Sembuhkan penyakit tanpa obat, hanya dengan mengetahui makanan pantangan & yang dianjurkan!Masuk!

cpdh... orang sehat semua potikku bangkrut lah! siap2 ganti job nih...

- n1 -
lama2 dik TIA jadi dokter ajaib .. *peace* canda!
 
paru-paru, akibat merokok

Apa Saja Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Paru-paru?

Sayuran >> Usahakanlah agar anda untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya nutrisi, minimal lima porsi sehari. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan kesehatan paru-paru secara khusus dan kesehatan tubuh secara umum.

Apel dan tomat >> Pada BuahApel dan tomat memiliki potentsi terbesar untuk melindungi paru-paru Anda dari polutan asap tembakau dan racun udara lainnya. Kedua “superfood” ini mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi paru-paru, mengurangi mengi, dan membantu penderita asma bernapas lebih mudah.

Kedelai >> Produk-produk berbahan dasar kedelai contohnya seperti tahu, tempe, dan susu kedelai juga diakui sangat bermanfaat untuk selalu meningkatkan kesehatan paru-paru anda.

Sereal dan roti gandum >> Sereal dan roti gandum serta produk lain yang tinggi serat berpotensi memiliki kemampuan menjaga kesehatan paru-paru.

Sushi Ikan >> Adalah makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Jepang.Menurut penelitian di Jepang, orang yang gemar makan ikan segar (terutama sushi) cenderung memiliki paru-paru yang sehat.

Konsumsi vitamin A, C, dan E >> Calcitriol, bentuk vitamin D-3 yang disintesis dalam tubuh merupakan sebuah anti inflamasi yang dapat melindungi fungsi paru-paru. Vitamin A membantu menyembuhkan gangguan paru-paru, konsumsi wortel merupakan sumber terbaik vitamin A. Suplementasi Vitamin C dan E jika Anda sulit mendapatkan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari.



Makanan yang harus dihindari

Makanan yang dapat menghasilkan gas dapat menyebabkan masalah seperti perut kembung, selain itu juga hindari makanan berlemak atau yang bernutrisi rendah antara lain :

Garam

Terlalu banyak garam dalam makanan dapat membuat Anda menjadi kekurangan air sehingga mempengaruhi kemampuan Anda bernafas. Sebaliknya gunakan bumbu yang sedikit garam atau tampa garam untuk menyedapkan makanan Anda. Juga pastikan Anda memeriksa label makanan kemasan saat membelinya, hindari yang mengandung lebih dari 300 gram sodium per porsi.

Buah-buahan

Apel, alpukat dan melon dapat menyebabkan perut kembung, hal ini memicu sesak nafas bagi penderita paru-paru. Jadi perlu diwaspadai.

Beberapa sayuran

Ada daftar panjang sayuran yang dapat menyebabkan gas, namun juga bergantung bagaimana tubuh Anda memprosesnya. Beberapa yang biasanya menyebabkan gas adalah kacang-kacangan, kubis, kembang kol, jagung, daun bawang, bawang, kacang polong, paprika, dan juga kedelai.

Produk susuBeberapa produk susu biasanya dapat memperparah batuk berdahak seperti keju. Namun jika Anda tidak alergi terhadap produk susu tetap bisa mengkonsumsinya.

Coklat

Karena coklat mengandung kafein, maka produk yang menganduk coklat dapat mengganggu dampak obat yang Anda minum. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda apakah harus dihindari atau kurangi jumlahnya.

Makanan yang digoreng

Goreng-gorengan atau berminyak dapat menyebabkan gas dan juga mengganggu pencernaan. Hindari makanan jenis ini sebisa mungkin.


sumber :
bestagaric.com
jawaban.com
 
Darah Tinggi

Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Menderita penyakit tertentu memang sering mengharuskan Anda menghindari makanan-makanan tertentu, termasuk jika Anda terkena penyakit darah tinggi.

Bagi penderita darah tinggi, ada beberapa zat makanan yang menjadi pantangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik pola makan Anda, jangan sampai melanggar pantangan.

Makanan berlemak jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan, apalagi bagi penderita darah tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh darah sehingga darah menjadi mudah menggumpal.

Karbohidrat sederhana juga menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi. Karbohidrat sederhana dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dan insulin dalam darah secara drastis.

Hal itu dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Karbohidrat sederhana terdapat dalam roti putih, nasi, kentang, dan gula-gula. Selanjutnya, protein tinggi lemak pun merupakan pantangan bagi darah tinggi.

Dalam diet sehari-hari, protein merupakan komponen penting untuk perbaikan serta pembentukan sel-sel tubuh. Akan tetapi, yang perlu Anda waspadai jika protein tersebut tinggi lemak jenuh.

Makanya, pantang bagi Anda mengonsumsi daging merah, seafood selain ikan, makanan tinggi lemak, daging ayam berkulit, daging babi, serta kuning telur.

