Tips Mengasuh Bayi Umur 0-6 Bulan

mpokbibah

New member
Bagi para bunda yang baru saja melahirkan dan belum pernah memiliki ataupun mengurus bayi sebelumnya, maka aku punya tips kehamilan nih. Yaitu tips merawat bayi umur 0-6 bulan.

Simak dibawah ini ya bun:

Memandikan bayi

1. Menyiapkan perlatan sebelum mandi (seperti sabun, sampo dan lain-lain) dan sesudah mandi (seperti handuk, pakaian, bedak dan sebagainya) sang bayi.

2. Suhu air hangat yang dipakai untuk memandikan bayi sebaiknya sekitar 29.5 C, dengan ketinggian air antara 5-8 cm.

3. Untuk lebih baiknya memandikan bayi dilakukan di dalam ruangan yang tidak dingin dan tidak berangin.

4. Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di dalam bak mandinya.

5. Sediakan mainan seperti bebek-bebek plastik agar membuat bayi merasa senang. Perhatikan mainan tersebut tidak memiliki sisi yang tajam untuk keamanan kulit bayi.

6. Sesudah mandi, gunakanlah handuk yang lembut untuk mengusap tubuh dan rambut bayi hingga benar-benar kering. Lakukan pengeringan tersebut dengan perlahan.

7. Lalu, berikanlah minyak telon ke tubuh bayi agar dia merasa hangat dan nyaman kembali.

Merawat tali pusar

Pertama-tama, lepaskan perban yang membungkus tali pusar, lalu bersihkan sekeliling pangkal tali pusar dengan cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam larutan alkohol 70% terlebih dahulu. Setelah dibersihkan, lilit kembali tali pusar dengan kasa steril yang juga sudah dicelupkan ke dalam larutan alkohol 70% terlebih dahulu.

Membersihkan mata

Bersihkan mata bayi dengan kapas gulung yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gerakkan kapas dari arah dalam ke ujung luar. Namun gunakan kapas yang berbeda untuk setiap mata.

Membersihkan telinga

Basahi cotton bud dengan baby oil terlebih dahulu. Usapkan pada daun telinga bagian depan dan belakang. Lalu keringkan dengan lembut.

Membersihkan gigi dan gusi

Gunakan kain atau kasa steril basah untuk membersihkannya setiap hari, meskipun bayi belum memiliki gigi.

Membersihkan hidung

Celupkan cotton bud ke dalam air hangat. Putar dengan lembut hidung bayi, tapi jangan terlalu masuk ke dalam.

Membersihkan alat kelamin

1. Bayi laki-laki: bersihkan alat kelaminnya dan sekitarnya dengan kapas basah sampai bagian anus. Bersihkan mulai dari bawah hingga atas alat kelamin dengan menariknya secara perlahan-lahan. Dan lakukan satu arah.

2. Bayi perempuan: bersihkan daerah lipatan di sekitar alat kelamin dan pangkal paha dengan kapas basah. Lakukan dari daerah tersebut sampai ke arah anus.

Selalu keringkan setelah membersihkan bagian ini. Pastikan anak merasa nyaman dan tenang.
Semoga bermanfaat ya, bunda :)
 
yang tia tau kalau belum 6 bulan, anak cukup dikasih ASI den, kalau sudah 6 bulan keatas baru dikasih pisang :D

tergantung kebiasaan masyarakat setempat. Umumnya di daerah papua anak umur 3 bulan udah d beri makan pisang. Pisang Anis masyarakat lokal menyebutnya.
 
Back
Top