Apa itu TPA Numerik?

zackysetya

New member
Tes Potensi Akademik merupakan soal ujian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum. Tes ini juga sering diidentikkan dengan tes kecerdasan seseorang. Ujian TPA diberikan pada seleksi SNMPTN, CPNS, dan seleksi lainnya.

Tes TPA terdiri dari beberapa bagian, diantaranya tes verbal, tes logika, dan tes numerik/angka. Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tes TPA verbal dan logika. Lalu apa yang dimaksud dengan tes TPA numerik itu? Tes TPA Numerik/angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes numerik ini sendiri meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

1. Tes Potensi Akademik Numerik Aritmetik (Hitungan)
Soal jenis ini sebenarnya cukup sederhana. Karena hanya merupakan hitungan dasar. Namun, soal-soal aritmetik dalam tes TPA seringkali menyajikan angka-angka yang cukup sulit dan rumit. Oleh karena itu, bagi peserta ujian yang tidak teliti, umumnya akan kesulitan dan mudah terpeleset hasil hitungannya.Contoh:
Berapakah nilai dari 0,018 : 3 =
A. 0,06
B. 0,0006
C. 0,6
D. 0,060
E. 0,006

2. Tes Potensi Akademik Numerik Seri Angka
Untuk mengerjakan tes numerik seri angka ini, peserta harus mampu menganalisa deret urutan paling logis dan konsisten dari angka-angka yang diberikan. Terkadang seolah ada dua jawaban yang memungkinkan. Namun demikian, sesungguhnya hanya ada satu pilihan jawaban yang benar.Contoh:
Lanjutkan seri angka berikut: 5, 7, 10, 12, 15, 17, 20, … , …
A. 23,25
B. 22,25
C. 22,26
D. 23,26
E. 21, 25

3. Tes Potensi Akademik Numerik Seri Huruf
Tes seri huruf ini hampir sama dengan tes seri angka. Peserta diminta untuk mencari deret urutan huruf selanjutnya dari deretan huruf yang ada. Untuk mendapatkan jawaban, seorang peserta memang haruslah jeli dan banyak berlatih untuk mempertajam daya analisa dan kejeliannya.Contoh:
Seri huruf: A, E, D, E, H, E, selanjutnya adalah...
A. N,E
B. M,E
C. L,E
D. K,E
E. M, L

4. Tes Potensi Akademik Numerik Logika Angka
Dalam tes logika angka ini, seorang peserta tes TPA harus mampu membuat penalaran logis terhadap satu atau serangkaian persamaan angka-angka yang ada.Contoh:
Jika x-y = 1 dan xy = 64. Mana pernyataan yang benar berikut ini ?
A. x = y -1
B. x = y64
C. x > y
D. x = 64y
E. y = 1/64x

5. Tes Potensi Akademik Numerik Angka Dalam Cerita
Dalam tes ini, peserta ujian diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai angka-angka yang dimasukkan dalam sebuah cerita. Peserta harus mampu menganalisa nilai angka secara tepat.Contoh:
Empat tahun yang lalu jumlah usia dua orang bersaudara adalah 27 tahun, sedangkan sebelas tahun yang akan datang dua kali usia yang tua sama dengan dua kali usia yang muda ditambah 6 tahun.
Pada saat ini berapa tahun usia yang tua?
A. 16 tahun
B. 17 tahun
C. 18 tahun
D. 19 tahun
E. 20 tahun

Saat ini soal-soal tes TPA termasuk tes numerik/angka telah berkembang dan bervariasi sesuai tingkat kebutuhan instansi. Tes TPA ini tidak bisa disepelekan begitu saja, sebab tingkat kesulitan soal-soal TPA ini cukup sulit. Untuk mempelajari dan mendapatkan paket soal TPA silahkan join member di www.tespotensiakademik.com
 
Back
Top