Usia kebugaran bisa dihitung dengan kalkulator ini

johnnypetot

New member
Usia manusia sekarang ini sudah tidak bisa lagi diukur dari lamanya seseorang hidup, karena walaupun manusia baru berusia 20-30 tahun, bisa jadi saat dilihat dari kualitas kebugaran dan kesehatan, ternyata sudah berusia 60 tahun akibat dari gaya hidup yang tidak sehat.

Hal ini diteliti oleh sekumpulan ilmuwan dari NTU (Norwegian University of Science and Technology). Mereka menemukan sebuah kalkulator kebugaran yang bisa menilai usia kebugaran seseorang. Alat ini tidak membutuhkan tes darah atau pengukuran paru yang biasanya rumit banget. Kalkulator ini menggunakan latihan fisik sebagai dasar pelaksanaan utamanya.

NTU menelitinya pada 5000 responden berusia 20-30 tahun. Dalam penelitian ini, pihak NTU memakai lima parameter untuk menghitung usia kebugaran. Dan hasilnya cukup akurat karena mendekati hasil laboratorium. Para responden ini diwajibkan untuk berlari di atas treadmill sampai merasa lelah.

Lalu dilanjutkan dengan VO2 Max atau asupan maksimal oksigen masing-masing responden. Dari pengujian ini akhirnya diketahui sebaik apakah oksigen yang dihirup dapat ditransfer ke tiap sel tubuh tiap responden.

Untuk responden yang tidak memiliki treadmill, para peneliti ini menggunakan lima parameter yaitu lingkar pinggang, detak jantung saat istirahat, intensitas dan tingkat olah fisik, seks dan umur.

Dengan menggunakan lima parameter tersebut, peneliti sudah bisa memasukkannya ke dalam kalkulator untuk mendapatkan hasilnya. Data dari kalkulator ini adalah ukuran VO2 Max seseorang, indikasi pengukuran, usia kebugaran dan kondisi kebanyakan responden yang seusia.

Hasilnya ada seorang pria usia 48 tahun dengan berat 81 kg setelah diukur usia kebugarannya berusia 45 tahun. Pria tersebut memiliki detak jantung 72 per menit saat istirahat sama dengan pria usia 45 tahun. Rahasianya adalah olahraga rutin, meski dengan frekuensi dan intensitas yang sama dengan pria usia 45 tahun.

Kalau agan mau mencoba menghitung usia kebugaran, ada calculator online untuk hitung usia kebugaran. Agan bisa liat contohnya pada gambar di bawah ini

fitnesscalculator.png


Nah jika nanti hasilnya memang kurang menyenangkan, itu tandanya den dan non harus segera menjalani pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga.

Sehat jauh lebih nikmat dibanding dirawat di rumah sakit super mewah sekalipun. Sakit selain jauh dari rasa nikmat, juga butuh dana yang gak sedikit. Hampir semua biaya pengobatan jauh dari kata terjangkau, so jalani hidup sehat mulai dari sekarang. Jaga asupan makanan dan selalu berolahraga. Makan makanan bergizi seperti salmon dan tuna juga almond dapat meningkatkan daya ingat

sumber : health.kompas

sumber gambar : cergntnu.wordpress
 
Last edited:
Back
Top