Apa yang sebaiknya lo makan setelah kerja keras seharian?

johnnypetot

New member
Bekerja dan makan perlu keseimbangan. Tubuh yang dipaksa bekerja keras secara berkesinambungan tentu perlahan akan menjadi lelah, maka dari itu selayaknya manusia makan dan minum demi mendapatkan energi kembali. Akan tetapi asupan yang masuk ke dalam tubuh kita pun harus diperhatikan, karena bila salah mengonsumsi makanan, bukannya energi yang didapat, malah sakit yang akan merugikan tubuh kita. Lalu apa yang sebaiknya kita makan/minum setelah bekerja keras?

1. Telur

Setelah bekerja keras, asupan terbaik untuk dikonsumsi adalah protein dan karbohidrat. Telur mengandung kedua zat tersebut. Protein yang terkandung dalam telur sebanyak 6.3 gram dan hanya mengandung 70 kalori per butirnya. Selain itu, telur juga termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin D secara alamiah. Saran: sebaiknya selalu konsumsi telur yang dimasak karena tubuh Anda bisa menyerap dua kali lipat lebih banyak protein dari telur yang dimasak tersebut.

2. Jus Jeruk

Banyak orang yang lebih memilih minum minuman suplemen olahraga di pasaran daripada minum yang alami seperti jus buah-buahan. Padahal, seperti jus jeruk, banyak manfaat langsung dan alami yang bisa kita dapatkan. Selain tentunya vitamin C yang baik untuk tubuh, dalam jus jeruk juga terdapat potassium yang merupakan cairan penting yang akan membantu mengembalikan cairan tubuh.

3. Pisang

Seperti halnya jus jeruk, pisang juga mengandung potassium yang baik untuk tubuh setelah bekerja keras. Karbohidrat yang terdapat pada pisang juga membantu mengembalikan tingkat glikogen yang membantu membangun kembali energy yang berkurang.

4. Yogurt

Mengapa protein penting setelah tubuh bekerja keras? Kandungan asam amino yang terdapat dalam protein dapat membantu membangun tenaga Anda. Pilihlah yogurt rendah lemak yang mengandung protein sebanyak hampir 15 gram. Anda dapat menambahkan buah beri pada yogurt Anda untuk menambah kadar karbohidrat di dalamnya.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu, terdapat juga zat Omega 3 anti inflamasi yang membantu membangun kembali tenaga dan kinerja tubuh Anda serta mampu meningkatkan daya ingat/konsentrasi

6. Buah-Buahan Kering dan Kacang

Anda malas makan berat? Buah-buahan kering dan kacang-kacangan aman dan baik untuk dikonsumsi setelah bekerja keras. Jenis cemilan satu ini bisa menyerap protein dan karbohidrat begitu cepat ke dalam tubuh Anda. Kacang-kacangan, terutama kacang kedelai mampu membangun kembali tenaga Anda dan kira-kira setengah cangkir kacang kedelai mengandung 34 gram protein.

7. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang merupakan anti inflamasi alami yang dapat menyembuhkan memar, keseleo, atau bengkak-bengkak. Jaringan tubuh Anda pun akan diperbaiki dengan kandungan vitamin C yang terdapat pada buah satu ini.

8. Kentang Manis

Banyak sekali yang terkandung dalam kentang manis seperti karbohidrat, serta vitamin dan nutrisi seperti vitamin B6, C, D, magnesium, dan potassium.

sumber
 
abis kerja keras atau olahraga ak makan pisang

20131229_111644_banana-pisang.jpg
 
Back
Top