Berbagai Keajaiban Alam Di Negara Indonesia

johnnypetot

New member
Tahukah kamu bahwa negara kita, Indonesia, menyimpan berbagai keajaiban alam yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya? Nah, untuk lebih jelasnya, silakan cek fakta-faktanya di bawah ini:

1. Ubur-Ubur Raksasa di Danau Kakaban

Danau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini unik karena di dalamnya terdapat ubur-ubur terbesar di dunia. Ubur-ubur tersebut pun berbeda dari yang biasanya karena tidak menyengat. Selain itu, banyak juga tumbuhan endemik di dalam Danau Kakaban ini.

2. Ada Garam di Ketinggian 4.200 Mpdl

Ya benar, di ketinggian tersebut terdapat garam yang mengandung yodium tingkat tinggi, tepatnya di Gunung Krayan yang berlokasi di Kalimantan Timur juga. Berasal dari air sumur yang direbus selama satu malam, lalu garam yang sudah basah berupa butiran kristal dimasukkan ke dalam batang bumbu dan dibakar sampai bambunya habis terbakar. Nah, dari sisa pembakaran tersebutlah garam tersebut berasal.

3. Pantai Pink

Ada dua pantai yang pasirnya berwarna pink di Indonesia, yaitu di Lombok dan Flores. Pada dasarnya, warna pink yang tercipta di pantai tersebut merupakan butiran merah yang berasal dari karang yang telah terkikis air dan waktu. Cobalah datang saat siang hari di saat-saat warna merah mudanya begitu terlihat sangat terang.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo yang terdapat di Nusa Tenggara Timur memang sudah menjadi fenomena sendiri di Indonesia, bahkan di dunia. Masalahnya, tidak ada binatang seperti komodo ini di negara lainnya selain Indonesia! UNESCO pun telah memasukkan Pulau Komodo ini sebagai salah satu warisan dunia dan pulau ini juga masuk ke dalam New 7 Wonders of Nature.

5. Danau Kelimutu, Danau dengan Tiga Warna

Danau yang sudah melegenda karena keajaiban warna airnya yang bisa berubah-ubah warnanya. Warnanya sekarang memiliki tiga warna, yaitu hitam, biru tua, dan biru, dan masih bisa berubah-ubah ke warna lainnya. Bisa dari merah menjadi warna hijau, atau warna hijau menjadi putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral, lumut, dan batu-batuan yang terdapat di dalam kawah tersebut serta pengaruh dari cahaya matahari.

6. Ada Salju di Indonesia

Ya benar, salju tidak hanya terdapat di Eropa atau Amerika saja, tetapi ada juga di Indonesia, tepatnya di Puncak Cartenz, Pegunungan Sudirman, Kabupaten Jayawijaya, Papua dan Kabupaten Fak-Fak, Papua Barat. Pastinya kamu harus menempuh jarak yang sangat panjang untuk dapat melihat salju tersebut di atas ketinggian 4.884 mdpl dan suhu 0 derajat celcius.

Keren kan? :)

Sumber
 
Back
Top