3 Laboratorium Terekstrim di Dunia

Status
Not open for further replies.

zackysetya

New member
Ilmu pengetahuan mahal harganya, maka dari itu para peneliti di seluruh dunia rela keluar dari zona nyaman dalam melakukan penelitian dan eksperimen dengan mendirikan laboratorium di daerah-daerah ekstrim mulai dari kutub, di bawah tanah hingga luar angkasa. Pelbagai kondisi dilakukan oleh para peneliti tersebut meski nyawa #######nya. Hal tersebut dilakukan demi memperoleh ilmu dan pembuktian untuk memahami alam semesta beserta isinya. Berikut 3 laboratorium paling ekstrem di muka bumi versi Puncak Dunia.

1. Altitude Laboratorium - Stasiun Luar Angkasa Internasional
Altitude-Laboratorium.jpg

Laboratorium ini lebih sering disebut International Space Station. Laboratorium ini diklaim sebagai laboratorium yang paling tinggi di jagad ini. International Space Station (ISS) berjalan mengelilingi bumi pada orbit dengan ketinggian 205-270 mil (330-435 km), melesat dengan kecepatan rata-rata 17.227 mph (27.724 km/jam). Stasiun ruang angkasa yang mengesankan ini memiliki ukuran 239 kaki (72,8 meter) dan panjang 356 kaki (108,5 meter) lebar.

Lab ini digunakan untuk pelbagai penelitian, termasuk biologi manusia, meteorologi, fisika, dan astronomi, yang memiliki gravitasi jauh lebih kecil dibandingkan di bumi. Hal ini membuat laboratorium harus diatur sedemikian rupa. Beberapa astronot dari 15 negara telah berkunjung ke lab ini sejak November 2000. ISS diperkirakan akan tetap bertahan sampai 2020, meskipun tetap bisa beroperasi sampai tahun 2028.


2. Laboratorium Bawah Tanah Terdalam di Dunia - SNOLAB, Sudbury, Ontario, Kanada.
Sno-Lab2.jpg

Sudbury Neutrino Observatory (SNOLAB) adalah laboratorium bawah tanah terdalam di dunia. Di bawah tanah, laboratorium ini meliputi 16.404 kaki persegi (5.000 meter persegi) ruang, sementara di atas tanah fasilitas luar biasa berada pada (10.170 kaki persegi) sebagai bangunan dukungan sebanyak 3.100. Lab ini terletak di bawah tambang nikel dengan kedalaman 2 km. Luasnya juga tak tanggung-tanggung yaitu 5000 meter persegi.

Seperti IceCube, Neutrino Observatory Sudbury (SNOLAB) di Ontario, Kanada
mengamati fenomena angkasa jauh di bawah permukaan bumi. Penelitian di SNOLAB berfokus pada fisika astroparticle, termasuk pencarian kosmik materi gelap, neutrino matahari rendah energi dan supernova pencarian neutrino. Namun, para ilmuwan dari berbagai bidang lainnya, termasuk geofisika dan seismologi, juga menyatakan minatnya untuk bekerja di fasilitas ini sebab dapat berguna untuk para peneliti biologi tanah.


3. Laboratorium Fisika Terbesar di Dunia - CERN, Jenewa, Swiss dan Perancis
CERN2-e1376295067783.jpg

Terletak dekat dengan Jenewa, laboratorium dari Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) mencakup lebih dari 100 hektar (250 hektar) dari Swiss dan lebih dari 450 hektar (1.125 hektar) dari Perancis. CERN merupakan laboratorium yang masih akan terus berkembang. Large Hadron Collider itu sendiri bertempat di sebuah terowongan 492 kaki (150 meter) di bawah tanah yang membentang 17 mil (27 kilometer), dan ada rencana untuk membangun terowongan lain yang akan menjadi tiga kali ukuran ini. Hal ini dilakukan mengingat fakta bahwa penelitian yang dilakukan di fasilitas ini bertujuan untuk mengungkap petunjuk tentang sifat alam semesta itu sendiri, skala besar yang mungkin diterapkan.

CERN didirikan dengan tujuan mendukung kolaborasi antara ilmuwan dari negara yang berbeda. Saat ini, sebanyak 10.000 ilmuwan dan insinyur dari 113 negara yang berbeda menggunakan fasilitas tersebut. Selain itu laboratorium ini mempekerjakan hampir 2.400 staf secara fulltime dan 1.500 karyawan paruh waktu. Sejak didirikan pada tahun 1954, laboratorium ini sangat penting dan bahkan menjadi pemenang Penghargaan Hadiah Nobel dengan penemuan yang telah dibuat di pusat penelitian. Laboratorium ini juga bertanggung jawab pada perkembangan teknologi penting seperti World Wide Web.
http://www.puncakdunia.com/3-laboratorium-terekstrim-di-dunia.html


References:
http://edition.cnn.com/2013/10/22/world/international-space-station-fast-facts/
http://www.techgraffiti.com/7-most-extreme-laboratories-on-earth
http://en.wikipedia.org/wiki/CERN
http://home.web.cern.ch/about
http://www.neatorama.com/2013/08/26/7-Most-Extreme-Laboratories-on-Earth/
http://www.nasa.gov/mission_pages/station/main/
http://sciencefocus.com/feature/environment/worlds-most-extreme-science-labs
http://en.paperblog.com/7-most-extreme-laboratories-on-earth-629388/
http://www.livescience.com/37899-most-extreme-laboratories.html
http://www.gomuda.com/2013/09/7-laboratorium-paling-ekstrim-di-bumi.html
http://home.web.cern.ch/about/physics
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top