Kenapa Kamu Terlambat Haid? Bisa Jadi.. Amenorrhea

Kalina

Moderator
Amenorrhea adalah kondisi absennya menstruasi, selama satu periode atau lebih. Mereka yang tidak mengalami menstruasi tiga kali berturut-turut termasuk dalam kategori amenorrhea. Begitu juga dengan perempuan di atas 16 tahun yang belum mendapatkan menstruasi. Meskipun penyebab paling umumnya adalah kehamilan, tapi masih ada faktor lainnya.

Symptoms

Gejala utama amenorrhea adalah absennya menstruasi. Selain itu, tanda-tanda lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Keluarnya cairan dari puting
  • Rambut rontok
  • Sakit kepala
  • Penglihatan bermasalah
  • Bulu di wajah bertambah

Causes

Sebagian besar amenorrhea disebabkan kehamilan, faktor menyusui, atau menopause. Namun, bisa juga disebabkan oleh penggunaan alat kontrasepsi, penggunaan obat-obatan tertentu, gaya hidup, ketidakseimbangan hormon, maupun masalah struktur organ reproduksi.

Penggunaan obat-obatan misalnya obat penurun tekanan darah, obat anti depresi, atau kemoterapi kanker. Sedangkan yang termasuk gaya hidup adalah faktor stres, berkurangnya berat badan atau berat badan di bawah rata-rata, serta berolahraga berlebihan.

Ketidakseimbangan hormon bisa disebabkan oleh polycystic ovary syndrome (POC), kelainan kelenjar tiroid, tumor pada kelenjar pituitari, atau menopause awal. Masalah struktur organ misalnya rahim pernah terluka, kelainan struktur ######, atau tidak sempurnanya organ reproduksi

Risk Factor

Faktor risiko amenorrhea yaitu riwayat amenorrhea di keluarga, berolahraga berlebihan, serta mengalami anorexia, bulimia, dan sejenisnya.

Complications

Amenorrheadapat memicu komplikasi, seperti ketidaksuburan ataupun osteoporosis. Jika masa ovulasi tidak kunjung datang, penderitanya tidak akan bisa hamil. Sementara, osteoporosis berkaitan dengan rendahnya hormon estrogen penderita.

Diagnosis

Amenorrhea berkaitan dengan masalah hormon yang cukup kompleks, karenanya pemeriksaannya pun memakan waktu. Dokter akan memeriksa panggul, payudara dan organ reproduksi, serta melakukan tes darah.

Tes darah yang dilakukan termasuk tes kehamilan, tes kelainan fungsi tiroid, tes fungsi ovarium, serta tes hormon testosteron.

Dokter kemungkinan juga akan melakukan pemeriksaan dengan ultrasound, CT scan, atau MRI. Pemeriksaan lainnya mencakup histeroskopi. Ini adalah pemeriksaan rahim dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukkan lewat ######.

Treatment

Penanganan amenorrhea bergantung pada penyebabnya. Pengobatannya bisa berupa pemberian pil KB, penggunaan obat-obat tertentu, ataupun operasi. Operasi hanya dilakukan jika penyebabnya adalah tumor atau kelainan pada struktur organ reproduksi.

Prevention

Amenorrhea yang disebabkan oleh gaya hidup dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup. Jangan lupa beristirahat setelah bekerja keras. Jangan berolahraga berlebihan ataupun menahan nafsu makan. Jangan sampai terkena bulimia ataupun anorexia. Kontrol stres dengan cara yang sehat. Catat juga siklus menstruasi yang dialami. Perhatikan jika ada kelainan pada menstruasi.


MeetDoctor
 
wah.. apa kenalan saya juga terkena itu?
dia trlmbat dtang bulan, sudah 2/3 hri
di priksakn ke dkter, hsilnya ia tak apa-apa, hmil pun tidak.
apa ini sudah trgolong amenorrhea??
 
kl terlambat bulan bagi pengantin baru itu pertanda akan hadirnya momongan tp kl pengantin tua itu tandanya manopouse :)
 
kl terlambat bulan bagi pengantin baru itu pertanda akan hadirnya momongan tp kl pengantin tua itu tandanya manopouse :)

nah, kalo bagi yang belum menikah? :)
tidak semua telat haid itu hamil & atau menopause.

seperti kalin beberapa waktu lalu.. I am not a Married Woman.. and i never do "that thing".. maksudnya hub intim.. dan usia kalin.. yaaaa kita masih satu generasi lah, bay.. walau dirimu kayaknya udah bapak-bapak.. :D so, kalin bukan hamil atau menopause loh :D
 
tia juga sering telat datang bulan kok, bisa 1 bulan... malah kadang 1 bulan bisa 2x dapet... awal bulan dan akhir bulan
 
kalau dalam sebulan, datang bulan sampai 2x, asal jaraknya 2 minggu, itu gak papa. Tp, kalo jaraknya kurang dari 15 hari, namanya bukan haid. Tapi ISTIHADOH. Bisa jadi penyakit..
 
tapi ga sering kok itu... kejadian itu kemarin bulan oktober... tia haid di awal sama akhir... setelah itu 1 bulan ga haid... nah desember ini baru haid lagi...
 
tapi ga sering kok itu... kejadian itu kemarin bulan oktober... tia haid di awal sama akhir... setelah itu 1 bulan ga haid... nah desember ini baru haid lagi...

Oh.. Ya Alhamdulillaah kalo gak sering. Buat memperlancar haid coba minum jamu. Kalin minum jamu terus. Alhamdulillaah, lancar..
 
itu bahasa Fikih nya.
Kalin gak tau, apa istilahnya di kedokteran..
Yang jelas, dalam Islam, kalau lagi Haid gak boleh sholat. Tapi kalau Istihadoh, tetap wajib sholat.

Ada 3 jenis darah yang keluar dari tubuh perempuan lewat bawah.

1. Haid
2. Istihadoh
3. Nifas (biasanya setelah melahirkan)
 
dari idung.. kalo liat cewek seksi

hanaji11.jpg
 
Back
Top