal. Mereka menjalin persahabatan dengan hati-hati untuk melihat apakah orang lain setara dengannya, dan mereka lebih suka teman yang setia dan berbakti daripada punya banyak kenalan. Orang melankolis sempurna adalah orang yang idealis, serba teratur, dan punya tujuan.

Orang bijaksana menghindar apabila melihat bahaya, orang bodoh berjalan terus lalu tertimpa malapetaka

KOLERIS YANG KUAT
• Dilahirkan sebagai pemimpin. Orang koleris yang kuat akan memperlihatkan sikap mengambil pimpinan bahkan sejak masa kecil mereka.
• Sangat memerlukan perubahan. Orang koleris yang kuat serba memaksa dan mereka harus mengubah apa saja yang mereka lihat tidak pada tempatnya dan mengoreksi apa saja hal yang tidak benar yang diberlakukan terhadap orang yang tidak berdaya. Mereka dengan cepat bangkit untuk melakukan perjuangan dan kampanye dalam demi kebenaran. Mereka tidak pernah peduli atau masa bodoh tetapi penuh perhatian dan keyakinan.
• Berkemauan kuat dan tegas. Mereka mempunyai peranan yang berat dalam kehidupan. Mereka memiliki jawaban; mereka bisa tahu jawaban yang benar dan bisa membuat keputusan yang tepat. Tetapi mereka jarang populer karena sikap dan sifat mereka bisa membuat orang lain merasa tidak aman. Pada saat yang lain tidak bisa menetapkan pikiran, dengan cepat sang koleris bisa memutuskan dengan seketika. Mereka memecahkan masalah dan menghemat waktu.
• Bisa menjalankan apa saja. Satu kata praktis, mereka bisa menjalankan apa saja, terlepas apakah mereka memiliki pengetahuan akan hal tersebut atau tidak. Mereka secara alami melihat jawaban yang praktis terhadap masalah hidup dan tidak bisa membayangkan mengapa tidak ada orang lain yang memikirkan gagasan yang tepat.
• Berorientasi tujuan. Merka selalu lebih tertarik untuk mencapai tujuan daripada menyenangkan orang lain, ini adalah hal yang positif sekaligus negatif. Orang koleris yang kuat selalu melakukan pekerjaan secara lebih baik kalau mereka bisa menyingkirkan orang lain yang menghambatnya. Sekarang Shisio mau tanya, apakah kalian pernah mengalami dan berurusan dengan orang-orang seperti mereka? Kalau sudah, maka percayalah kalian sudah berhadapan dengan koleris yang kuat.
• Mengorganisasi dengan baik. Orang koleris yang kuat adalah ahli organisasi yang cepat dan praktis. Ketiga watak lainnya bisa bekerja sebagaimana mestinya kalau dipimpin dan diorganisir oleh seorang koleris.
• Mendelegasikan pekerjaan. Ketika mereka melihat sebuah tugas yang harus dikerjakan, maka otak cepat mereka akan langsung mengambil alih dan membagi-bagikan tugas kepada setiap orang yang ada karena bagi mereka adalah lebih berguna daripada hanya duduk berpangku tangan.
• Berkembang karena tantangan. Mereka bukan hanya suka mencapai tujuan, tapi mereka juga bisa berkembang karena tantangan. Katakanlah bahwa ada hal yang tidak bisa dilakukan, maka hal itu hanya semakin membangkitkan semangatnya. Ada alasan mengapa mereka bisa menjadi olahragawan yang profesional karena mereka sangat menyukai tantangan melakukan sesuatu yang berlawanan. Mereka tidak patah semangat karena kritik. Mereka mengarahkan tujuan dan berkembang karena ada tantangan.
• Tidak terlalu perlu teman. Tidak perlu dijelaskan lagi, bagi mereka hanya membuang-buang waktu dengan bergaul karena tidak menghasilkan apapun.
• Biasanya selalu benar. Entah kenapa, mereka selalu punya antena bawaan untuk mengindra situasi, dan mengumumkan bahwa hanya dia yang benar. Tapi banyak orang yang tidak selalu menghargai kemampuan mereka ini.
• Unggul dalam keadaan darurat. Ketika anda terkena bencana alam,jangan ikuti langkah plegmatis karena kau hanya akan berjalan di tempat. Jangan pula mengikuti seorang melankolis karena waktumu akan habis dalam perencanaan rute jalan keluar. Dan jangan ikuti seoran sanguin, karena kau hanya akan berteriak kesana-kemari tanpa tujuan. ikutilah komando seorang koleris karena mereka bisa memimpin anda ke arah yang benar menuju keselamatan.

Bangsa yang hancur jika tidak ada kepemimpinan, tapi dengan penasihat yang baik akan ada keselamatan

