Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

Psikotes merupakan sebuah tes yang dirancang untuk mengetahui dan memahami karakter psikologi seseorang yang biasanya dalam rangka penerimaan pegawai di perusahaan BUMN, BUMD, Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) maupun penerimaan pegawai swasta.

Secara garis besar Psikotest dibedakan menurut jenis test kepribadian yaitu:
1. Test kepribadian grafis adalah sebuah test yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya. Test kepribadian grafis meliputi : Test Wartegg, Test DAP (Draw A Person), Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person).

2. Tes kepribadian kuesioner adalah sebuah tes yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban-jawaban yang dipilihnya terhadap sejumlah pertanyaan yang diajukan (kuesioner). Tes kepribadian kuesioner meliputi : Tes Efektifitas Diri, Tes Enneagram, Tes EPPS, Tes MBTI, Tes Ketelitian, Tes MAPP, Tes Koran Pauli, Tes Skala Kematangan (TSK), Tes Kerjasama dan Tes Potensi Sukses.

Adapun beberapa jenis tes psikotest dan tujuannya :
1. Test Kepribadian Baum (Tree Test), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta tes
2. Test Kepribadian DAP (Menggambar Orang), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta test.
3. Test Kepribadian Efektifitas Diri, bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif (cepat&tepat) seseorang itu dalam melaksanakan tugas dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.
4. Test Kepribadian Enneagram Personality, bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang yang dibagi menjadi 9 jenis tipe, dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
5. Test Kepribadian EPPS, bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe motivasi, kebutuhan dan kesukaan pribadi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu
6. Tes Kepribadian HTP (House Tree Person), bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan cara menganalisa gambar rumah, gambar pohon dan gambar orang yang dibuat oleh peserta test.
7. Test Kepribadian MBTI, bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya dengan menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
8. Test Kepribadian Ketelitian, bertujuan untuk mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian seseorang dalam mengolah data yang berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya.
9. Test Kepribadian MAPP, bertujuan untuk mengukur pilihan kesukaan seseorang dalam berbagai hal terutama yang berkaitan erat dengan pekerjaan atau dunia kerja profesional.
10. Tes Kepribadian Pauli Kraepplin, bertujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek tertentu, yaitu aspek keuletan (daya tahan), aspek kemauan atau kehendak individu, aspek emosi, aspek penyesuaian diri, dan aspek stabilitas diri dengan cara memintanya melakukan penghitungan angka-angka dalam deret yang panjang.
11. Test Kepribadian Skala Kematangan, bertujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu.
12. Test Kepribadian Teamwork Test adalah tes yang bertujuan mengukur kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid untuk mencapai tujuan bersama.
13. Tes Kepribadian Kecenderungan Sukses, bertujuan untuk mendeteksi kecenderungan seseorang untuk menjadi orang sukses berdasarkan faktor-faktor tertentu yang ada pada dirinya.
14. Tes Kepribadian WARTEGG, bertujuan untuk mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh seseorang berdasarkan 8 macam gambar yang dibuatnya.

Psikotest tidak hanya dilakukan untuk calon karyawan, tapi juga untuk calon mahasiswa bahkan di beberapa sekolah lanjutan atas juga sudah diberlakukan psikotest untuk hal-hal tertentu. Dengan latihan-latihan contoh soal psikotes, diharapkan bisa membantu banyak orang untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Contoh soal psikotes dapat menjadi acuan utama untuk memprediksi soal yang akan muncul dan bagaimana harus menjawabnya. Nah, untuk mengetahui seperti apa bentuk-bentuk soal Psikotes dan mendapatkan paket soal Psikotes silahkan join member di www.soalpsikotes.com
zackysetya zackysetya is offline
City Level

Post: 195
 
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

pembagiannya lengkap sekali gan, psikotes memang sangat penting untuk mengetahui kepribadian seseorang, semuanya tergambar jelas dari hasil tes tersebut. Untuk tambahan jika agan berkenan kita pelajari juga Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya yang telah saya uraikan pada link artikel tersebut. Terima kasih.
sadualhee sadualhee is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

Test psikotest harus dipelajari karena hampir disetiap instansi dan perusahaan menerapkan test psikotest untuk menyaring calon/kandidat karyawan/pegawai










Sewa Apartemen Murah Surabaya | Cetak Id Card Murah
yuuna44 yuuna44 is offline
Home Level

Post: 5
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

kuncinya gan selain banyak belajar, kita harus sering - sering ikut psikotest juga
gunanya untuk membiasakan diri, soalnya pengalaman ane, pas awal - awal ikut psikotest pasti yang dirasain bakal mudah dan berjalan lancar tapi pas test, ternyata ada perasaan tertekan juga pas ngerjainnya
jktwebhosting jktwebhosting is offline
City Level

Post: 291
 
Reputasi: 4

__________________
jakartawebhosting.com - Windows Webhosting Expert
021-5890 8175 , 24/7 Email dan Live Chat Support​





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

Kutip:
Oleh jktwebhosting View Post
kuncinya gan selain banyak belajar, kita harus sering - sering ikut psikotest juga
gunanya untuk membiasakan diri, soalnya pengalaman ane, pas awal - awal ikut psikotest pasti yang dirasain bakal mudah dan berjalan lancar tapi pas test, ternyata ada perasaan tertekan juga pas ngerjainnya
klo ane cuek aja den,,
waktu pertama ikut tes,,

karna ane berpegang pada faham,, *lolos alhamdulillah,ga lolos blajar lagi,,

hehe
satriaekamulya
satriaekamulya satriaekamulya is offline
Continent Level

Post: 3.174
 
Reputasi: 55

__________________
buktikan semangatmu!






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Jenis-jenis Tes Kepribadian Psikotest

Wah banyak juga ya test nya, tapi menyeluruh juga
RobinOksaPutra
RobinOksaPutra RobinOksaPutra is offline
City Level

Post: 154
 
Reputasi: 1

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
RobinOksaPutra, uan_kasep
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Jenis-jenis Tes Psikotest zackysetya Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.