3 Badai Terbesar di Dunia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Umum & Tidak Masuk Kategori Lain
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

3 Badai Terbesar di Dunia

Badai adalah cuaca yang ekstrem, mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog, berasal dari samudera yang hangat. Badai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/jam. Badai bukan angin ribut biasa. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya, meruntuhkan jembatan, dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah. Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang. Terdapat berbagai macam badai, seperti badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane), yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik. Nah berikut ini adalah 3 badai terbesar di dunia.

1. Tornado

Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing. Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang.

Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km. Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru

2. Badai Pasir

Badai pasir adalah fenomena meteorologi yang umum di wilayah arid dan semi-arid. Badai pasir antara lain disebabkan oleh meningkatnya kecepatan angin dalam suatu wilayah yang luas. Badai pasir umumnya terjadi pada tanah yang kering. Badai pasir dapat memindahkan keseluruhan bukit pasir dan membawa pasir dalam jumlah besar sehingga tepi badai dapat menyerupai dinding pasir setinggi 1,6 km. Badai pasir di gurun Sahara dalam bahasa setempat dikenal dengan simoom atau simoon (sîmūm, sîmūn). Haboob (həbūb) adalah badai pasir di wilayah Sudan sekitar Khartoum.

Salah satu contoh badai pasir besar pernah terjadi di Texas, Amerika Serikat pada Oktober 2011 lalu. Badai pasir tersebut telah menyapu Lubbock, sebuah kota di negara bagian Texas, Amerika Serikat pada Senin (17/10). Sapuan debu raksasa tersebut terjadi karena udara dingin yang bergerak ke arah utara mengakibatkan hembusan angin hingga kecepatan 95 kilometer per jam di dataran selatan Texas. Angin ini membawa badai pasir dahsyat dan mengakibatkan gangguan listrik dan gelap gulita di sejumlah daerah. Padahal, badai terjadi pada pukul 05.30 sore waktu setempat saat matahari masih bersinar terang. Badai pasir seperti ini bisa menghadirkan dinding pasir seluas 100 kilometer dan bergerak dengan kecepatan antara 30 sampai 100 kilometer per jam.

3. Badai Salju

Badai salju terjadi saat udara yang hangat dan basah bertemu dengan udara yang dingin. Massa udara yang hangat dan basah serta massa udara yang dingin tersebut dapat mencapai diameter 1000 km atau lebih. Badai salju yang mempengaruhi Amerika Serikat Timur Laut sering mendapatkan uap air dari udara yang berpindah ke utara dari Teluk Meksiko dan udara yang dingin dari massa udara yang datang dari Arktik.

Di Amerika Serikat Barat Laut, udara yang hangat dan basah dari Samudera Pasifik mendingin saat didorong ke atas oleh pegunungan. Banyak hal yang berbeda dapat memengaruhi gerakan, isi uap, dan suhu massa udara. Semua perbedaan tersebut memengaruhi jenis dan keparahan badai salju.
http://www.puncakdunia.com/3-badai-t...-di-dunia.html



References:
http://www.theguardian.com/world/201...n-haiyan-facts
http://geology.com/hurricanes/largest-hurricane/
http://www.express.co.uk/news/nature/
http://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/asia/
http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-24887746
http://world.time.com/2013/11/06/the...orld-this-year
http://en.wikipedia.org/wiki/Blizzard
http://www.abc.net.au/news/2013-11-0...e-2007/5080952
http://edition.cnn.com/2013/11/07/wo...ppines-typhoon
http://www.dailymail.co.uk/news/arti...m-history.html
http://21stcenturywire.com/2013/11/09 /
City Level

Post: 200
 





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 3 Badai Terbesar di Dunia

badai-badai itu adalah badai paling mengerikan >.<
tiaseptiani
Staff

Post: 20.761
 
Reputasi: 207

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pohon Terbesar Di Dunia Zenman Flora, Pertanian & Perkebunan 9
3 DAM Terbesar di Dunia zackysetya Science & Penemuan 1
10 Hiu terbesar di dunia BlackHorizon Fauna, Hewan Peliharaan & Ternak 41
Ikan lele terbesar, lubang terbesar, kodok terbesar didunia, dll indonesiaindonesia Misteri & Supranatural 16
3 handphone terbesar di DUNIA ramon Politik, Ekonomi & Hukum 11


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.