Reshuffle Kabinet Menyangkut Tujuh Pos

Adamsuhada

New member
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan kabinet hasil reshuffle jilid dua di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/5) sekitar pukul 15.00 WIB. Reshuffle menyangkut tujuh pos kementerian atau pejabat setara menteri. Dari tujuh pos itu, lima pos ditempati figur baru, baik dari profesional maupun politisi. Sedangkan dua pos lain menyangkut pertukaran posisi menteri alias lukir.
Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh diganti anak buahnya, Pelaksana Tugas Jaksa Agung Muda Hendarman Supandji sekaligus mantan Ketua Tim Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Presiden juga mengganti Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia, Hamid Awaluddin. Hamid digantikan politisi yang juga Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPR, Andi Matalatta.
Presiden juga mengganti Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Syaifullah Jusuf, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sugiharto dan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra. Posisi yang ditinggalkan Syaifullah Yusuf ditempati Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy. Sugiharto digantikan oleh Sofyan Djalil, sedangkan posisi yang ditinggalkan Yusril Ihza Mahendra ditempati Hatta Radjasa.
Kursi Menteri Komunikasi dan Informatika yang ditinggalkan Sofyan Djalil ditempati Muhammad Nuh. Mantan rektor ITS Surabaya ini adalah orang profesional yang juga Ketua ICMI Jawa Timur. Sedangkan pos Menteri Perhubungan yang ditinggalkan Hatta Radjasa diserahkan ke Jusman Syafi'i Jamil, profesional yang juga mantan Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia. Kini Jusman menjadi anggota Tim Evaluasi Keselamatan Transportasi.
Untuk posisi Menteri Dalam Negeri tetap dipegang Muhammad Ma'ruf sampai ada kejelasan kondisi kesehatan dari tim dokter yang merawatnya. Ma'ruf masih dirawat karena stroke. "Baru saya akan ambil keputusan apakah bisa menjalankan tugas atau ia terus menjalani perawatan," ujar Presiden. Rencana pelantikan kabinet hasil reshuffle akan dilaksanakan Rabu lusa.
 
dnjehaugshdfsyreuidhfueshdjchsuiehsudhfsuihcjjdksjhcsujdkchseuhjyehufsdhufsheufhdjhsdhfsdk
dksjciosdhofsudhfsidcjsdkchiesuydicnjxkzhisuedjkchsueyhidochdsjkhcasopsdasuofhaschsushoua

apaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnn
 
Back
Top