10 Tips Membuat Film Pendek Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > TV & Film
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

10 Tips Membuat Film Pendek

Membuat film kita lebih OK!.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam membuat film pendek. Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan diuraikan ini, maka kita dapat mengurangi beberapa hal yang tidak seharusnya kita lakukan. Meskipun begitu, ini merupakan saran-saran saja, dan dapat dikembangkan berdasarkan keahlian dan pengalaman. Take a look..
1. Apakah film Anda layak ditonton
Sebelum semuanya dimulai, maka selayaknya kita bertanya: apakah semua orang pasti menonton film yang akan kita buat ?. Jawabnya, No!. Artinya tidak semua orang ‘pasti’ akan menonton film kita. Sebelum menulis skenarionya, mari tanyakan kepada diri sendiri terlebih dahulu; mengapa orang harus menonton film yang akan kita buat.

2. Jangan mulai produksi tanpa adanya budget
Film, meskipun sederhana sangat membutuhkan biaya!. Besar biaya memang tidak terbatas, bisa besar bisa kecil. Dengan membuat prakiraan biaya (budget), maka kita akan lebih tahu apa yang harus kita lakukan dengan uang yang dimiliki. Produksi tanpa budget menyebabkan rencana-rencana tidak bisa diprediksi. Apalagi jika uang yang tersedia tidak mencukupi, bisa-bisa film yang sedang dikerjakan tidak selesai-selesai.
3. Minta persetujuan pihak-pihak yang terlibat
Sebelum shooting dilakukan, ada baiknya meminta persetujuan tertulis dari pihak-pihak yang terlibat didalam film, seperti aktor/aktris, music director, artwork, sponsor, atau siapa saja yang ingin berkontribusi. Bereskan dulu semua ini!. Karena kalau memintanya saat shooting dimulai, maka ‘kemangkiran-kemangkiran’ dari pihak-pihak tersebut akan terasa sulit dimintakan pertanggung jawabannya. Maka, do it Now!.

4. Buatlah film pendek memang pendek!
Penulis naskah dan/atau sutradara harus bisa memenuhi standar yang menyatakan bahwa sebuah film adalah film pendek. Bertele-tele dalam penyajiannya akan membuat penonton bosan. Jika itu film pendek..maka harus pendek. Meskipun sulit, tapi memang harus begitu. Standar film pendek adalah maksimal berdurasi 30 menit!.
5. Jika memakai aktor yang tidak professional, maka lakukan casting
Tidak lepas kemungkinan film pendek dibintangi oleh aktor/aktris yang tidak professional (amatir). Ini sih wajar-wajar saja. Apalagi mereka (mungkin) tidak dibayar. Tapi untuk memilih karakter-karakter pemain yang sesuai, wajib melakukan pemilihan peran (casting). Jangan memilih orang sembarangan apalagi casting baru akan lakukan beberapa saat menjelang shooting. Berbahaya!.
6. Tata suara sebaik-baiknya
Tata suara yang buruk pada kebanyakan film pendek (meskipun memiliki konsep cerita menarik) menyebabkan tidak nyaman ditonton. Gunakan perangkat pendukung tata suara seperti boom mike untuk mendapatkan hasil yang baik. Kalau gak punya, beli atau pinjam aja…
7. Yakin OK saat shooting, jangan mengandalkan post-production
Saat ini semua film kebanyakan dikerjakan dengan kamera digital. Maka tidak sulit untuk memeriksa apakah semua hasil shooting sudah memenuhi sarat atau belum dengan melakukan playback. Periksa semua! frame dialog, tata suara, pencahayaan atau apa saja. Apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diinginkan ?. Sangat penting; periksa setelah shooting, bukan pada saat paska produksi.
8. Hindari pemakaian zoom saat shooting
Kameraman yang baik adalah yang bisa mengurangi zooming. Kecuali bisa dilakukan dengan sebaik mungkin. Mendapatkan gambar lebih dekat ke objek sangat baik menggunakan dolly, camera glider, atau lakukan cut and shoot!.

9. Hindari pemakaian efek yang tidak perlu
Sebuah film pendek banyak mengandalkan efek-efek seperti; memulai film dengan alarm hitungan mundur (ringing alarm clock), transisi yang berlebihan seperti dissolves/wipe, dan credit titles yang panjang. Pikirkan dengan baik, apakah hal-hal ini perlu ditampilkan atau tidak. Pilihan yang sangat bijak jika semua itu tidak terlalu berlebihan.
10. Hindari shooting malam di luar ruang
Suasana gelap adalah musuh utama kamera (camcorder). Pengambilan gambar diluar ruang pada malam hari sangat membutuhkan cahaya. Apabila tidak menggunakan lighting yang cukup maka hasilnya akan jelek sekali. Meskipun dapat melakukan color correction pada saat editing, tapi sudah pasti dapat menyebabkan noise dan kualitas gambar menjadi drop. Paling baik adalah merubah skenario menjadi suasana siang hari. Tidak akan mengganggu cerita toh?.

(Dari berbagai sumber)
eddy_irwan
Village Level

Post: 77
 
Reputasi: 0

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

butuh bantuan nih...saya nyari contoh skenario film pendek
tolong dong sapa aja
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

Minta contoh skenario dong,buat pel b.indo.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

yang saya minta adalah hasilnya bukan omongan semata
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

hmm menarik juga nich....
bmehk
City Level

Post: 101
 





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

susah juga yak ternyata T_T
deshita
City Level

Post: 112
 
Reputasi: 1

__________________
Paket Tour Tahun Baru Dubai





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

3. Minta persetujuan pihak-pihak yang terlibat - ada baiknya unjuk satu/dua orang buat urusin soal beginian, buat nyari lokasi, buat minta permit & ijin2.

5. Jika memakai aktor yang tidak professional, maka lakukan casting - mau pro ato enggak casting tetep butuh banget, belon tentu yang pro juga pas kan.

7. Yakin OK saat shooting, jangan mengandalkan post-production makanya a good D.O.P tuh penting banget... plus reference monitor juga Kalo perlu perbaikan, jangan ragu2 buat re-shoot juga.

Tambahan gw sih, production manager buat make sure semuanya jalan sesuai jadwal juga butuh banget, bikinlah schedule, roster, dll jadi jelas lokasi di mana, perlu ketemu di mana jam brapa, kru-nya sapa aja, kebutuhan equipment apa aja, kan ga semua orang perlu di lokasi yang sama. Bisa aja satu unit syuting, yang satu lagi foley, yang satu lagi prep lokasi lanjutnya, sedangkan yang laen ngerjain post-production, dll (listnya panjang).

Dan yang jangan dilupakan dan sangat amat penting... katering... kasih tanggung jawab buat urusin makanan ke satu orang buat urusin jadi kru dan cast gak kelaperan.

Satu lagi, have 1 or 2 people to make executive decisions, jadi gak ribet kebanyakan orang yang in charge tar diskusi melulu dan decisionnya ga kesampean.
lethal_lady
City Level

Post: 184
 
Reputasi: 16

__________________
Veni, vidi, vici - Julius Caesar





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: 10 Tips Membuat Film Pendek

wah tips yang menarik den
tiaseptiani
Staff

Post: 19.058
 
Reputasi: 188

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Jokes pendek - cerita lucu pendek indonesiaindonesia Humor 19
Indonesia Akt: Asha Syara KalinaMaryadi Artis & Infotainment 4
Do'a Pendek eddy_irwan Islam 2
Tips Membuat Surat Lamaran yang Baik andree_erlangga Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 1
Mengenakan Pakaian Yang Pendek dan Tipis T-Rex Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.