Yang Perlu Anda Tahu Tentang Ritual Mandi Buah Hati

Kalina

Moderator
Mandi adalah perkara mudah yang bisa dilakukan siapa saja. Tapi apa yang terjadi bila Anda harus memandikan bayi yang baru lahir? Hal ini bisa membuat Anda tegang dan takut apabila terjadi sesuatu terhadap bayi merah tersebut. Namun dengan sedikit latihan, dalam beberapa hari Anda akan mahir melakukannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda jadikan panduan untuk mulai memandikan si kecil.

a. Seberapa sering Anda harus memandikan bayi?
Jika bayi Anda baru lahir, memandikannya setiap hari tidaklah perlu malah akan membuat kulit kering. Cukup menyeka wajah dan membersihkan area-area sensitif seperti leher, dan daerah kemaluan. Dengan begitu bayi Anda sudah bersih.

b. Dimana Anda harus memandikan si kecil?
Untuk pemula, Anda dapat menggunakan wastafel atau tempat mandi bayi yang terbuat dari plastik. Bisa saja menggunakan bathtub namun jika belum mahir, Anda akan kesulitan memposisikan tubuh.

c. Kapan waktu yang tepat untuk memandikan bayi?
Memandikan bayi dapat dilakukan kapanpun. Namun pilihlah waktu dimana Anda tidak memiliki banyak kegiatan sehingga ritual tersebut dapat dilakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru.

d. Bagaimana cara memandikan buah hati?
Ketika pertama kali melakukannya, ritual ini mungkin sangat menegangkan bagi Anda. Namun tidak akan butuh waktu yang lama sampai Anda menjadikannya sebagai aktivitas favorit. Sebelum memandikan, pastikan ruangan yang Anda gunakan untuk memandikannya bertemperatur hangat. Selain itu, usahakan agar suhu air mandi tidak terlalu panas ataupun dingin. Usahakan agar segala hal yang diperlukan seperti sabun, sampo, dan handuk berada di dekat Anda. Setelah semua siap, langkah-langkah berikut dapat Anda jadikan panduan untuk memandikan si kecil.

1. Letakkan bayi Anda di lutut lalu bersihkan wajahnya.
2. Kemudian, basahi rambutnya dengan air. Setelah itu berikan sampo khusus bayi. Kemudian bilas dengan hati-hati sampai bersih.
3. Setelah Anda mengeringkan rambutnya, Anda bisa melepaskan popok dan membersihkan alat kelaminnya.
4. Masukkan bayi ke dalam bak menggunakan satu tangan untuk menopang kepala, leher, dan bahu si kecil. Anda perlu berhati-hati sebab kulit bayi menjadi licin terkena air.
5. Usapkan sabun bayi ke seluruh tubuhnya. Setelah selesai, bilas tubuh mungil tersebut dengan hati-hati. Pastikan kepala bayi tidak terkena air.
6. Keluarkan bayi dari bak dan keringkan tubuhnya menggunakan handuk yang lembut.
7. Pada saat seperti ini, Anda bisa memijat bayi dengan menggunakan minyak essensial. Banyak bayi menyukai pijatan dan hal itu akan membuatnya tenang dan mengantuk.
8. Bantu bayi Anda memakai pakaian yang bersih lalu selimuti dia dengan selimut yang hangat. Terakhir, berikan kecupan padanya.

Ketika bayi telah berusia beberapa bulan, ibu atau ayahnya dapat mencoba mandi bersama dengan si kecil karena hal ini adalah cara yang indah untuk mendekatkan Anda dan buah hati.


source:
ece16f31-a7a3-4480-ae32-cf4eaeb13be2_bilna-logo.png
 
Back
Top