apakah Organisasi Mahasiswa masih penting?

edili99

New member
Organisasi mahasiswa yang biasa disingkat ormawa (dikampus ane gitu) mungkin dikampus lain punya sebutan yang berbeda. biasanya terbagi menjadi 2, yaitu badan Legislatif dan badan Eksekutif.

kedua badan itu terdapat mulai tingkat jurusan, fakultas hingga universitas.
sebenernya peran ormawa itu apa? menurut saya lebih menekankan pada keberanian mengungkapkan pendapat didepan forum, merangkul bersama teman2nya yang memiliki idealis yang sama, dan politik pastinya.

banyak mahasiswa yang menginginkan menjabat sebagai ketua, dan yang saya sangat sayangkan ketika mereka menggunakan politik kotor pada saat2 menjelang hari2 pemilihan, dikampus saya malah sampai terjadi aksi penculikan. penculikan dilakukan kepada calon ketua dari asosiasi lain. btw asosiasi adalah 'partai' yang mengusung calon ketua untuk maju dalam pemilihan.

mirip demokrasi mini menurut saya gitu, ada legislatif dan eksekutif. tugasnya juga ga jauh beda sama yang ada di senayan.

keuntungan apa yang diperoleh mahasiswa yang terpilih menjadi ketua?
mereka sudah memiliki 'anggaran/jatah' dari kampus untuk digunakan sebagai biaya program kerja, misal: panitia ospek, studi banding (asli mirip bgt sama DPR RI)


besaran anggaran disesuaikan setiap 'jenjang' organisasi: jurusan, fakultas, universitas.
tingkat jurusan bisa memperoleh sekitar 50jt/tahun, fakultas 128jt/tahun, universitas malah tidak terbatas.

cara kerjanya gimana? mereka yang terpilih menjadi ketua beserta anggotanya menyusun program kerja (proker) untuk satu tahun kedepan dengan rincian biayanya sekaligus, yaaa.. proker nya macem2 sesuai dengan bidangnya. ada bidang agama, pendidikan, ekonomi, dll

yang paling menjengkelkan kalo udah ada studi banding,,, saya pernah ikut soalnya. cuma berkunjung ke UI, DPR, KPK, UNJ. hasilnya apa? gak ada perubahan tuh dikampus,, tetep aja kayak gitu. yang penting habis studi banding ada laporan, beres...

btw sekali studi banding yang saya ikuti memakan biaya 28jt untuk kurang lebih 50 mahasiswa. duit segitu gak ada perubahan dikampus,,, belom lagi proker2 yang lainnya...

menurut kalian? pentingkah organisasi mahasiswa di kampus? tolong disertakan alasannya, kita diskusikan disini..

maaf belepotan, ini thread pertama saya.
terima kasih
 
yosh... saya akan ikut komentar... walau saya sampai ikut pendidikan kuliah... mungkin perlu juga ya, karena dalam berorganisasi kita belajar untuk besosialisasi (kok jadi bahasa ficky -_-)
kalau ga ada organisasi, pasti akan selalu melakukan semua hal secara individu...

nah kan biaya anggarannya gede bgt tuh.. apa pengurusnya ga akan korupsi?? nah kembali ke pengurusnya lagi... harus bisa menggunakan dana itu se transparan mungkin... tanpa ada penyelewengan dana...
 
Back
Top