Ibu Hamil Pakai Sepatu Hak Tinggi, Berbahayakah?

Kalina

Moderator
77bf9a45-be20-4d0f-b893-b8e9b086a662_highheels.jpg


Hampir semua wanita menyukai dan pernah memakai sepatu high heels. Sepatu model ini dianggap dapat membuat kaki terlihat jenjang dan lebih indah sehingga tak heran saat kepercayaan diri wanita meningkat saat mengenakannya. Lalu bagaimana jika ibu hamil menggunakan hak tinggi, amankah untuk si ibu dan janin?

Sepatu atau sandal hak tinggi akan berlipat ganda risikonya jika ibu hamil yang menggunakan. Ibu hamil memang disarankan untuk tidak menggunakan hak tinggi selama kehamilannya, karena berisiko dan berdampak negatif pada ibu dan janin. Beberapa penelitian membuktikan bahwa sepatu atau sandal hak tinggi saat hamil dapat menimbulkan hal sebagai berikut :

Nyeri Punggung
Hampir semua ibu hamil mengalami nyeri punggung yang dikarenakan berat badan bertambah dan tubuh harus menopang secara seimbang. Saat kehamilan, sendi tulang punggung menjadi lebih lunak karena meningkatnya hormon relaxin yang dihasilkan indung telur. Sendi tulang punggung yang melunak akan mudah longgar dan rusak. Hal tersebut ditambah dengan bentuk tubuh ibu yang tidak proporsional (lebih condong ke depan), inilah yang bisa membahayakan jika Anda menggunakan hak tinggi.

Kaki Bengkak
Selain menyebabkan nyeri punggung, penggunaan hak tinggi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan kaki bengkak. Pembengkakan terjadi karena kaki menahan beban ekstra sehingga berujung pada kaki yang bengkak.

Mengganggu Keseimbangan
Peningkatan berat badan yang meningkat drastis serta membesarnya perut selama kehamilan dapat mengubah titik berat. Perubahan titik berat itu akan mengakibatkan penurunan kemampuan menyeimbangkan diri ketika berjalan. Penggunaan hak tinggi inilah yang dapat menyebabkan ibu hamil lebih mudah terjatuh saat mengenakannya.

Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan hak tinggi boleh saja, asal dalam jangka waktu yang sebentar. Lakukan pula hal-hal berikut untuk meminimalisir cedera saat menggunakan hak tinggi.

- Pilih ketinggian. Pastikan hak yang Anda gunakan tidak lebih dari 4 cm, karena hak sepatu di atas 5 cm dapat mempersulit Anda dalam melangkah.
- Meminimalkan penggunaan. Disarankan Anda tidak menggunakan hak tingi terlalu sering dan tidak dalam waktu yang lama. Gunakan hak tinggi untuk kepentingan pesta yang waktunya sebentar.
- Tentukan lebar hak. Demi menjaga keseimbangan pada sepatu ibu hamil, pilih sepatu hak tinggi yang penampang alas haknya lebih lebar.

Ada baiknya ibu untuk mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan hak tinggi saat kehamilan. Perhitungkan baik dan buruk selama penggunaan. Jika dapat membahayakan ibu dan janin, lebih baik dihindari.

MeetDoctor
 
Back
Top