Tujuan Tes Psikotes Kerja

zackysetya

New member
Sekarang ini, tes psikotes sudah mulai merambah ke berbagai perusahaan dalam menyaring karyaawannya. Psikotes kerap menjadi salah satu tahapan penting yang perlu dilewati sebelum mendapatkan pekerjaan. Namun, apakah Anda tahu tujuan psikotes sesungguhnya?

Mendapatkan karier yang sesuai keinginan dan mapan sudah pasti menjadi keinginan banyak orang. Salah satu gerbang yang perlu dilewati sebelum masuk dalam dunia kerja adalah psikotes dan wawancara. Pada seleksi ini, tak sedikit yang gagal meraih impiannya. Tahapan psikotes ini juga memegang peranan penting untuk melihat kesiapan dan daya tahan pelamar dalam bekerja. Setiap pekerjaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Dalam psikotes kita bisa melihat apakah kandidat memenuhi kriteria yang dibutuhkan atau tidak.

Karena tujuannya adalah melihat karakter seseorang, jadi dalam tes psikotes tak ada yang namanya lulus atau tidak lulus. Sebagai contoh, misalnya kandidat pelamar memiliki karakter ceroboh, tentu tidak cocok dalam pekerjaan yang butuh ketelitian. Namun, ada pula kasus di mana pelamar memiliki kualitas yang jauh melampaui pekerjaan yang dia tuju. Bisa jadi proses penerimaan dihentikan karena posisi yang tersedia terlalu rendah untuk pelamar tersebut.

Nah, agar lulus dalam tahapan tes psikotes ini, ada baiknya Anda datang lebih awal dari waktu tes yang ditentukan. Sebelum berangkat/mengikuti tes ini, jangan lupa sarapan dan berdoa terlebih dahulu. Selama mengikuti tes, usahakan jawab setiap pertanyaan dengan apa adanya, tanpa harus dibuat-buat yang justru menimbulkan kesan berlebihan. Selain itu, ada baiknya beberapa hari sebelumnya Anda berlatih dan memahami bentuk-bentuk soal Psikotes. Hal ini tentunya akan menambah pengetahuan Anda tentang Psikotes. Untuk mempelajari dan mendapatkan paket soal Psikotes silahkan join member di www.soalpsikotes.com
 
iya yah, kadang ada yang di tolak lamarannya bukan karena tidak lulus, malah melainkan pekerjaan itu tidak cocok dengan prestasinya makanya tidak lulus, tapi kebanyakan orang mengira diri mereka tidak lulus psikotes karena tidak mampu
 
ini udah jadi tahap wajib dalam sebuah pekeraan, pokok e lakkan yang baik dan pekerjaan pun jadi milik kita. aminnn
 
Tapi apakah psiko test bisa tepat hasilnya ya? Karena kan psikologis manusia kan juga berubah-ubah dipengaruhi banyak hal..
 
Menurutku, ada beberapa tujuan psikotest. 1. Untuk manajemen suatu perusahaan bisa menempatkan orang (pencari kerja) itu pada tempat yang benar. The right man on the right place. 2. Bagi si pencari kerja, juga akan merasa nyaman karena posisinya sesuai dengan apa yang dikehendakinya
Dengan demikian diharapkan bahwa output kerjanya akan memuaskan perusahaan dan juga orang yang melakukan pekerjaan itu sendiri.
 
Back
Top