Tanya Jawab : Yang Unik

d-net

Mod
kenapa jagung punya rambut

kalo kepuncak paling enak emang bakar jagung sambil liat-liat pemandangan, tapi yang bikin sebel pasti ribet pas beersihin rambutnya. Ngerepotin aja!
ada yang tau gak kenapa jagung ada rambutnya?

ohh itu sebenernya bukan rambut lagi! itu sebenarnya kepala putik dan tankai putik. Setiap biji jagung-bakal buah betina menumbuhkan sebatang tangkai putik sepanjang 30cm ujungnya lenket gunanya buat menangkap serbuk sari.
Jagung membuat bunga jantan di pucuk tangkai yang tinggi. Kalau bunga betinanya jadi dewasa, kepala putiknya menangkap serbuk sari yang terbang tertiup angin. Butir serbuk sari yang mendarat dikepala putik harus menjulurkan tabung serbuk sari sepanjang benangnya ke satu bakal buah yang ada di kepala buah. Sesudah pembuahan, rambut jagung jadi keoklatan. Kalobot, yakni sekelompok atau sekumpulah daun gagang liat yang mirip daun yang melindungi buah itu. jadi intinya itu benang sari....
 
Last edited by a moderator:
Re: kenapa jagung punya rambut

pak mister Akujagoan udah aku kirim keterangannya ke inbok tinggal di copy aja ya.
 
kenapa sih kaktus berduri?

Aku pikir tanaman apa yang ada di halaman rumah temanku,ternyata katus!
sakit banget :'( kena durinya.. uuh sebel! Kenapa sih kaktus itu berduri?!
 
Re: kenapa sih kaktus berduri?

uuh Kacian :)

Aku ceritain dulu yach sejarahnya..

Ratusan abad yang lalu, ketika gurun dah mulai meluas yang kini udah menjadi Amerika Serikat baat daya. Terdapat sebuah tumbuhan yang sampai saat itu terbiasa dengan lingkungan tropis yang lembap-terancam punah. Tumbuhan-tumbuhan itu berevolusi dengan beberapa mekanisme yang mengagumkan untuk menghadapi panas dan kekeringan yang menyiksa.
Di antaranya, yang paling berhasil adalah penyesuaian nenek moyang kaktus masa kini, suatu pohon kecil yang berdaun lebat. Tumbuhan kehilangan air melalui daunnya, dan daun pohon kecil itu lambat laun berganti menjadi bagian duri yang melindunginya terhadap matahari, bagaikan suatu tabir berkisi-kisi.Air dari kabut gurun atau embun mengumpul apda duri-duri itu dan menetes turun keatas.
Berubahnya daun menjadi duri hanyalahsalah satu dari penyesuaian kaktus. Kaktus berkembang dengan akar-akar panjang dan dangkal yang menghisap air pada daerah yang luas, sehingga tumbuhan itu mampu sebanyak mungkin menangkap air hujan lebat yang sesekali terjadi.
Kaktu juga mempunyai jaringanseperti spons didalam batangnya untuk menyimpan air yang telah terkumpul.
Tambahan lagi, banyak kaktus mengembangkan rusuk seperti akordeon yang memungkinkan batangnya mengembang bila penuh air dan menyusut bila kering. Kini, batang kaktus terbesar yaitu saguaro dengan berat 5,4 ton dan mampu menyimpan air sebanyak 1 ton.yang memperbesar garis tengahnya dengan 30 sentimeter.
 
mengapa daun putri malu bisa menutup?

Suka aneh kalau melihat tanaman putri malu,bisa menguncup sendiri
Memangnya apa ya yang membuatnya begitu?
 
Re: mengapa daun putri malu bisa menutup?

Yang jelas karena faktor sentuhan, ini biasa dipanggil gerakan nasti. penyebabnya karena ada perubahan tiba-tiba dalam keseimbangan air. nama lain Putri malu mimosa berasal dari padang rumput Amerika selatan,gerakan nasti ada dua macem. yang pertama disebut haptonasti yaitu karena sentuhan, yang lain namanya fotonasti yaitu reaksi yang timbul karena rangsangan cahaya.kedunya bisa bereaksi pada pembengkakan yang terjadi pada bantal daun, pangkal tangkai dan titik lekat daun-daun kecilnya. pada sentuhan paling ringan pun pembengkakan itu mengosongkan air jadinya daunnya Lemes gitu kaya layu deh pokonya.
 
Re: mengapa daun putri malu bisa menutup?

oh gitu..
daun putri malu tuh kaya tanaman lain gak,tumbuh kalo ada musim tertentu?
satu lagi putri malu masuk dalam kelompok tanaman apa nih?
 
Re: mengapa daun putri malu bisa menutup?

Putri malu tuh asalnya dari Amerika,kalo alasannya kenapa nih pohon nyasar sampe ke negara kita ya.. karena serbuk sarinya tebawa oleh angin Lagipula di tempat asalnya orang-orang juga memeliharanya karena warna bunganya yang berwarna cerah.
dia termasuk jenis polong-polongan,terus dia berbunganya dari bulan juni sampai agustus (jangan tanya kenapa ya soalnya gw gak tau)
 
hai. bagus nih tanya jawabnya. btw. berapa lama ya kira-kira daun pohon malu kembali terbuka setelah dia menguncup setelah digoyang?
 
Hai, menarik juga ya pembahasan putri malunya. Aku juga heran ngeliat tanaman itu. truz kenapa tanaman putri malu bisa mengembang lagi setelah menguncup?
 
Re: mengapa daun putri malu bisa menutup?

O......gitu! Teruz kalo putri malu udah mengembang lagi berarti airnya udah terisi gitu???
Jadi bingung,,,,,
 
Re: kenapa sih kaktus berduri?

Aku pikir tanaman apa yang ada di halaman rumah temanku,ternyata katus!
sakit banget :'( kena durinya.. uuh sebel! Kenapa sih kaktus itu berduri?!
kaktus berduri karena untuk melindungi dirinya sendiri
 
Back
Top