PLEGMATIS YANG DAMAI
• Serba guna. Orang plegmatis adalah orang yang paling mudah dari semua watak untuk diajak bergaul. Mereka bisa ditempatkan dimana saja, memberikan toleransi kepada jadwal yang fleksibel. Mereka mempunyai teman teman-teman tetapi merasa bahagia sendiri.
• Kepribadian yang rendah hati. Kepribadian yang rendah hati dan kelembutan orang plegmatis begitu menyenangkan sebagai teman dan memberi watak lain kualitas positif sebagai landasan kerja.
• Selalu santai. Mereka selalu menghadapi masalah dengan santai dan secara bertahap. Jadi jangan mimpi melihat mereka menghadapi masalah dengan muka mengkerut.
• Diam, tenang dan terkendali. Salah satu ciri khas mereka yang mengagumkan adalah kemampuannya untuk tetap tenang berada di pusat badai. Emosi tidak pernah menguasainya, kemarahan tidak memasuki hatinya. “Itu tidak layak diresahkan”. Ada salah seorang temanku yang berkata seperti ini, “Sangat susah untuk membuat Shisio marah meledak-ledak”.
• Bahagia menerima keadaan. Karena emosi bawaannya yang stabil, hal ini tidak akan membawa petaka baginya jika ada hal-hal yang tak diharapkan terjadi. Karena mereka tidak memulai sesuatu dengan harapan yang besar. Seperti kata Peterpan, “Apa yang terjadi, terjadilah”
• Punya kemampuan administrasi. Kemampuan orang plegmatis yang damai untuk menjalankan administrasi berdasarkan keinginannya untuk menyesuaikan diri dan bukan membuat perahu oleng. Bisa dikatakan bahwa mereka menjadi pemimpin karena mereka belajar dan menyesuaikan diri.
• Menengahi masalah. Dalam bidang apa saja pasti ada pergolakan. Sementara ketiga watak lainnnya memberontak, seorang plegmatis muncul untuk menenangkan keadaan. Hal ini penting sekali karena plegmatis selalu melihat dari dua sisi dan memberikan solusi yang tenang
• Mudah diajak bergaul. Mereka selalu punya banyak teman karena dia mudah diajak bergaul. Mereka punya lawan, tapi tidak pernah mempunyai satu musuhpun.
• Menjadi pendengar yang baik. Salah satu alasan mengapa plegmatis punya banyak teman adalah kemampuan mereka untuk menjadi pendengar yang baik. Karena mereka bisa duduk tenang dan diam mendengarkan anda berceloteh dan mencurahkan segala isi hati lalu setelah semua selesai, anda bisa berlalu begitu saja dari hadapan mereka sambil mengucapkan terima kasih. Shisio bisa tahan mendengar orang lain bercerita sambil sesekali berkata “oh ya?”, “benarkah”, dan kata-kata pendek lainnya. Karena ada keasyikan tersendiri mendengar orang lain bercerita, karena secara tidak langsung mereka sudah memberikan informasi tentang keberadaan hidup mereka, tentang cara pandang mereka, bahkan rahasia terdalam mereka.

Kata-kata yang baik menambah semangat, kata-kata yang menyakitkan melemahkan hasrat.

Ok! Itu dia keempat kepribadian yang bisa dijabarkan disini. Dalam diri seseorang bisa terdapat 2 kepribadian. Seperti Shisio yang mempunyai karakter Plegmatis-Sanguin dan ada sedikit tercampur melankolis di dalam diri Shisio. Tentunya untuk mengetahui hal tersebut ada tes kepribadian yang perlu diikuti supaya tahu watak dominan yang ada dalam diri sendiri.
Diharapkan dengan mengetahui ciri-ciri kepribadian diatas, maka kita bisa tahu bagaimana menghadapi orang dengan karakteristik tertentu.

Kalau isi dari thread ini berguna, berikanlah reppu untuk menambah semangat dalam membuat thread berikutnya.
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132

tiaseptiani: agungsuhada: unixco:
__________________
Size doesn't matter
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Personality Plus

dan setelah membacanya, tia masih bingung diri tia termasuk jenis yang mana... den shisio bisa menjelaskan yg lebih mudah? tia masih ga mudeng... >.<

btw nih reppu..... bair semangat menjelaskan lgike tia >.<
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Personality Plus

hahaha! lebih jelasnya tia harus ikut tesnya supaya tau ada di watak mana. nanti aku bikinin kuisnya
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Personality Plus

Kutip:
Oleh shisio View Post
hahaha! lebih jelasnya tia harus ikut tesnya supaya tau ada di watak mana. nanti aku bikinin kuisnya
asiik... kapan bikinnya? tia mau ikutan :3
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Personality Plus

nanti deh aku posting disini
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Personality Plus

kayaknya Kalin pernah tulis artikel kayak gini.. empat jenis kepribadian kalo gak salah.. tp apa ya judul threadnya? kalin lupa..
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Personality Plus

Kutip:
Oleh KalinaMaryadi View Post
kayaknya Kalin pernah tulis artikel kayak gini.. empat jenis kepribadian kalo gak salah.. tp apa ya judul threadnya? kalin lupa..
oh ya? tapi ga apa-apa deh, anggap aja penyempurnaan dari thread kalin.

bagi siapa yang ingin mengetahui kepribadiannya, dibawah ini shisio lampirkan kuisnya. silahkan donwnload link ini. shisio mau masukan disini, tapi karena terlalu panjang, maka shisio bikin aja file wordnya.

ganti ######### dengan media*ire (udah tau kan?mkok bisa, yang muncul tanda gituan?)
passwordnya adalah "nama user yang pertama komen di thread ini".
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132

__________________
Size doesn't matter





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Personality Plus

Kutip:
Oleh shisio View Post
bagi siapa yang ingin mengetahui kepribadiannya, dibawah ini shisio lampirkan kuisnya. silahkan donwnload link ini. shisio mau masukan disini, tapi karena terlalu panjang, maka shisio bikin aja file wordnya.

ganti ######### dengan media*ire (udah tau kan?mkok bisa, yang muncul tanda gituan?)
passwordnya adalah "nama user yang pertama komen di thread ini".

kalin lom ngerti.. -_-a
nama user pertama yang komen di thread ini.. ya Tia
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Personality Plus

nama usernya yang lengkap.
shisio
shisio shisio is offline
World Level

Post: 12.423
 
Reputasi: 132






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Personality Plus

ahay tiaseptiani wkwkwkwkw namaku dipake :v
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.766
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Gangguan Kepribadian (Personality Disorder) bla_bla_bla Psikologi & Self-Help 11


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.