Aromaterapi untuk kesehatan

EsterAntonia

New member
Aromaterapi itu seing terkait dengan spa dan alat untuk membuat cantik lainnya. Tapi sebenarnya aromatherapy itu bisa digunakan untuk mengobati luka, bengkak, sakit kepala,kulit yang terbakar matahari,flu cellulite menghilangkan jerawat, sinusitis dan lain-lain.
Pake aromaterapi itu wangi dan mudah. Dy juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi, penggunaan terhadap ibu hamil harus hati-hati kare na ada beberapa oil yang ga bisa membahayakan. Juga aromaterapi itu ga boleh dilakukan sering-sering. Menurut buku yang dibaca (judulnya the encyclopedy of aromatherapy), aromatherapy itu jauh lebih efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit dari obat-obatan.
Pernah liat ga di tv-tv aromatherapy digunakan untuk mengurangi stress. Itu lho iklan balsam atw lotion, cairan pel dll yg sering pake lavender or tea oil. Nah, mereka (lavender dan tea oil) itu adalah essential oil yang paling sering dipake buat aromaterapi. setiap oil punya manfaat yang berbeda. Banyaaaaak banget macamnya...
Aromatherapy itu ampuh banget untuk mengobati penyakit tapi harga essential oilnya cukup mahal.Satu botol aja harganya bisa lebih dari Rp50.000,- tapi itu bisa dipake untuk jangka waktu lama. Karena kadang-kadang dipakenya cuman setetes atau lebih...
Jadi daripada pake obat-obatan yang punya efek samping mending pake aromatherapy yang sering dipake oleh bangsawan pada jaman dahulu.
Artikel lebih lengkap ada di webku...
 
Aromatherapy itu menggunakan esential oil. Esential oil itu merupakan minyak dari tumbuh2an, yang merupakan senyawa kimia yang sangat pekat. Nah, senyawa inilah yang baik untuk tubuh.. Tapi tidak boleh dipakai dalam kadar yang banyak karena kepekatannya. Esential oil akan terserap ke dalam tubuh. Senyawa kimia dalam esential oil ini akan bergabung bersama senyawa kimia tubuh sehingga bisa menciptakan harmoni yang baik.
Begitulah...

Oleh karena itu, cara penggunaannya dan hal-hal yang harus dihindari sangat penting untuk diketahui. Misalnya hanya citrus yang boleh dipake ama ibu hamil.Sebenarnya sih klo bisa ibu hamil mendingan dihindari pemakaian esential oil.
Cara penggunaannya bisa dengan kompres, minyak pijat,dihirup,aromatic bath, inhalation.
Yang pasti esential oil ini sebelum penggunaan harus dicampur dulu dengan base oil(vegetable oil).Bukan minyak untuk bayi..
More info ada di webku funtherapy.Lihat-lihat aja..

Aku punya beberapa resep aromatherapy untuk beberapa penyakit tertentu.. Kamu bisa tanya... Tapi bukan berarti aku tahu semua lho
 
Di Indonesia banyak kok, biasanya di mall-mall gitu deh. Kebanyakan di toko-toko kecantikan dan kesehatan, yang suka ngjual produk-produk impor. Tapi di Indonesia sendiri juga ada esential oil lokal klo ga salah buatan Martha Tilaar. Merknya Dewi Sri spa.Klo soal harga sih macam-macam, dulu sih satu botol itu harganya Rp80.000,- tapi bisa dipake dalam jangka waktu lama... Mengingat efek positifnya buat tubuh kita sih, menurut saya itu ga mahal...

Lulur ya? Setahu saya sih, Esential oil itu ga dicampur sama lulur. Biasanya sih,dia dipake buat berendam setelah luluran.
 
oh gitu, kalau kita gunakan untuk pengharum ruangan (kita taruh di sudut tempat agar wangi) kira- kira akan bertahan sampai berapa lama?
wah mba ester dah berapa hari ya gak absen?
 
Eh emangnya, klo dateng harus absen ya?
saya sih hampir tiap hari mengunjungi i2...
Habis asik sih...
Pengharum ruangan ya? Lumayan lama sih rasanya. Saya ga ngitung berapa lama dy bertahan.. coba aja dulu....
 
kok kayaknya mba ester ini tau banyak ya tentang Aroterapi? memang mba buka stand yah? boleh mampir dong?
 