Pantangan lain yang tentunya sudah sering kita ketahui adalah makanan tinggi kadar garam. Total asupan sodium bagi harus dibatasi maksimal 2.400 mg per hari atau satu sendok teh.

Makanan olahan biasanya mengandung kadar sodium tinggi. Hindari sayuran-sayuran kering, snack, terutama keripik dan kue asin, kecap dan bumbu salad, dan sejenisnya.

Hindari alkohol. Jika Anda peminum berat namun menderita tekanan darah tinggi, waspadalah. Alkohol adalah salah satu pantangan wajib untuk darah tinggi. Alkohol meningkatkan tekanan darah, lalu merusak dinding pembuluh darah.

Dalam tahap kecanduan, kemungkinan besar dapat terjadi komplikasi serius lainnya. Kurangi kafein. Kafein juga merupakan pantangan bagi tekanan darah tinggi. Kopi misalnya, bisa bermanfaat menstabilkan tekanan darah namun dalam kadar yang berlebihan (lebih dari sama dengan lima gelas sehari) dapat memperparah tekanan darah tinggi.

Musuh utama tekanan darah tinggi lainnya yaitu kolesterol. Tubuh mengandung dua tipe kolesterol, low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL disebut juga kolesterol jahat, dapat menyumbat pembuluh arteri, sedangkan HDL mencegah terjadinya penyumbatan.

Tubuh dapat menghasilkan LDL dengan sendirinya, jadi Anda tidak perlu mengonsumsi lemak hewan yang akan menambah LDL. Pola diet serta berat badan Anda juga akan mempengaruhi tipe lemak lain dalam darah yaitu trigliserida.

Lemak ini dapat memicu penyumbatan pembuluh darah yang dapat memperparah tekanan darah tinggi. Mengonsumsi gula dan alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar trigliserida.

Memang, nampaknya sebagian besar makanan yang enak dan merupakan favorit Anda sehari-hari malah menjadi pantangan. Namun, masih banyak bahan makanan sehat lain yang juga tidak kalah enaknya, jika dimasak sekreatif mungkin.

Jika Anda tidak dapat menghentikan konsumsi makanan pantangan sekaligus, maka ada baiknya dilakukan secara bertahap. Tentu saja lebih baik lagi dilakukan dibawah pengawasan dokter atau orang yang biasa merawat Anda.

7 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi (HTN) merupakan masalah kesehatan yang bisa menimbulkan masalah lain jika tidak segera diatasi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, penyakit finja, penyakit arteri, dll. Padahal pada umumnya penyebab darah tinggi sulit diketahui secara medis. Biasanya manusia baru sadar ketika dirinya melakukan tes tekanan darah. Sangat disarankan untuk segera memeriksakan dan kosnultasikan ke dokter ketika tekanan darah kamu berada di atas tekanan darah normal.

Gaya hidup dan faktor makanan sangat berpengaruh terhadap tingkat tekanan darah. Berberapa jenis makanan membantu mengontrol tekanan darah dan bahkan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Berikut adalah aneka sumber makanan penurun darah tinggi:

Makanan Penurun Darah Tinggi

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan aset untuk untuk kesehatan. Bayam dan ketumbar sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Bayan dan daun ketumbar merupakan sumber kalium, sehingga kehadirannya merupakan penurun tekanan darah tinggi. Daun seledri juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.

2. Susu skim

Susu skim adalah susu bebas lemak yang merupakan sumber dari kalsium dan vitamin D. Kehadiran kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah. Sebaliknya jika kekurangan akan berdampak pada hipertensi.

3. Tomat

Jika dikonsumsi secara teratur, tomat akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat. Tomat kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Nutrisi ini penting untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

4. Bawang merah dan bawang putih

Satu siung bawan putih mentah dapat memberikan keajaiban. Bawang membantu dalam mencegah pembekuan darah dan penebalan darah merah. Bawang juga merupakan obat alami dalam menahan efek buruk yang disebabkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga membantu dalam menghilangkan sumbatan di jantung.

5. Gandum

Gantilah sarapan kamu dengan roti yang terbuat dari gandum murni. Gandum merupakan sahabat untuk penderita hipertensi. Konsumsi gandum secara teratur, efektif dalam menurunkan darah tinggi.

6. Makanan yang kurang asin dan kurang pedas

Makanan yang asin-asin harus dihindari ketika kamu sedang mengalami darah tinggi. Yodium merupakan elemen yang menyebakan peningkatan tekanan darah di arteri. Natrium adalah bahan utama dari garam dan sangat disaran mengkonsumsi makan yang kurang asin untuk menurunkan tekanan darah. Makanan pedas juga dapat menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

7. Buah-buahan

Buah-buahan segar merupakan sumber makanan penurun darah tinggi yang alami. Buah-buahan mengandung berbagai mineral penting dan vitamin yang membantu dalam menurunkan darah tinggi.

