Ada sepatu pintar dan canggih buat tunanetra nih

johnnypetot

New member
Eh, emang ada yah? Nah coba perhatikan sepatunya deh den and non

4-Ini-Dia-Sepatu-Pintar-Untuk-Penyandang-Tunanetra.jpg

Sekilas kalau dilihat sih tampak seperti sepatu olahraga pada umumnya, tapi nih sepatu punya beberapa komponen yang khusus diciptakan bagi tunanetra. Inovasi unik dan kreatif ini hasil kreatif sang peneliti dari Laboratorium Hewlett-Packard di Banglore, India bernama Anirudh Sharma.

Sepatu pintar ini dirancang untuk membimbing para penyandang tunanetra ke lokasi yang mereka inginkan dengan indikator getaran yang disematkan pada sepatu tersebut yang berada di bagian depan, belakang, dan kedua sisi sepatu yang diberi nama Le Chal.

Getaran pada sepatu menunjukkan arah yang harus dituju, misalnya jika bagian depan yang bergetar, maka pengguna diharuskan untuk berjalan lurus, getaran di bagian sisi menunjukkan agar pengguna berbelok ke kanan atau kiri. Lama getaran juga bergantung pada jarak pengguna dengan lokasi yang ingin dituju.

Saat pengguna mulai melangkah, getaran yang dirasakan biasanya tidak terlalu terasa, tapi saat sudah ingin mendekat ke lokasi, getarannya semakin terasa bagi pengguna.
Sepatu ini juga dilengkapi dengan sensor jarak yang terletak di bagian depan sepatu, dan berfungsi untuk memberi peringatan bagi pengguna jika ada rintangan selama perjalanan. Sensor canggih pada sepatu ini mempu mendeteksi sampai jarak 3 meter.

Sepatu pintar nan canggih ini ada cara penggunaan nya loh den and non, kayak apa sih?
Untuk menggunakan sepatu Le Chal ini, dibutuhkan smartphone/hp yang sudah dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System). Setelah pengguna menetapkan lokasi tujuan di smartphone/hp, papan sirkuit Arduino Lilypad yang ada di bagian tumit sepatu akan terkoneksi dengan smartphone/hp melalui bluetooth. Kemudian, pengguna akan dibimbing sampai tiba di lokasi yang diinginkan dengan indikator gerakan yanng sudah dijelaskan di atas.

4-Ini-Dia-Sepatu-Pintar-Untuk-Penyandang-Tunanetra-1.jpg

Sepatu pintar ini menggunakan teknologi haptic, dan didesain khusus untuk para tunanetra agar mereka dapat berbaur dengan masyarakat sekitar. Model sepatu nya trendi, dan sekilas mirip sepatu olahraga, jadi tentu saja para tunanetra akan terlihat lebih gaya dibandingkan jika mereka menggunakan tongkat yang terkadang bukan membantu tapi mendeskriditkan para tunanetra.

Sekilas kalau diliat cara penggunaannya sih ribet juga yah musti pake hp yang ada GPS nya. Tapi, menarik sih nih sepatu tapi seharusnya lebih disempurnakan lagi tuh. Apa sepatu pintar ini juga bisa meningkatkan daya ingat dari penyandang tunanetra akan lokasi yang baru dituju?

sumber
 
kasihan ya jd tuna netra... pengen/ada niat bikin adapter syaraf2 penglihat ke microUSB. ntar dicolokin ke CTV yg cuma 500 ribuan. di hub bisa punya mata 4. taruh samping depan blakang. ga pusink lirik2. +anti copet juga!

- n1 -
cxixixi.. korban fantasy. jok ikut aq yaw!
 
kalo perkiraanku mungkin2 saja. tp perjalananya akan macet. akan lebih cepet/kalah cepet lewat metode langsung macem hearing-aid. ini yg banyak andil bidang transplantasi anatomi kedokteran.
(Patah tulang tanam pen. KB tanam iud. mata? tanem mata meong... ntar pasien kalo liat pindang jadi 'ngiler' cxixixixi denger2 dokter singapura pernah ada yg bisa..)
 
Back
Top