Kontroversi Nama Domain

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 24 Oct 2000
Sumber: NamaDomain.com


NamaDomain.com, Pengguna internet di seluruh dunia meratapi nasibnya. Banyak diantaranya kehilangan nama domain lantaran nama domain sudah menjadi sebuah keperluan bisnis. Ada sebagian orang yang saling intip dan memantau nama domain yang akan habis masanya dan akan langsung diregistasikan menjadi miliknya.
Berdasarkan hasil respon penelitian yang dilakukan oleh Infoworld bahwa sebagian besar pengguna internet seringkali kehilangan nama domain kesayangannya karena keteledoran. Pengguna internet biasanya melakukan pencekkan nama domain yang diinginkannya sebelum melakukan pembayaran. Namun dikarenakan masih kurang sadarnya atas kepemilikan nama domain, maka nama domain tersebut tidak segera mereka registrasikan. Akibatnya pada keesokan harinya atau beberapa jam kemudian, disaat mereka ingin meregistrasikan nama domain, nama itu telah dimiliki oleh orang lain.
"Pengalaman ini seringkali terjadi dan sayapun seringkali juga menasehati para klien untuk memblok nama domainnya sesegera mungkin!", kata salah satu konsultan e-commerce.
Kadangkala satu nama domain yang diregistrasikan diperebutkan oleh beberapa individu atau perusahaan yang memiliki kepentingan yang sama dan mereka umumnya tidak meregistrasikan nama domain itu pada satu registrar yang sama. Umumnya nama domain yang diregistrasikan ini dalam kondisi "masih dalam perbaikan atau under construction" dan sebagian lagi "domain untuk dijual/domain for sale".
Beberapa orang menganggap seringkali seseorang kehilangan nama domainnya adalah wajar, karena kebutuhan akan nama domain sendiri sudah menjadi sebuah kebutuhan.
"Ini hanya sebuah kebetulan saja", kata CTO Register.Com,"Register.com saja saat ini kurang lebih 10 juta orang melakukan cek nama domain dan bisa saja diantara mereka melakukan cek nama yang sama. Kurang lebih sebanyak 5 juta nama domain diregistrasikan tiap kuartalnya.", ujarnya lagi.
Lain lagi dengan NetworkSolutions, Inc., mereka mengatakan bahwa nama domain diregistrasikan setiap 4 detik di NetSol dan ini tidak saja diregistrasikan di Amerika namun seluruh dunia.
 
Back
Top