Korupsi, Sebuah Bencana Besar Bangsa Indonesia

zackysetya

New member
Siapa yang tak jengkel mendengar kasus korupsi yang sering dilakukan oleh para pejabat di Indonesia? Korupsi adalah bencana terbesar bangsa ini. Meski sebagian besar para koruptor sering mengucapkan bahwa mereka sangat peduli masyarakat dan cinta tanah air. Semua itu tidak sesuai kenyataan. Korupsi adalah perbuatan buruk yang telah mengakar di negara Indonesia yang sulit diberantas. Tindakan tidak terpuji ini dapat mengganggu dan berdampak dalam semua segi kehidupan manusia. Korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Jika dipandang dari sudut pandang hukum, tindak pidana korupsi secara garis besar mencakup unsur-unsur perbuatan melawan hukum. Misalnya seperti penyalahgunaan kewenangan, kesempatan, atau sarana; memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi; merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Selain itu terdapat beberapa jenis tindak pidana korupsi yang lain, di antaranya memberi atau menerima hadiah atau janji (penyuapan), penggelapan dalam jabatan, pemerasan dalam jabatan, ikut serta dalam pengadaan (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara) atau menerima gratifikasi (bagi pegawai negeri/penyelenggara negara).

Secara luas, korupsi adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Jika diamata, semua bentuk pemerintahan di Indonesia memang rentan korupsi dalam prakteknya. Adapun beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan seperti bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik pangkal permasalahan korupsi sebenarnya adalah kleptokrasi. Kleptokrasi secara harafiah berarti pemerintahan oleh para pencuri.

Di negara tercinta ini, korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, terorganisasi maupun tidak. Apalagi jika hukum lemah, perbuatan ini seakan semakin meluas. Para pelaku korupsi pun seakan tidak takut pada hukum. Akibatnya, bukannya berkurang namun korupsi justru makin merajalela. Selain merugikan negara, dampak akhir dari perbuatan itu adalah kesengsaraan rakyat. Sungguh ironis perilaku korup di negara Indonesia yang sedang berkembang ini.

Makin ironis karena puluhan bahkan ratusan profesi pemerintahan yang rentan korup ini banyak diminati masyarakat. Sangat sedikit pejabat yang memiliki moral anti korup. Jika Anda berminat menjadi PNS/abdi negara, semoga tidak ada niat untuk berbuat korup.mengingat untuk masuk instansi pemerintahan ini cukup sulit dan ketat. Ada banyak tes yang harus dilalui. Untuk mempelajari soal-soal cpns dan software CAT CPNS silahkan join member soalcpns.com (Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia)
 
Back
Top