3 Tumbuhan Tertua di Dunia

zackysetya

New member
Berapa lamakah usia tumbuhan yang bisa dicapai? Ratusan, ribuan, atau bahkan lebih dari itu? Bila melihat 3 tumbuhan di bawah ini, bisa jadi kita terperangah betapa lamanya mereka bisa bertumbuh dan tetap hidup.

1. Posidonia oceanica
tumbuhan-Posidonia_canali_intermatte.jpg

Posidonia oceanica (umumnya dikenal sebagai Neptunus Grass atau tapeweed Mediterania) adalah spesies rumput laut yang endemik di Laut Mediterania. Tumbuhan ini membentuk padang rumput bawah laut besar yang merupakan bagian penting dari ekosistem. Tumbuhan ini bebas mengambang dan dikenal di Italia sebagai "zaitun laut" (l'oliva di mare). Posidonia oceanica merupakan tanaman berbunga dengan habitat hidup di padang rumput padat atau di sepanjang saluran dalam pasir di Mediterania.

Tumbuhan ini ditemukan pada kedalaman 1-35 meter (3,3-115 ft), sesuai dengan kejernihan air. Umur rumput laut raksasa di Laut Mediterania ini dapat mencapai 200.000 tahun. Dia berhasil menyalip tanaman Tansania yang selama ini diyakini sebagai tumbuhan yang tertua. Sayangnya, saat ini ada penurunan populasi tanaman P. oceanica ini karena kerusakan mekanis dari kapal pukat atau kapal penangkap ikan, pembangunan wilayah pesisir dan eutrofikasi khususnya di Mediterania bagian barat.

2. Lomatia tasmanica atau Raja Lomatia
tumbuhan-Lomatia-tasmanica.jpg

Raja Lomatia (Lomatia tasmanica) adalah semak Tasmania dari keluarga Proteaceae. Tanaman ini memiliki daun hijau mengkilap dan memiliki bunga berwarna merah muda, tetapi tidak menghasilkan buah maupun biji. Sejauh ini, hanya ada satu koloni Raja Lomatia yang diketahui hidup di alam liar. Tanaman Tasmania ini diyakini sudah berumur 43.600 tahun.

Tanaman Raja Lomatia terancam punah dan hanya ditemukan di dua tempat yang kecil di bagian selatan dan barat yang terpencil di Tasmania. Total populasi tanaman ini adalah sekitar 500 tanaman. Populasi tanaman ini tampaknya dipertahankan secara vegetatif, dengan budidaya akar dan semak belukar.

3. Gaylussacia brachycera atau box huckleberry
tumbuhan-Gaylussacia-brachycera.jpg

Tanaman semak rendah asal Amerika Utara ini satu keluarga dengan blueberry dan tanaman huckleberry lainnya. Tinggi tanaman ini sekitar 6 sampai 8 inci (150 sampai 200 mm) dengan daun mirip dengan boxwood, maka dinamakan pula box huckleberry. Tanaman ini mudah dibedakan dari anggota lain dari genus karena daunnya besar. Tanaman ini sebagian besar ditemukan di Appalachia.

Usia koloni Gaylussacia brachycera bisa mencapai umur 13.000 tahun. Tanaman ini termasuk tanaman langka dan pertama kali ditemukan oleh Michaux di West Virginia pada tahun 1790, lalu oleh Kin dan Pursh sekitar 1805 (Coville 1919). Pada tahun 1921, tanaman ini "ditemukan kembali" oleh A. Gray dan penemuan kali ini dilaporkan dari 75 daerah. Gaylussacia brachycera sangat berbeda dari spesies Gaylussacia lainnya. Dalam G. brachycera, daunnya hijau, seperti kulit, tidak memiliki kelenjar resin, batang yang miring tajam, dan bantalan punggung mencolok di bawah dasar setiap daun.
http://www.puncakdunia.com/3-tumbuhan-tertua-di-dunia.html



References:
http://en.wikipedia.org/wiki/Posidonia_oceanica
http://www.iucnredlist.org/details/153534/0
http://www.discovertasmania.com/about_tasmania/animals__and__plants/plants/kings_lomatia
http://www.longecity.org/forum/topic/513-40000-year-old-shrub-kings-holly/
http://www.pfaf.org/user/Plant.aspx?LatinName=Gaylussacia+brachycera
http://www.centerforplantconservation.org/collection/cpc_viewprofile.asp?CPCNum=1999
http://www.dailymail.co.uk/sciencet...000-year-old-oak-survives-cloning-itself.html
http://www.environment.gov.au/cgi-bin/sprat/public/publicspecies.pl?taxon_id=3745
http://www.izelplants.com/plants/mapsearch/shrubs/item/gaylussacia-brachycera
http://www.apstas.com/lomatiatas.htm
http://www.watoday.com.au/national/its-tree-cheers-for-king-of-jungle-20080728-3lyk.html
 
Back
Top