Ilmuwan wujudkan jubah penghilang ala Harry Potter

Status
Not open for further replies.

godongtelo

New member
wah hebat hebat sesuatu yg dianggap tidak mungkin diciptakan, tyernyata bisa juga diciptakan

LENSAINDONESIA.COM: Bagi para penggemar film Harry Potter tentu tidak asing dengan jubah penghilang yang dipakai Harry Potter untuk berkeliaran di sekolah sihir. Ternyata, jubah penghilang itu bukanlah fiksi belaka.

Para ilmuwan bidang fisika di Amerika Serikat kini telah mengembangkan jubah penghilang itu. Jubah penghilang ini memanfaatkan frekuensi broadband untuk menyembunyikan benda atau tubuh manusia sekalipun.

Dalam jurnal Physical Review Letters, para ahli fisika AS menyatakan bahwa jubah penghilang ajaib ini hanya bisa menyembunyikan benda dalam jangkauan panjang gelombang cahaya tertentu atau gelombang mikro. Sedangkan dalam frekuensi lain, jubah penghilang justru akan membuat sebuah benda tampak semakin jelas.

Solusi mereka adalah sistem elektronik super tipis. “Jubah aktif kami adalah konsep dan rancangan baru yang bertujuan menerobos batasan-batasan jubah penghilang yang ada sekarang dan kami menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan,” kata Prof Andrea Alu, dari Universitas Texas di Austin.

“Jika Anda ingin membuat sebuah obyek transparan di semua sudut dalam frekuensi broadband, ini adalah solusi yang baik. Kami berusaha mewujudkan teknologi itu tapi saat ini kami masih dalam tahap awal,” beber Andrea Alu.

Model pertama jubah penghilang ini dibuat para ilmuwan pada 2006 dan berhasil menghilangkan silinder tembaga kecil dengan cara membengkokkan gelombang mikro di sekitarnya.

Jubah penghilang ini dibuat dari cangkang tipis materi meta, yaitu komposit buatan yang strukturnya memungkinkan terbentuknya properti yang tidak ada di alam. Materi penghilang ini sangat berguna untuk kepentingan militer, mikroskopi, biomedis dan penghasil energi.

http://www.lensaindonesia.com/2013/11/12/ilmuwan-wujudkan-jubah-penghilang-ala-harry-potter.html

bisa bisa di masa depan planet aja bisa dibikin sama manusia gan
 
otak manusia sangat cerdas ya, yang awalnya hanya ada dalam cerita, mereka mengembangkannya dalam dunia nyata hahaha semangat terus para ilmuwan >.<
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top