Isu Hangat Puan Maharani Siap Jadi Cawapres Jokowi

spirit

Mod
152926_jokowikampanye.jpg

Saat ini Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan capres Joko Widodo tengah menggodok kriteria cawapres. Di tengah pembahasan serius ini muncul isu hangat, Ketua Bapilu PDIP Puan Maharani tertarik menjadi cawapres Jokowi. Serius?

Menurut sumber detikcom di internal PDIP, Puan Maharani telah menyampaikan kesiapannya jadi pendamping Jokowi itu ke sang ibu yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Namun sampai saat ini Mega belum memutuskan sosok cawapres pendamping Jokowi.

Memang Partai NasDem yang berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung Jokowi sebagai capres tak memaksakan nama cawapres maupun menteri. Koalisi ini memang dibangun dalam kerangka kerja sama, bukan bagi-bagi kekuasaan ataupun dagang sapi. Tentu saja membuka peluang PDIP memunculkan capres-cawapres dari internal PDIP, atau kombinasi PDIP dengan cawapres profesional yang dipilih 'Queen Maker' Megawati.

Isu Puan disiapkan jadi pendamping Jokowi pernah muncul saat memasuki tahun 2014. Kala itu Eva Kusuma Sundari yang kini jadi Jubir PDIP pernah mengungkap adanya usulan duet Jokowi-Puan.

"Banyak skenario opsi Pak Jokowi dipasang-pasangkan dengan berbagai politisi baik diusulkan internal maupun eksternal PDIP. Kemarin dengan Mbak Puan serta sebelumnya dengan Risma (Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini)," tutur Eva kepada detikcom, Rabu (5/2) lalu.

Kala itu Jokowi belum ditetapkan jadi capres PDIP. Perolehan suara PDIP kala itu juga belum terlihat seperti hasil quick count saat ini. Dengan suara PDIP di kisaran 19%, untuk mengusung capres saja PDIP harus bergandengan dengan mitra koalisi. Mengusung capres-cawapres sendiri tentu sulit direalisasikan.

Puan sendiri memang terus mengkampanyekan pencapresan Jokowi saat kampanye Pileg. Setiap menjadi Jurkam, Puan terus membacakan surat perintah mensukseskan pencapresan Jokowi di hadapan ribuan massa PDIP. Isu juga sudah santer Puan ingin menjadi cawapres Jokowi. Namun isu ini perlahan mereda seiring munculnya sejumlah nama kandidat cawapres Jokowi yang lebih dikenal publik.

Kini saat isu itu kembali mengemuka, Puan pun sudah dikonfirmasi langsung. Puan tak memberikan jawaban tegas, seolah ingin melihat situasi terakhir nanti. Apalagi Puan lah yang nanti kemungkinan besar memimpin tim pemenangan pencapresan Jokowi.

"Masa sih? Tahu enggak Pak Jokowi (soal isu Jokowi-Puan)?" ujar Puan saat ditanya apakan dia menjadi kandidat cawapres Jokowi, di kediaman Megawati, Jl Teuku Umar, No 27A, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/4/2014).

Lalu apakah Puan yang bakal dipilih jadi cawapres Jokowi? Ataukah sang 'Tuan Putri' harus legowo melepas Jokowi ke kursi RI 1 bersama orang lain? Tentu keputusan akhir Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang paling menentukan. ~detik
 
paling om Joko ngusulin bu walkot surabaya.
intergritas ke rakyat+paratai ckp bgs, perhatian ke rakyat miskin juga.

- n1 -
 
Back
Top