Banyak yang sakit flu/batuk musim hujan begini, tips atau penangananya gimana ya?

saya coba bantu ya :D

makanan yang baik untuk penderita Flu adalah :

Aneka Makanan yang Meringankan Sakit Flu

Es Lilin

Es lilin dingin ternyata bisa menenangkan tenggorokan yang bengkak, terasa nyeri, dan juga kering. Hal tersebut sangat membantu Anda tetap terhidrasi dimana merupakan kunci ketika sakit flu sedang melanda.

Mendapatkan cairan yang cukup bisa menjaga lendir tipis dan membantu dalam mengurangi penyumbatan pada hidung. Oleh sebab itu, cobalah Anda mengonsumsi es lilin yang terbuat dari 100% jus buah untuk memastikan bahwa dalam es tersebut memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh.


Jus Sayuran

Ketika Anda tengah merasakan flu berat, maka mencoba mengonsumsi jus sayuran ialah pilihan yang tepat karena berfungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga supaya tubuh tetap terhidrasi. Kalau tak suka dengan jus sayuran maka jus buah murni pun bisa diandalkan.


Sandwich Kalkun

Kalkun merupakan sumber protein yang baik dan tidak berlemak yang sangat penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Cobalah makan sandwich kalkun karena sangat bermanfaat dalam memberikan energi bagi tubuh ketika melawan penyakit.


Bawang Putih

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa ternyata Bawang Putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit flu. Mengapa?

Karena bawang Putih memiliki sifat anti-mikroba dan merangsang kekebalan tubuh sehingga sangat efektif untuk menghalau serangan penyakit flu. Bawang Putih juga sangat berperan dalam mengatasi penyumbatan di hidung.


Jahe

Dalam beberapa penelitian terungkap bahwa Jahe sangat berperan dalam membantu melawan peradangan. Makanya menambahkan bumbu Jahe terhadap makanan yang akan disantap ketika Anda flu bisa bermanfaat dalam meringankan penyakit tersebut.


Pisang

Pisang merupakan sumber energi yang besar bagi tubuh. Ketika Anda flu, kerap kali terjadi kelemasan atau lemah dan hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah pisang.

Biasanya, dokter juga sering menyarankan supaya ketika sudah pulih dari flu, sebelum makan makanan padat sebaiknya memakan pisang terlebih dahulu.

Itulah beberapa makanan yang bermanfaat untuk meringankan penyakit flu yang sedang menyerang Anda. Memang mengonsumsi obat-obatan dari dokter atau dari warung juga dianjurkan untuk mempercepat pengobatan flu Anda. Namun, mengombinasikannya dengan makanan alami yang juga bermanfaat dalam meredam sakit flu juga tidak ada salahnya.


sumber : deherba.com


Berikut 8 makanan sehat yang baik untuk mengatasi penyakit flu

Air Putih
Minum air putih dengan cukup dapat mengurangi penderitaan Anda dari penyakit ini. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, minum air yang cukup dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan dapat menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat.

Teh Hijau
Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Jepang menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit ini hingga 70%. Dua zat utama katekin dan teanin, merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.

Sup Ayam
Anda dapat mengatasi flu Anda dengan cara yang lebih nikmat. Ya, makan sup ayam! Uap dari sup bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat Anda terserang flu. Selain itu, komposisi air pada sup dapat diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.

Jus Sayur
Membuat dan menikmati semangkuk salad mungkin baik dilakukan untuk mengatasi flu. Minum jus sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jus sayur kaya akan antioksidan. Ini adalah bentuk sayuran yang paling mudah Anda konsumsi saat Anda memiliki masalah dengan pencernaan.

Bawang Putih
Kelebihan bawang putih adalah, ia memiliki sifat antimikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pernapasan dengan mencegah hidung tersumbat. Bila Anda tidak dapat mengonsumsinya secara langsung, campurkan bawang putih ke dalam masakan favorit Anda.

Pisang
Pisang merupakan buah yang mudah dicerna karena teksturnya yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram, dan mengatasi flu.