Upssst..
abis mba gak keliatan aja chatnya,kan kalo baru chat langsung keliatan di timenya. Eh bener juga tuh kata Pak 7huruf, kan yang mau lebih tau bisa langsung datang dan beli. gak kuliah mba?
 
eh kira-kira bisa gak ya kita buat Aromaterapi sendiri dirumah? mengingat kita ini anak kost. Serba ngiRiiiiiiiit.. :p
 
Hmm.. lagi libur kuliahnya. Ntar masuk baru tanggal 20 Agst..
Dulu mama saya sempat punya spa. Truz di rumah banyak buku-buku gitu deh...
Saya ga punya stand.. Di toko buku banyak kok buku2 tentang aromatherapy. Aromatherapy itu asyik, soalnya udah wangi bikin sehat lagi... Dia juga bisa meningkatkan konsentrasi sewaktu bekerja. Klo ga salah pake esential oil yang peppermint. Klo ga salah( ntar deh diliatlagi dibuku).. Jadi dengan mencium wanginya kita bisa lebih konsen gitu... asik kan.. ga usah pake obat-obatan.
 
eh kira-kira bisa gak ya kita buat Aromaterapi sendiri dirumah? mengingat kita ini anak kost. Serba ngiRiiiiiiiit.. :p

Sorry dibalesnya kepisah sama post sebelumnya. Ga keliatan sih, ga ngira udah mpe halaman 2.
Bisa kok buat sendiri di rumah. Liat aja cara-caranya, apa aja yang harus dihindari, dan resep-resepnya. Untuk resep2 saking banyaknya belum saya tulis semua. Ntar Superman bilang aja aromatherapynya mw dipake bwt apa (e.g mengobati flu, menghilangkan jerawat, meningkatkan konsentrasi, mengurangi stress,....). Saya cariin resepnya di rumah (klo ada).
 
Hah, mengobati fLu? emang bisa?
ada gak jenis Aromaterapi yang cocokLah buat kita para cowok,biar gak terkesan Metroseksual gitu... abis sebagian wewangian gak cocok diHidung cowok.
 
Bisa dunx... resepnya udah aq tulis belum ya di webku funtherapy...? lupa ei.. liat aja dulu di webku.
Aromatherpy kan digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit(ga semua lho). Aromatherapy yang pas buat cowo itu maksudnya apa? Klo wanginya sih, itu tergantung selera. Paling coba aja cari esential oil(e.o) yg bahan dasarnya bukan bunga tapi buah or daun... Waktu beli e.o-nya coba dicium-cium sendiri.. Selera cowo aq ga ngerti...
 
Gimana kalo mba terangin langsung aja disini,cOz biar afdol z. mbak mamaku tanya nama spa-nya mba apaan?
nanya lagi boleh gak???
 
Dulu namanya Jimar spa, lokasi di Bandung.

Bukan maksud hati ga maw nerangin. Tapi panjang banget ei keterangannya...
Yah aq beberin tapi singkat-singkat aja yah.
Cara pake aromatherapy itu : inhalation(menghirup uap dari esential oil yang sudah dicampur air panas) cocok u/ flu, kompres, pengharum ruangan, buat pijet n berendam.
Yang ga boleh melakukan aromatherapy itu ibu hamil, orang darah tinggi trus apa lagi ya lupa ei, orang epilepsi,.... ga boleh kenak kelenjar mukosa, ga boleh tertelan. Perbandingan essential oil dan base oil max 3%. Yang masih kuingat itu. Nanti lagi deh ditambahin.
 
hah, Bandung? aku kira mba ESter ada dijakarta...
maksudnya sih mau mampir, Cuma bisa dihirup pakai air panas aja? apa gak ada yang lain yang lebih praktis? soalnya aku mau ngasih mamaku u/ ditaruh dimejanya.
Upssst aku lupa,hari ini kan dia uLtah??!!!
 
Megha kenapa gak pakai pengharum ruangan aja? kan kamu mau kasih yang praktis-praktis aja kan? ada loh yang harumnya kayak aroma therapi, dan harganya terjangkau banget.
 
Ye..... 7huruf!! mana bisa disamain, aromaterapi sama pengharum ruangan kan beda. dasar sedeng! udahlah biar mba Ester aja yang menerangkan. bukan begitu bukaaan? =)
 
Back
Top