Penyebab Kerusakan Motherboard Laptop

wayanz

New member
Motherboard adalah komponen yang paling penting dan berfungsi untuk menghubungkan semua komponen pada PC sehingga dapat digunakan untuk bekerja.

Mungkin teman-teman disini sering mengalami keluhan tentang seringnya motherboard rusak bisa baca penyebabnya berikut ini :

Penyebab Motherboard Sering Rusak

1. Debu dan Partikel Lainnya

Casing yang kotor dan banyak debu biasanya menjadi masalah besar, partikel lain seperti kencing/kotoran tikus, telur kecoak dan hal-hal aneh lainnya. Biasakan mengecek kebersihan komponen PC secara berkala.

2. Arus Listrik Yang Tidak Stabil

Arus merupakan sumber energi pada Desktop Computer. Arus mensuplay ke semua perangkat hardware terlebih pada motherboard yang merupakan papan inti terhadap pembagian arus listrik ke berbagai penjuru hardware. Tegangan arus listrik yang tidak bisa menyebabkan fatal eror pada motherboard. Bukan hanya itu, namun bisa menyebabkan eror pada perangkat lainya.

3. Kerusakan Fisik

Terjatuh, tergores, terkena air adalah kerusakan fisik yang bisa terjadi. Berhati-hatilah saat mereparasi dan bekerja dengan komputer. Motherboard sebenarnya bisa di cuci asal dalam keadaan tidak terhubung ke listrik. dan dapat digunakan lagi saat benar-benar kering.

4. Suhu Terlalu Panas

Walau lebih sering terjadi pada processor, suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan rusaknya komponen motherboard. Pastikan dalam casing terdapat aliran udara yang cukup.

5. Umur Usia Pemakaian

Hal terakhir yang sering disalahkan adalah umur usia pemakaian, tidak ada komponen komputer yang bisa terus bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Untuk memperbaiki kerusakannya mungkin bisa baca http://komputertips.com/cara-memperbaiki-motherboard-laptop-komputer-rusak/

Mohon maaf kalau repost kakak, :D
 
motherboard itu max bisa bertahan berapa tahun ya? soalnya komputer tia udah berumur sekitar 4 tahun... kalau tau batas max kan jadi bisa mempersiapkan biaya jika kemungkinan motherboard rusak
 
beberapa Keluaran motherboard lepi baru ada yang terbungkus / dilapisi plastik, secara teori ini akan membuat panas berlebih bahkan terbakar..
 
Back
Top