Kiat Perawatan Lantai parket kayu Dengan Teknik Penggunaannya

onlygrace

New member
Jika ingin menghidupkan suasana etnik, menggunakan lantai kayu ialah salah satu cara yang tepat. Kerennya lagi, sifat alamiah kayu menjadikan suasana rumah anda jadi sejuk dan juga hangat. Cuaca panas bisa terasa sejuk, bahkan musim hujan bisa terasa hangat oleh karena sifat alamiah kayu itu sendiri. Furnitur-furnitur di rumah anda bakal gampang disesuaikan dengan lantai parket lantaran sekarang ini pilihan motif lantai parket yang ada sangat beragam. Namun penting diingat-ingat bahwasanya lantai parket pun memiliki kekurangan, kayu amat gampang menjadi santapan rayap, selain itu peralihan cuaca juga mampu menyebabkan kayu menjadi rapuh. Jikalau pada akhirnya anda menggunakan lantai parket, ingatlah untuk memperhatikan jenis kayu dan juga teknik perawatannya. Perawatan lantai parket harus dilakukan dengan rutin sehingga corak lantai parket tidak pudar dan juga senantiasa indah hingga bertahun-tahun.


Lantai kayu parket wajib menggunakan jenis kayu khusus

Furnitur rumah dari kayu harus memenuhi ketentuan-ketentuan khusus. Jenis kayu yang dapat digunakan untuk material rumah mestilah jenis kayu yang kebal dengan peralihan cuaca dan juga rayap, seperti jenis kayu jati, damar laut, eboni, bangkirai, merbau
. Selain itu, kayu yang digunakan pun harus memiliki kadar air yang minim, lantaran kandungan air yang banyak bakal menyebabkan kayu cepat mengembang, susut, atau retak .


Luas dan juga tatanan ruang wajib jadi bahan pertimbangan

Pertama yang penting dilakukan ialah mengetahui ukuran ruang yang bakal menggunakan lantai parket. Struktur dasar lantai harus kuat jika tempat yang mau menggunakan lantai parket cukup luas. Yang harus dilakukan selanjutnya, bila kayu yang digunakan berciri lunak, akan lebih baik jika bawahnya dirangkap material lain terlebih dulu, sehingga air dari tanah tidak teresap oleh lantai kayu. Sedangkan jika jenis kayu yang digunakan berciri padat, akan lebih baik jika fondasi lantai diperkokoh dengan menggunakan perekat khusus maupun paku, tergantung situasinya. Seterusnya, untuk menambah nilai estetis dan juga memudahkan penataan mebel-mebel, susunan lantai parket juga wajib mempertimbangkan bentuk ruang. Lantai kayu yang disusun vertikal lebih tepat untuk bentuk tempat memanjang, sementara bentuk tempat melebar lebih tepat menggunakan lantai kayu yang disusun horisontal. Cermati pula kerapian pada waktu perakitan lantai parket. Pastikan lantai kayu tersusun rata dan rapi, lantaran bila permukaan lantai bergelombang, lantai parket bakal cepat rusak, dan juga ruanganpun jadi tidak nyaman.


Lantai kayu parket wajib dirawat secara teratur

Perawatan khusus dibutuhkan biar lantai parket senantiasa awet. Kain basah atau cairan sabun jangan digunakan untuk mengelap lantai parket, lantaran air bakal cepat terserap oleh kayu yang menyebabkan kayu menjadi tidak awet. Cukup gunakan penyedot debu maupun sapu yang lembut. Permukaan paling atas lantai parket memang diciptakan untuk tahan terhadap zat cair, tetapi tidak berarti boleh dibiarkan basah untuk waktu yang lama. Jikalau memang lantai parket anda tak sengaja tertumpah zat cair, segeralah mengeringkannya. Selain itu, bila anda ingin memindahkan mebel-mebel, akan lebih baik jika dengan dijinjing dan juga jangan sampai digeser, sebab bakal menyebabkan lantai parket cacat. Uniknya, meskipun lawan utama kayu ialah air, pori-pori lantai parket wajib senantiasa terjaga kelembapannya, oleh karena itu lantai parket sebaiknya dibersihkan menggunakan zat cair pelembab khusus setiap 12 minggu sekali.. Pada lantai kayu ada serupa pengait untuk menjadikan satu parket kayu yang satu dengan lainnya, pengait ini dilapisi formalin. Fungsi formalin disini ialah menjadi perlindungan terhadap serangan rayap, sebab rayap tidak senang dengan formalin. Meskipun begitu, tak ada salahnya jika anda menginjekkan anti rayap setiap 36 bulan sekali, dengan tujuan menjaga keawetan lantai parket anda.


Pada perakitan lantai, pertolongan tukang ahli amat dibutuhkan

Berhati-hatilah lantaran terlampau banyak tukang yang memasang lantai parket dengan serampangan. Akibatnya nilai estetis lantai parket itu jadi berkurang. Sense of art pada lantai parket baru bakal kelihatan bila tukang yang merakitnya tahu sense of art. Corak serat, ukuran parket kayu, serta gradasi warna ialah hal-hal yang wajib dipertimbangkan tukang. Nilai estetis lantai parket akan kelihatan bila ditangani tukang yang terampil di bidangnya. Kami siap membantu anda memasang lantai parket dengan tujuan keindahan interior tempat tinggal anda.

Hanya sedikit share, semoga membantu...
 
Back
Top