Awas, makanan dan kuliner ini kolestrolnya tinggi!

johnnypetot

New member
Gan, hari2 ini memilih makanan yang sehat agak sulit, dan terkadang kita tak sadar makanan yang kita makan justru mengandung kolestrol yang tinggi. Sebelumnya gue akan bahas dulu ini mengenai kolestrol itu apa. Kolestrol sendiri dibagi dua yaitu HDL dan LDL. HDL atau High Density Lipoprotein disebut sebagai kolestrol baik karena mampu melarutkan kolestrol LDL atau Low Density Lipoprotein yang dikenal sebagai kolestrol jahat karena sulitsekali terurai. Kolestrol LDL akan terbawa aliran darah dan akan menempel dalam dinding pembuluh darag arteri dan bila ini berlangsung terus menerus akan terjadi penumpukan yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah arteri atau disebut dengan asteroskleriosis. Asteroskleriosis bisa terjadi pada pembuluh arteri jantung maupun otak. Bila asteroskleriosis terjadi pada otak akan mengakibatkan stroke jika terjadi pada jantung akan mengakibatkan serangan jantung koroner.

Oleh karena itu kita harus paham kuliner dan makanan yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi supaya terhindar dari stroke maupun jantung koroner. Berikut ini beberapa jenis makanan dan kuliner yang perlu diwaspadai memiliki kadar kolestrol tinggi :

1. Kuning telur
Kadar kolestrol nya tinngi, paling tinggi itu kolestrol telur burung puyuh sekitar 3.640 mg. Tapi bukan berarti lo tidak boleh makan telur sama sekali. Hanya batasi konsumsi telurnya 2 butir sehari.
2. Daging jeroan
Hmm...kalau yang satu ini agak sulit menolak yah termasuk gue sih. Dagiing jeroan ini memiliki kadar kolestrol yang sangat tinggi yaitu 280 mg untuk jeroan sapi, dan 610 mg untuk jeroan kambing. Jadi hindari saja, kalau ingin mengkonsumsi batasi saja cukup sebulan sekali.
3. Seafood
Aih, ini lagi...makanan enak satu ini sangat sulit dihindari buat lo yang doyan banget. Hehehehe...Ternyata cumi-cumi tuh kadar kolestrolnya gede loh sekitar 1170 mg. Kerang kolestrolnya sebesar 160 mg, dan udang sebesar 195 mg. Waduh, musti dibatesin nih gan konsumsinya. Secukupnya aja kali yah. Kalau mau makan seafood pilih ikan aja kayak kakap, salmon, atau tuna yang justru lebih banyak vitamin dan omega 3 dan 6 untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
4. Mentega
Hmm...yang ini juga ternyata kada kolestrolnya tinggi, sekitar 300 mg. Padahal ini untuk olesan pada roti. Wah, berarti musti ganti nih, pakai selai coklat atau cukup taburan keju dengan irisan pisang.

Nah itu dia gan beberapa makanan dan kuliner yang kolestrolnya tinggi. Jadi sebaiknya pilih makanan sehat saja seperti buah, sayur, ikan, dan kentang. Dan jangan lupa olahraga yah.

sumber
 
Back
Top