Tips Mudah Merawat Keyboard Yamaha PSR S950

abdibuku

New member
Salam keyboardist !, pada postingan kali ini saya ingin berbagi tips cara merawat keyboard yamaha PSR S950 agar selalu awet.
Tips berikut ini juga dapat diterapkan terhadap seri keyboard lainnya diluar seri keyboard yamaha PSR S950.

Perawatan penting dilakukan secara berkala agar keyboard dapat dipergunakan dalam jangka panjang.
Nah berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan keyboard yamaha PSR S950 :

1. Selalu menggunakan Stabilzer/UPS/Regulator sebagai alat penyeimbang arus listrik, hal ini sangat besar manfaatnya agar keyboard memperoleh asupan daya yang cukup untuk menjalankan seluruh komponen keyboard.

2. Selalu memperhatikan suhu disekitar keyboard, hal ini untuk mengindari suhu panas yang dapat merusak komponen keyboard, dalam hal ini layar/LCD keyboard lebih rentan mengalami kerusakan, maka upayakan agar tidak menggunakan keyboard dibawah teriknya sinar matahari (ruangan terbuka)

3. Selalu memperhatikan kebersihan pada keyboard, penting untuk selalu membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bagian body dan tuts keyboard, dengan selalu membersihkan secara teratur maka debu dan kotoran yang menempel tidak akan dapat menjangkau bagian dalam keyboard.

4. Jangan membungkus body keyboard dengan plastik secara berlebihan, hal ini akan memicu panas yang berlebihan pada bagian dalam keyboard dikarenakan sirkulasi udara yang ada pada bagian keyboard menjadi minim, maka penggunaan plastik pembungkus bisa diminimalisir atau tidak sama sekali.

5. Selalu memainkan keyboard secara terorganisir, yaitu tidak secara sembarangan menggunakan fitur yang masih belum anda ketahui, ada baiknya baca terlebih dahulu agar mengetahui fungsi fitur yang akan dijalankan, mengingat keyboard seri S950 sudah menggunakan OS (Operating Sistem) yang bisa saja mengalami gangguan akibat kelalaian dari penggunanya.

6. Lakukan servis secara berkala agar selalu menjaga kondisi komponen dalam keadaan baik.

7. Selalu simpan keyboard pada tempat yang sejuk

Mungkin ini saja yang dapat saya share untuk sobat keyboard, dan jika masih ada tambahan lagi dari para rekan sekali bisa dipostingan pada halaman komentar dibawah ya!.

Ok, semoga bermanfaat !

Sumber : Blog Okemidi.com
 
Back
Top