Masyarakat Masih Kental Anggapan Tes CPNS Harus Sogok

zackysetya

New member
Tes CPNS 2013 dituding ada beberapa kecurangan seperti suap alias sogok-menyogok. Supardiana, Deputi Perencanaan dan Pengadaan Sistem Manajemen Mutu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sudah tahu akan isu tersebut.

“Masyarakat masih kental dengan anggapan itu (kalau mau jadi PNS harus punya orang dalam atau menyuap) sehingga banyak yang jadi korban penipuan. Anggapan tersebut harus dihilangkan,” ujar Supardiana.

Supardiana mengatakan itu dalam acara Seminar dan Pertemuan Nasional Konsorsium LSM Pemantauan CPNS (KLPC) 2013 di Hotel Ibis Arcadia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2014).

Supardiana mengatakan, pelaksanaan tes CPNS 2013 sudah jauh lebih baik dari tahun 2010 dan 2011. Tes menggunakan metode computer assisted test (CAT) yang hasilnya tidak bisa dicurangi.

“Namun kendalanya ada di pengadaan sistem itu. Baru 73 instansi yang memakai sistem tersebut,” kata Supardiana.

Supardiana menambahkan, kecurangan yang dilakukan pada jalur honorer K2 akan dicek setelah CPNS tersebut lulus. Jumlah peserta CPNS jalur honorer K2 yakni 648 ribu orang.

“Kalau kita lihatin (verifikasi berkas) satu-satu ya capek. Jadi kalau sudah lulus lalu diduga kecurangan baru (dilakukan verifikasi berkas),” ucap dia.

Supardiana mempersilakan pelaku kecurangan tes dipidana. Namun pihaknya tidak memiliki wewenang penyelidikan.

“Laporkan saja ke polisi. Tapi yang dilaporkan ya si pelaku. Misalnya ada bupati yang memasukkan saudaranya, ya laporin saja dia. Jangan pusat (Kemenpan) yang dilaporkan. Karena pusat tidak memiliki tanggung jawab. (Penerimaan dan pelulusan peserta CPNS) itu urusan masing-masing daerah,” jelasnya. Dapatkan paket lengkap soal cpns hanya disini.

Sebelumnya di tempat yang sama, Asron Jaya, Direktur Forum Informasi dan Komunikasi Organisasi non Pemerintah (Fikornop) menyatakan, kecurangan dalam tes CPNS yakni pada jalur honorer K2 dan jalur umum. Pada jalur honorer K2 kecurangan berupa banyak pemalsuan SK sehingga honorer yang seharusnya belum boleh ikut tes CPNS ternyata ikut.
 
Back
Top