Inilah Kerugian Jika Banyak Mengkonsumsi Makanan Hangatan

Kalina

Moderator
DREAMERSRADIO.COM - Selain olahraga dan pola makan yang sehat untuk menjaga kesehatan tubuh, ternyata cara mengolah makanan juga sangat penting. Selain lebih baik menghindari makanan yang digoreng, maka disarankan juga untuk tidak mengkonsumsi makanan hangatan, karena tubuh akan mendapatkan kerugian.
Menurut Andang Widhawari Gunawan, ahli terapis nutrisi mengatakan makanan yang terkena panas sedikit saja, maka zat gizinya bisa hancur dan rusak, maka apalagi jika makanan yang terus berulang kali dihangatkan.
Dilansir dari detikhealth, efek kehilangan gizi ini akan semakin terasa jika menu yang dihangatkan berulang tersebut berupa sayuran. Selain rasanya yang juga berubah, menghangatkan sayuran berulang kali juga bisa menghilangkan gizi yang dikandungnya.
“Saya menganjurkan untuk masak secukupnya saja, jadi jangan dihangat- hangatkan. Itu nggak baik. Lebih baik sekali masak langsung habis,” terangnya.
Tak hanya masakan di rumah, makanan yang sering dihangatkan seperti pada jamuan pesta juga sebenarnya kurang sehat, karena menurut Adang, makanan tersebut dimasaknya sudah terlalu lama, dan harus dihangatkan sepanjang pesta agar tetap hangat.
Walaupun rasanya makanan hangatan kurang nikmat, tetapi ia menyarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan sebelumnya dalam kondisi dingin. Jika tetap ingin mendapatkan manfaat kandungan gizinya.
“Jadi lebih baik tetap makan saja walaupun dingin, daripada dipanaskan terus-terusan,” terangnya.
 
Back
Top