Gula Jawa Bahasa Inggrisnya atau di Negara Lain Namanya apa?

Status
Not open for further replies.

azizi

New member
Gula Jawa itu bener-bener dari Jawa apa gimana sih? Aku liat di TV luar negeri ada bahan makanan kayak gula jawa juga
 
kalo ga salah dengar loh.. pas jadi TKI di malay ada rujak manis(ala jakarta) tu saus tak tanya dari chilie,ketcup,brun-sage..
cxixixi.. ga mikir gula aren pa gula tebu. kalo gula jawa lah asal yg warnanya kaya kulit org.jawa.. ada gula batok,gula bumbung,gula besek.. sesuai t4 cetak pembuatannya, bahan pembuatnya bisa dari getah enau, kelapa, tebu, 'BIT' blum umum di indon(sulit tumbuh kali). pas aq kecil ada juga 'Gulali' .. Bahasa inggrisnya apa? sama ja tanya lampu-neon,radio,tv.. bahasa jawanya apa... suka2 dik Tia bilang!
 
oh gitu yah, yang paling penting dari sebutannya hanya kata "sugar" yang mengartikan gula, sisanya terserah kita mau bilang apa yah ahhaa
 
Gula Jawa itu bener-bener dari Jawa apa gimana sih? Aku liat di TV luar negeri ada bahan makanan kayak gula jawa juga

bahasa inggrisnya gula jawa adalah : palm sugar

Gula jawa bukan saja berasal dari jawa saja tp juga berasal dari Sulawesi, sumatera, kalimantan dan papua. Gula Jawa atau Gula aren atau Gula merah adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula jawa biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

450px-Gulaaren.jpg
 
ooh palm sugar ya? ane kira brown sugar kalo gula jawa. tapi trakir liat brown sugar di singapur dia kaya gula pasir gitu bntuknya sih..
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top