Jahe
Saat Anda demam dan terserang flu, jahe dapat menghangatkan tubuh Anda. Lebih dari itu, jahe juga dipercaya membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Campurlah jahe dengan minuman kesukaan Anda. Untuk hasil terbaik, konsumsilah dalam keadaan hangat.

Jus Jeruk
Kandungan vitamin C yang tinggi dan karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh Anda. Untuk mengatasi flu, minumlah 100% jus jeruk dan rasakan manfaatnya segera.

Semua jenis makanan di atas merupakan makanan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan efektif untuk mencegah dan mengatasi flu. Jagalah kesehatan dan terapkan pola hidup sehat agar daya tahan tubuh terjaga dari serangan penyakit apapun yang dapat mengganggu aktivitas Anda.

sumber : duniafitnes.com



penyebabnya adalah sebagai berikut :


1.Terlalu cemas.
Ketakutan kita dari penyakit justru akan membuat kita sakit. Contohnya, kita khawatir akan virus flu babi. Virus H1N1 belum terbukti lebih mengancam daripada flu musiman biasa. Kebanyakan orang yang terserang flu, jika pulih, akan pulih sepenuhnya. Penelitian menunjukkan, kecemasan justru mewujudkan apa yang kita khawatirkan itu sendiri. Jadi, tidak perlu khawatir karena khawatir hanya akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.


2.Memeluk, mencium, dan berjabat tangan.
Kontak dekat dengan orang yang terinfeksi adalah salah satu cara mudah tertular virus. Tapi bukan berarti Anda harus menjadi orang yang antisosial selama musim flu. Sadari saja peluang tertularnya virus. Jika Anda berjabat tangan dengan orang lain, cobalah untuk tidak menyentuh mulut atau mata sebelum mencuci tangan.


3.Merokok.
Merokok dapat melemahkan fungsi bulu-bulu halus di hidung sebagai filter udara ke paru-paru, sehingga bakteri akan terperangkap dan masuk paru-paru. Hal ini menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit. Pascal James Imperato, MD, dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat di SUNY Downstate Medical Center, Brooklyn, memperingatkan kerusakan paru-paru sebelumnya, seperti yang disebabkan oleh merokok, bisa meninggalkan risiko yang lebih besar dari komplikasi serius. “Perokok kronis selalu jauh lebih rentan terhadap infeksi pernapasan. Mereka telah merusak paru-paru, membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit,” kata James.


4.Olahraga terlalu sering.
Kebiasaan olahraga dalam jumlah yang berlebihan akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Tahukah Anda, pusat latihan kebugaran adalah tempat yang banyak mengandung kuman? Mulai dari treadmill dan peralatan kebugaran penuh keringat, bangku, ruang ganti, dan mungkin di dalam tas yang Anda bawa pulang sudah melekat dengan kuman. Tapi, ini bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga. Untuk melindungi dari serangan virus, bersihkan peralatan kebugaran yang ingin digunakan. Setelah berolahraga, jangan lupa untuk mencuci tangan.


5.Minum minuman beralkohol.
Sebuah penelitian terbaru di BMC Immunology menemukan, tikus yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat telah melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mungkin memiliki waktu lebih sulit melawan infeksi selama minimal 24 jam. Efek samping lain dari minum alkohol terlalu banyak adalah menyebabkan dehidrasi yang menggangu kemampuan hidung dan tenggorokan untuk menyaring kuman dan mengusirnya dalam bentuk lendir.


6.Ketergantungan lebih pada pembersih tangan antibakteri.
Anda terbiasa menggunakan cairan gel pembersih antibakteri, periksa dulu bahan yang terkandung di dalamnya. Sebuah gel antibakteri yang baik mengandung 60 – 95% alkohol, etanol, atau isopropanol. Cairan pembersih ini efektif untuk membunuh kuman, tapi jangan lupa untuk mencuci tangan seperti biasa menggunakan air bersih. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan pembersih tangan mampu membunuh virus. Mencuci tangan dengan sabun dan air tetap merupakan cara terbaik untuk mencuci tangan.