Selain 7 makanan diatas, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat dan sayuran coklat gelap juga merupakan makanan penurun darah tinggi. Pastikan juga tubuh memproleh kebutuhan zat cair dengan minum air putih setidaknya 6 sampai 8 gelas sehari


Sumber : Facebook & deherba.com
 
TIPES

Pantangan Makanan Penyakit Tipes

Tidak merangsang saluran cerna dan untuk membatasi volume feses adalah tujuan dari diet. Diet rendah serta juga bertujuan untuk memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi pada penderita tipes. Berikut ada info tentang Pantangan Penyakit Tipes.

Bahan makanan yang dianjurkan adalah :


1. Beras dibubur atau ditim, roti bakar, kentang rebus, tepung-tepungan dibuat bubur atau dibuat puding.

2. Daging empuk, hati, ayam, iakn direbus, ditumis, dikukus, diungkep, dipanggang, telur direbus,ditim,atau dicampur dalam makanan dan minuman, susu maksimal 2 gelas per hari.

3. Tahu, tempe ditim, direbus, ditumis, susu kedelai. Sayuran yang berserat rendah dan sedang seperti kacang panjang, buncis muda, bayam, labu siam, tomat masak, wortel direbus, dikukus, ditumis.

4. Semua sari buah : buah segar yang matang (tanpa kulit dan biji) dan tidak banyak menimbulkan gas, seperti : pepaya pisang ,jeruk, alpukat dan nanas.

5. Margarin, mentega, dan minyak dalam jumlah terbatas untuk mengoles dan menumis.

6. Teh encer dan sirup.

Pantangan Penyakit Tipes atau Bahan makanan yang tidak dianjurkan :

1. Beras ketan, beras tumbuk/merah, jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue-kue lain yang manis dan gurih. Ini adalah salah satu Pantangan Makanan Penyakit Tipes.

2. Daging berserat kasar, ikan dan ayam yang diawetkan, daging babi, telur mata sapi, telur dadar.

3. Kacang merah serta kacang-kacang seperti kacang tanah, kacanh hijau dan kacang kedelai.

4. Sayuran yang berserat tinggi seperti daun singkong ,daun katuk, daun pepaya, pare serta semua sayuran yang dimakan mentah.

5. Buah-buahan yang dimakan dengan kulit seperti apel, jambu biji dan pir.

6. Kopi dan teh kental, minuman yang mengandung sida dan alkohol juga menjadi Pantangan Makanan Penyakit Tipes.

Sumber : http://pantanganpenyakittipes.blogspot.com
 
ada yang untuk paru2 kering bu, apa ya makanan pantangan & yang disaranin?
batuk paru-paru kering dengan Batuk tidak berdahak itu sama atau tidak ya? kalau sama ini saya ada infonya

Yang Dilarang

- Makanan Berminyak
- Permen
- Minuman dingin
- Es Krim
- Merokok



Makanan yang baik bagi penderita Batuk, Flu dan pilek


Selain minum obat, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa kita konsumsi untuk menyembuhkan batuk pilek.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu dan batuk. Pengolahan bawang putih caranya sederhana yaitu dengan kupas bawang, potong dan biarkan 15-20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.
Jahe
Sejak dahulu jahe diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai pilek. Parutlah jahe, lalu masukkan dalam air hangat, dan tambahkan sedikit gula jawa.
Bayam
Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati flu karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh untuk memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan masih banyak lagi zat gizi yang terkandung dalam bayam. Bayam jangan dimasak terlalu lama karna zat gizinya akan hilang.
Teh Hijau
Dua zat utama dalam teh hijau mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yaitu catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.
Buah yang Mengandung Vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Buah yang banyak mengandung vitamin C di antaranya adalah jeruk, pepaya, strawberry, dan lainnya.
Air Garam
Garam meja dapat menjadi obat saat terkena pilek karena cuaca. Efek dehidrasi dari garam dapat mengeluarkan cairan berlebih yang membuat tenggorokan bengkak sekaligus mematikan kuman.
Saat merasa tenggorokan tidak enak atau berdahak, buatlah larutan garam dengan air hangat, dan kumur tiga kali sehari. Rasanya memang tidak terlalu enak, tapi efeknya cepat dan sangat membantu mengobati gejala pilek.
Sup Ayam
Sup ayam adalah #####ilin alami yang memiliki kemampuan menyembuhkan batuk pilek. Sup ayam hangat membantu melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat dan kaldunya memberi kita lebih banyak energi. Pastikan sup ayam yang kita makan mengandung banyak sayuran.


sumber : resepbunda.biz
 
klo sesek nafas apa ia?tapi bukan asma,,,karna detak jantungnya kecepetan,,ia kecepatan detak jantungnya lebih cepet dari detak jantung yg normal,,
 
Back
Top