Sistem Penggajian PNS di Singapura

zackysetya

New member
Sistem penerapan gaji pegawai negeri di setiap negara tentunya berbeda-beda. Masing-masing negara mempunyai sistem dan peraturan yang berbeda dalam menerapkan gaji para abdi negara tersebut. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sistem penggajian atau pemberian kompensasi kepada pegawai negeri (PNS) di Singapura.

Pemberian kompensasi kepada pegawai negeri Singapura mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. menggaji pegawai negeri sesuai dengan standar gaji yang berlaku di pasar kerja (market rates) serta sepadan dengan kemampuan dan tanggungjawabnya
2. gaji yang dibayarkan mengikuti perkembangan gaji di sektor swasta
3. dibayarkan dalam bentuk uang tunai
4. kompensasi beralih dari sistem pensiun kepada skema CPF
5. sistem gaji fleksibel yang dapat mengikuti perkembangan kondisi ekonomi
6. Sistem gaji yang diberlakukan memperkuat hubungan/keterkaitan antara gaji dan kinerja.

Gaji tahunan yang diterima oleh seorang pegawai negeri terdiri dari gaji bulanan selama 12 bulan, gaji tambahan sampai sebanyak 3 kali gaji bulanan pada kondisi normal (untuk tahun 2004 diberikan tambahan sebanyak dua kali gaji bulanan), bonus khusus dan bonus kinerja. Dalam hal pembayaran bonus yang terkait dengan kinerja (performance- related pay), pemberian bonus kinerja berlaku bagi seluruh pegawai di semua tingkatan tetapi dibedakan antara mereka yang kinerjanya luar biasa dengan yang biasa-biasa saja. Setiap kementerian diberikan fleksibilitas untuk mendistribusikan bonus yang disediakan, tetapi tidak boleh melebihi jumlah total yang telah ditentukan.

Selain gaji dan bonus di atas, para pegawai negeri di Singapura juga diberikan tunjangan (allowance). Pemberian tunjangan ini didasarkan pada kriteria: (1) tugas-tugas yang memerlukan tanggungjawab tambahan atau tugas-tugas yang berat dan sukar; (2) tugas-tugas yang beresiko tinggi; dan (3) pegawai negeri yang bekerja di lingkungan yang tidak nyaman/menyenangkan. Pemerintah Singapura setiap tahun melakukan review terhadap gaji pegawai untuk memperoleh perbandingan antara gaji di sektor pemerintah dengan gaji yang berlaku di sektor swasta berdasarkan equivalent job markets dan kualifikasi pendidikan. Review ini juga dimaksudkan untuk memonitor kondisi kesehatan (state of health) dari masing-masing pelayanan. Review tahunan ini tidak selalu diartikan sama dengan revisi gaji tahunan. Revisi gaji dilakukan terhadap kondisi pelayanan tertentu tergantuing dari kondisi kesehatan pelayanan yang bersangkutan. Yang menjadi pertimbangan utama dalam melakukan revisi gaji ini adalah daya saing pasar (market competitiveness).

Adapun instrumen yang digunakan untuk melakukan review gaji tahunan ini adalah: (1) penyesuaian terhadap gaji bulanan; (2) bonus kinerja; (3) komponen penyesuaian pasar (market adjustment component/MAC); dan (4) hak untuk tetap memiliki hadiah (retention bounty). Singapura juga memiliki sebuah dewan yang bertugas memberikan rekomendasi terhadap penyesuaian gaji pegawai negeri setiap tahunnya. Gaji yang disesuaikan berdasarkan rekomendasi National Wage Council ini berlaku mulai bulan Juli setiap tahunnya bagi seluruh pegawai negeri.

Di Indonesia, meskipun gaji PNS belum setinggi di Singapura namun profesi ini diminati banyak masyarakat. Ribuan bahkan jutaan orang selalu bersaing memperebutkan kursi PNS. Proses seleksi CPNS di Indonesia juga terbilang tidak mudah. Jika Anda tertarik ingin menjadi PNS, belajarlah mulai dari sekarang. Untuk mempelajari soal-soal cpns dan software CAT CPNS silahkan join member soalcpns.com (Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia)
 
Back
Top