Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan
 
Go Back   Home > Debat > Debat yang Sudah Selesai

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


View Poll Results: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan
Setuju (waterflow_rio) 3 30,00%
Tidak Setuju (KalinaMaryadi) 7 70,00%
Voters: 10. You may not vote on this poll

 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #11   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

soal agama-agama yang tidak diakui, trus gak masuk di kolom ktp, emang knp? Kan yang penting, tidak ada paksaan anda harus meninggalkan agama tsb lalu berpindah ke salah satu agama yang diakui, kan?
Karena Indonesia adalah negara majemuk, dan menjunjung tinggi toleransi beragama itulah, maka keluar sebuah pasal tentang kebebasan memeluk agama mana pun..
Memang tidak masalah ya, kolom agama mau ditiadakan. Tapi, kalin pribadi gak setuju. Its not a big deal, right? Masih banyak kok cara lain untuk bertoleransi terhadap agama lain..
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   
       





    #12   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

oh ya, waterflo.. Anda bilang..
"KTP sering jd faktor pemecah bangsa."

Kalin mau tanya..
1. Sesering apa kejadiannya?
2. Di mana terjadinya?
3. Kejadian detailnya seperti apa?
Tolong dijawab dengan menyertakan sumber berita dan (kalau bisa) bukti kejadiannya (foto) juga. Mks..
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________

Recent Blog: My Best Peoples   





    #13   Report Post  

Kutip:
Oleh tiaseptiani View Post
nah karena itu, agama yang di akui oleh negara kan biasanya agama yang lurus dan tidak melenceng... jadi kita bisa tau orang itu beragama apa
Indikator agama yg lurus dan melenceng itu, bukan kita yg ngukur non. Terlebih kalo kita coba2 ngukur dari agamanya kita. Bisa2 semua agama diluar agama yg kita anut, adalah melenceng.
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #14   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

@ Non Kalin

1. Agama yg diakui di Indonesia ada 6 (+Kong Hu Chu)
2. Analogi yg bagus, tp kurang realistis. Karna mau tdk maunya seseorang mkn atau melakukan sesuatu, dlm sebuah interaksi, tidak sampai se-ekstrim itu. Sampai2 minta bukti KTP. Dan di negara2 yg punya kebijakan serupa, kejadian demikian hampir tdk pernah terdengar. Kecuali dalam story telling atau jokes.
3. Bukti utk apa sih? Bukti otentik gimana? Apa yg mau dibuktiin dr identitas agama? Kasus apa yg dpt berubah wacana gara2 agama di KTP?
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #15   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

4. Gak ada paksaan meninggalkan agama? Ada dong. Coba Anda yg berada diposisi mereka. Ketika Anda mencantumkan agama yg tidak Anda anut di KTP, sedikit byknya pasti merasa terpaksa. Lalu ini bukti otentik juga?
5. Kebebasan memeluk agama apapun, berkontradiksi dgn harus mencantumkan salah satu dr 6 agama yg diakui
6. Cara toleransi beragama paling baik dan konkrit adalah dgn mengembalikan urusan agama itu ke individu masing2. Bukan urusan kolektif. Negara hanya berhak menjaga, bukan menguasai hak individu.
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #16   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

Agama di KTP sebagai salah satu faktor pemecah bangsa, dan itu bukan lagi rahasia umum.
1. Statistika kejadian secara kolektif I gak punya, karena pemikiran ini berangkat dari lingkungan sosial yg I lihat dgn mata kepala sendiri. Juga cerita dr beberapa org yg I kenal.
2. Di sekitar lingkungan I hidup.
3. Kepengurusan administrasi dibeberapa kantor. Org2 kristen sering didiskriminasi, tdk diacuhkan, dinomor-duakan, bahkan tdk jarang dilecehkan. Dari I SD sampai detik ini, hal demikian masih terjadi.
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #17   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

...hal ini sering terjadi diwilayah administrasi publik. Pelayanan2 birokrasi yg meremehkan org2 diluar agama Islam. Pernah beberapa kali org Kristen yg I kenal bercerita, bahwa ketika mereka mengurus surat2 ke kantor2 dinas, mereka dipersulit, diminta 'uang pelicin' yg lebih besar dari org2 Islam biasanya. Byk lagi, sulit mengingat2nya secara mendetail.

Waduh, non minta foto, I mesti balik ke masa lalu. Dulu I belom punya hape. Sumber beritanya dari realita kehidupan pribadi. Dari SD sampai sekarang.
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #18   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

Kutip:
Oleh waterflow_rio View Post
@ Non Kalin

1. Agama yg diakui di Indonesia ada 6 (+Kong Hu Chu)
2. Analogi yg bagus, tp kurang realistis. Karna mau tdk maunya seseorang mkn atau melakukan sesuatu, dlm sebuah interaksi, tidak sampai se-ekstrim itu. Sampai2 minta bukti KTP. Dan di negara2 yg punya kebijakan serupa, kejadian demikian hampir tdk pernah terdengar. Kecuali dalam story telling atau jokes.
3. Bukti utk apa sih? Bukti otentik gimana? Apa yg mau dibuktiin dr identitas agama? Kasus apa yg dpt berubah wacana gara2 di agama di KTP?
1. Gak menjawab pertanyaan Kalin. Kan Kalin nanya, "Sesering apa kejadian kisruh perkara agama di ktp?"

2. Juga gak menjawab pertanyaan Kalin

3. Juga gak ngejawab.

Bukti bisa apa aja, dalam bentuk apapun.. dengan tujuan yang beragam pula.

Bagi kalin, mencantumkan agama di ktp itu perlu..
Toh, kalo agama yang belum diakui oleh Indonesia, lantas merasa keberatan, yaa dikosongkan aja.. Gak repot kan?
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.525
 
Reputasi: 359

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!

Recent Blog: My Best Peoples   





    #19   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

Coba perhatikan baik2. Kelompok yg paling keras menentang kebijakan ini datang dari golongan Islam. Karena Islam lah yg sebenarnya paling berkuasa di negeri ini. Padahal negeri ini bukan milik golongan atau agama tertentu. Coba Islam yg jadi minoritas di Indonesia, mereka pasti anteng2 aja ama kebijakan ini. Yang pertama, masalah utamanya adalah mindset org Indonesia yg kebudayaannya belum matang. Hingga akhirnya, apapun perbedaan yg ada dimasyarakat, akan menciptakan gep-gep. Ini paradigma sosial Indonesia
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14






    #20   Report Post  

Re: Kolom Agama dalam KTP boleh di kosongkan

Yang kedua, coba lihat diluar negeri. Disana org tidak lagi sempat ngobrolin agama KTP loe apa, KTP gue apa. Karna memang gak ada hal urgen disitu. Masalah administrasi yg dianggap harus memerlukan identitas agama, kan gak harus KTP. Kalo identitas sejati mah, itu dipribadi, bukan di 'chip'. Yang ketiga, coba lah berpikir lebih terbuka. Bahwa kita gak hidup sendiri didunia ini. Org lain juga punya kepentingan. Salah satu cara kita nolong mereka ya dgn menyetujui kebijakan ini.
waterflow_rio
waterflow_rio waterflow_rio is offline
National Level

Post: 793
 
Reputasi: 14

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.