Suku Yanomami tak dapat lahan di dunia maya

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 16 Oct 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Sebuah suku India Brazil, Yanomami, yang terbelakang di daratan Brazil dan hidup diantara hutan belantara amazon, terpaksa kehilangan lahan di dunia maya. Suku Yanomami beberapa waktu lalu ingin meregistasikan nama Yanomami sebagai alamat internet. Namun sayangnya ternyata Yanomami.com telah teregistasi atas nama Mercedes Meier dari Florida. Pemilik nama domain ini ketika dihubungi, berkeinginan untuk menjual nama tersebut seharga $25,000. Kepala suku Yanomami, Davi Kopenawa Yanomami, merasa keberatan dengan harga yang ditawarkan oleh Mercedes Meier ini. Dia merasa bahwa hak nama tersebut adalah hak suku Yanomami dan harus dikembalikan. Mercedes Meier menolak untuk memberikan secara cuma-cuma nama domain tersebut. Menurutnya, nama domain itu sendiri sudah ada yang menawar seharga $18,000 dan apabila pihak Yanomami tidak berkeinginan untuk membeli, kemungkinan besar nama domain ini akan jatuh ke pihak lainnya.
Yanomami sendiri memiliki arti "masyarakat hutan" dan suku Yanomami tidak memiliki cara lain, karena Yanomami.net dan Yanomami.org pun telah hilang dan dimiliki orang lain.
"Kami masih berkonsultasi dengan pengacara kami dan para ahli untuk mendiskusikan lebih lanjut tahapan yang perlu kami lakukan untuk memperebutkan lahan kami di dunia maya", lanjut Fernando Bittencourt, pembicara suku Yanomami.
Bagaimana dengan anda? Sudahkan anda meregistrasikan nama suku atau nama marga anda?
 
Back
Top