7.Tidak mencuci tangan dengan benar.
Banyak orang tidak mencuci tangan dengan benar. Cuci tangan sebanyak sepuluh kali, salah satu cara yang dianjurkan untuk mencegah datangnya virus flu. Namun, masih banyak orang yang tidak segera mencuci tangan setelah batuk dan bersin. Ditemukan juga banyak yang mencuci tangan kurang dari 15 detik, meskipun para ahli merekomendasikan mencuci tangan selama 20 detik atau lebih. Cucilah seluruh permukaan tangan antara jari dan pastikan benar-benar kering setelah tiu. Mematikan keran, lampu kamar mandi, dan membuka pintu gunakan tisu untuk menjaga tangan tetap bersih.


8.Penggunaan masker wajah yang salah.
Masker wajah tidak lagi dianjurkan untuk digunakan di rumah dan lingkungan kerja. Tapi masih banyak yang menggunakannya terutama jika dalam kondisi flu yang parah atau karena sehari-hari berurusan dengan orang sakit. Masker adalah sarang virus. Pastikan Anda menggunakan dan membuangnya dengan benar. Jangan menyentuh bagian depan yang paling mungkin terkontaminasi dengan virus. Setelah itu, cucilah tangan hingga bersih.


9.Minum obat flu sebelum waktunya.
Obat antivirus harus diberikan dengan resep yang tepat. Karena, dosis yang tidak tepat bisa membuat virus menjadi resisten terhadap obat ini.


10.Meremehkan setiap hal.
Biasanya, pasien berisiko tinggi terkena flu berusia setidaknya 65 tahun, di bawah dua tahun, wanita hamil, atau telah ada kondisi medis sebelumnya. Namun, kita semua harus mencegah sebelum virus flu secara serius menyerang kita. (*)


sumber : intisari-online.com




semoga bisa membantu :D
 
kalin pribadi, sangat benci penyakit flu, batuk, & pilek..

Begitu merasa stamina tubuh mulai drop (biasanya gampang terserang flu), kalin langsung konsumsi makanan yang meningkatkan stamina / daya tahan tubuh. Seperti sayuran, sup, dan jahe.

Tapi, kemarin kalin kecolongan.. Kalin masuk angin parah.. Beruntung, kalin langsung sigap. Jadi gak sampai hidung mampet.


Kalau kamu terserang pilek.. Usahakan buat ingusnya keluar dari hidung. Caranya, selalu minum air hangat & gunakan inheler. Buat badanmu hangat. Kalau ingusnya meler, insya allah bisa cepat sembuh. Juga kurap tubuh dengan minyak kayu putih, dari leher ke perut dan dari tengkuk, punggung sampai pinggang. Kurap yang rata. Kalau mandi, jangan pakai air dingin. Hangat aja.

Banyakin istirahat. Kalau bisa, total bed rest.

Jangan pakai pakaian yang ketat dan tebal. Biarkan tubuh kena angin.. Pakai baju yang tipis. Biasanya, pilek kan disertai demam. Nah, kalau kamu pakai jaket & baju tebal, demamnya gak bakal ilang. Cukup hangatkan padan dari dalam aja... Misal, dengan mengkonsumsi wedang jahe & teh jahe.







Jika sakit berlanjut..
Hubungi dokter..
 
Bawang Putih

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa ternyata Bawang Putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit flu. Mengapa?

Karena bawang Putih memiliki sifat anti-mikroba dan merangsang kekebalan tubuh sehingga sangat efektif untuk menghalau serangan penyakit flu. Bawang Putih juga sangat berperan dalam mengatasi penyumbatan di hidung.

Wah makasih nih Aku udah coba Baunya Menyengat banget, tapi badan jadi segar, gak batuk dan gak terasa Flu lagi
 
kalo bawang putih itu.. paling bagus buat gigi yang ngilu :D
tapi, ya gitu.. rasanya dan baunya.. gak banget..
 
Back
Top